Acourete Goes to Campus – Desain Interior UPH Karawaci

Table of Contents

desain interior uph

Kampus UPH Karawaci

Pada Senin, tanggal 23 Oktober 2023 lalu, Acourete diundang oleh Program Studi Desain Interior UPH Karawaci untuk menjadi dosen tamu pada kelas Material dan Konstruksi. Undangan sebagai dosen tamu ini merupakan bagian dari program Acourete, yaitu Acourete Goes to Campus. Program Acourete Goes to Campus merupakan program dari Acourete untuk berbagi ilmu dan mengedukasi teman-teman mahasiswa/i perguruan tinggi di seluruh Indonesia agar semakin melek dan terbuka wawasannya mengenai pentingnya akustik, karena tidak dapat dipungkiri bahwa akustik sangat dekat dengan kita dan ada dalam kehidupan sehari-hari. Ini kali ketiga Acourete berkolaborasi dengan Universitas Pelita Harapan Karawaci perihal Acourete Goes to Campus.

Pemaparan Materi Akustik

Pemaparan perihal ilmu material peredam suara akustika bangunan dan akustika arsitektur disampaikan oleh Bapak Arief Yudistira (Head Sales of Acourete Acoustics) dan Kak Yana Muhamadinah (Acoustics Consultant of Acourete Acoustics). Pada sesi pemaparan ini, dijelaskan beberapa manfaat pengetahuan akustik dalam kehidupan sehari-hari, pentingnya pengendalian suara pada ruangan, dan juga pentingnya mempertimbangkan aspek akustik dalam proses desain interior. Sebagai Desainer Interior, perlu tahu bahwa dalam setiap mendesain ruangan, tidak hanya aspek estetika saja yang diperhatikan, namun juga dari beberapa aspek, seperti akustik, pencahayaan, pengudaraan, dan sebagainya. Seringkali aspek akustik ini memang tidak terlalu dihiraukan. Akibatnya, permasalahan akustik seperti suara berdengung dan bocor ke ruangan lain ternyata baru dirasakan ketika ruangan telah siap pakai. Kasus lain adalah salahnya pemilihan material akustik, setelah dibeli secara masal, ternyata produk mudah rontok, gatal, tidak aman untuk lingkungan dan penghuninya, kualitas performa buruk, dan lain sebagainya. Maka dari itu, perlu sekali bagi calon-calon desainer interior mengetahui beberapa material akustik, agar kedepannya dapat memilih material akustik secara tepat.

pemaparan materi desain interior uph

Pemaparan materi oleh Bapak Arief Yudistira

pemaparan materi desain interior uph

Pemaparan materi oleh Kak Yana Muhamadinah

Suasana Kelas Mahasiswa/i Desain Interior UPH

Para mahasiswa/i cukup antusias dengan apa yang Acourete sampaikan. Agar mereka lebih terbayang mengenai pentingnya aspek akustik pada ruangan, Acourete memberikan atau mencontohkan demo mengenai penggunaan beberapa material akustik sebagai sistem insulasi suara. Diharapkan mahasiswa/i paham betul jenis-jenis material peredam suara. Karena banyak sekali jenis-jenis material peredam suara, berbeda jenis, berbeda pula fungsinya. Jangan sampai salah ya!

Baca juga 5 Tips Memilih Peredam Suara yang Tepat untuk Ruanganmu

kelas desain interior uph

Suasana kelas Material dan Konstruksi oleh Acourete

Mahasiswa/i diperkenankan langsung untuk memegang dan merasakan tekstur dari beberapa jenis peredam suara yang disediakan Acourete.

Demo material akustik peredam suara Acourete

Selain itu, mahasiswa/i bebas untuk menanyakan hal-hal yang masih belum dipahami terkait aspek akustik pada ruangan. Harapannya, dengan belajar bersama praktisi langsung, maka mahasiswa/i semakin terbayang bagaimana proses kinerja desain interior saat di lapangan. Desainer interior tidak dapat bekerja sendiri, nantinya beberapa aspek dari beberapa sektor pekerja akan berkolaborasi untuk membangun ruangan dalam sebuah tim projek. Acourete juga menekankan untuk tidak individual dan selalu open minded dalam bekerja.

Sesi tanya jawab di kelas

Penyerahan Sertifikat dan Foto Bersama Mahasiswa/i Desain Interior UPH

Setelah semua sesi pemaparan dan tanya jawab selesai, sesi diakhiri dengan penyerahan sertifikat dari Program Studi Desain Interior UPH Karawaci kepada Acourete Acoustics.

sertifikat desain interior uph

Penyerahan sertifikat dari Program Studi Desain Interior UPH Karawaci

Kemudian, dilakukan foto bersama oleh semua mahasiswa/i, tim Acourete, serta dosen Program Studi Desain Interior UPH Karawaci.

foto bersama desain interior uph

Sesi foto bersama

Terima kasih kami ucapkan kepada Program Studi Desain Interior UPH Karawaci telah mempercayakan kepada kami, semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat kedepannya. Sukses selalu untuk kita semua. Dan semoga kedepannya bisa tetap terus berkolaborasi untuk saling berbagi.

Kami telah membuat buku yang membahas tentang kebisingan dan cara mengatasi kebisingan suara. Mulai dari kebisingan dari air hujan, lalu lintas, berisik langkah kaki, getaran dari rel kereta api, kebisingan pipa air dan mesin HVAC, serta kebisingan lainnya. Silakan unduh e-book “Teori & Aplikasi Akustika Bangunan” by Acourete secara GRATIS di sini.

Apabila ada permasalahan yang belum tercantum di buku ini, penjelasan yang belum cukup jelas, atau pertanyaan lain, silakan hubungi kami. Kami selalu hadir membantu sesuai landasan kami saat mendirikan perusahaan ini, yaitu selalu memberikan yang terbaik dengan semangat kerja revolusioner.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

Published: 13 November 2023

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini