Beberapa Alasan Expert Audio Perlu Mengetahui Material Akustik yang Mumpuni

Table of Contents

Expert Audio Harus Tahu

Sebagai seorang ahli audio, pemahaman yang mendalam tentang material akustik menjadi suatu hal yang tidak dapat diabaikan. Dalam dunia audio engineering yang terus berkembang, pengetahuan ini menjadi fondasi utama dalam mencapai kualitas audio yang optimal. Artikel ini akan membahas mengapa seorang expert audio perlu mengetahui material akustik yang mumpuni dan bagaimana pengetahuan ini dapat memengaruhi hasil akhir dari suatu proyek audio.

Apa saja ya? Yuk, baca sampai akhir ya, Sobat Akustik!

1. Kontrol Pantulan Suara

Satu dari banyak aspek krusial yang harus dipahami oleh expert audio adalah bagaimana suara dapat dipantulkan oleh berbagai material. Kontrol pantulan suara dapat menjadi perbedaan antara audio yang bersih dan jernih dengan yang terdistorsi dan kabur. Dengan pemahaman mendalam tentang karakteristik material akustik, expert audio dapat memilih material yang tepat untuk mengendalikan pantulan suara sesuai dengan kebutuhan proyek mereka. Dalam hal penyebaran suara, sebaiknya digunakan difuser akustik pada studio. Proporsi penggunaan difuser juga perlu dipertimbangkan, mengaplikasikan terlalu banyak difuser dan salah penempatan, justru akan mengurangi kualitas suara yang dihasilkan.

Contoh material akustik difuser adalah sebagai berikut.

CornerBass biasanya dipasang pada pojok ruangan dan bekerja dengan prinsip Helmholtz resonator. Bass trap ini bekerja efektif mengurangi gangguan room modes yang umum terjadi di sebuah ruangan.

Acourete HS1261 Helmholtz Slat Corner Bass Traps Frequency Rendah - Expert audio harus tahu
Acourete HS1261 Helmholtz Slat Corner Bass Traps Frequency Rendah

Acourete Soundfusser Treatment QRD7.2D adalah Quadratic Residue Diffuser dengan bilangan prima tujuh. Panel ini berkerja baik pada range 500 Hz – 4000 Hz dan menyebarkan suara secara vertikal dan horizontal. Pantulan di sebuah ruangan dapat merusak kualitas, kejernihan percakapan, dan suara musik. Acourete Soundfusser adalah solusi tepat untuk mengatasi masalah pantulan suara tanpa menyerap suara secara berlebihan.

soundfusser 2d treatment qrd7.2d - expert audio harus tahu
Acourete Soundfusser 2D Treatment QRD7.2D

Dan masih banyak lagi jenis-jenis difuser yang umum dijual di pasaran, bentuknya pun juga sangat beragam. Namun, biasanya harga difuser cukup mahal, sehingga perlu kebijaksanaan dalam mempertimbangkan jumlah dan posisi pemasangannya agar lebih efektif.

2. Pengurangan Gema dan Resonansi

Fenomena gema dan resonansi dapat mengurangi kualitas suara yang diinginkan. Pemilihan material akustik yang tepat dan penempatannya dengan bijak dalam ruang audio dapat membantu mengurangi efek negatif ini. Expert audio perlu tahu bagaimana material dapat membantu meminimalkan gema dan resonansi sehingga dapat dicapai rekaman dan produksi audio yang lebih bersih dan bebas dari distorsi.

Dalam upaya mengatasi fenomena akustik yang merugikan tersebut, diperlukan absorber atau material penyerap suara pada ruangan. Tujuannya adalah untuk menyerap sebagian gelombang suara yang ada, sehingga suara dengung bisa tereduksi (berkurang). Karakteristik dari absorber adalah berpori, ringan, berdensitas rendah, empuk atau lunak.

Contoh material penyerap suara secara umum adalah karpet, korden, busa penyerap suara, panel akustik.

Acourete Fiber adalah bahan peredam suara terbaik dengan ketebalan beragam mulai dari 6mm, 8mm, dan 10mm dan densitas 100-150kg/m³. Acourete Fiber terbuat dari anyaman serabut poly-propylene halus. Acourete Fiber memiliki kekuatan serap suara yang sama atau lebih baik dibandingkan bahan peredam lain yang tebalnya 10 kali lebih tebal. Berwarna putih dengan lebar 1,5m dan tebal mulai dari 3mm. Acourete Fiber telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, bebas bahan beracun, dan aman terhadap risiko kebakaran karena tidak menyerap uap air.

Acourete Fiber - Peredam Suara Terbaik Aman Sehat Ramah Lingkungan
Acourete Fiber – Peredam Suara Terbaik Aman Sehat Ramah Lingkungan

Acourete Board 230 adalah bahan peredam suara dinding berpori yang berbentuk softboard. Material ini terbuat dari serat polyester yang dipadatkan dengan densitas 230kg/m3. Material ini memiliki panjang 1,2m ; lebar 0,6m ; dan tebal 9mm.

Acourete Board 230 - Softboard Akustik Peredam Suara Dinding
Acourete Board 230 – Softboard Akustik Peredam Suara Dinding

3. Desain Studio dan Ruang Rekaman

Bagi expert audio yang terlibat dalam desain studio rekaman, pemahaman tentang material akustik menjadi sangat penting. Pemilihan material untuk dinding, langit-langit, lantai, dan panel akustik lainnya akan memengaruhi akustik studio secara keseluruhan. Dengan pengetahuan ini, expert audio dapat merancang studio yang optimal untuk merekam dan memproduksi suara dengan kualitas terbaik. Desain ini terkait tata letak semua material akustik dan juga komponen-komponen audio yang dibutuhkan.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa untuk ruang rekaman, kita menginginkan agar suara rekaman bersih dari gangguan suara lain. Selain peralatan audio yang berkualitas, diperlukan juga ruangan yang terinsulasi dengan baik. Bagaimana caranya? Expert audio juga perlu memahami penggunaan material insulasi suara pada lapisan dinding dan langit-langit ruangan. Dengan memanfaatkan material akustik dengan tepat, ini akan meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan.

Hal yang perlu kami ingatkan adalah, jangan sampai salah dalam memilih material akustik peredam suara. Peredam suara memiliki banyak jenis dengam fungsinya masing-masing. Berikut beberapa contoh material akustik untuk menginsulasi suara agar suara dari luar ruangan tidak masuk ke dalam ruangan, maupun sebaliknya. Karakteristik material insulasi suara adalah memiliki densitas tinggi, berat, tidak berpori, dan permukaannya keras.

Acourete Noise Armour ini merupakan bahan insulasi suara premium viskoelastis massa besar yang dilengkapi dengan perekat. Massa besar terbukti efektif mengurangi kebisingan suara yang berpropagasi pada medium udara sehingga diperoleh performa insulasi suara yang sangat tinggi yaitu STC 24. Sifat viskoelastis efektif mereduksi kebisingan akibat getaran pada struktur dan dinding partisi dengan koefisien peredam getaran mencapai ƞ 0,14. Acourete Noise Armour memiliki densitas sebesar 2000 kg/m³ dengan dimensi panjang 1000mm, lebar 1000mm, dan ketebalan 2mm. Dilengkapi perekat yang kuat membuat pemasangan cepat dan mudah pada dinding partisi serta tahan lama.

Acourete Noise Armour - Peredam Suara Mass Loaded Vinyl
Acourete Noise Armour – Peredam Suara Mass Loaded Vinyl

Acourete Silent Wall adalah bahan insulasi suara dengan massa yang besar, berfungsi untuk mengurangi kebisingan yang berpropagasi melalui udara. Acourete Silent Wall ramah lingkungan, karena terbuat dari Polyvinyl Chloride (PVC) yang telah didaur ulang sehingga membantu dalam reduksi carbon footprint . Selain itu juga terbuat dari campuran beberapa material lain dan resin halus. Acourete Silent Wall hadir dalam dua tipe, SW-12 dan SW-20. Produk ini memiliki densitas 1750 kg/m³ dengan panjang 10000 mm, lebar 940 mm dan tebal 1,2 mm untuk tipe SW-12 serta nilai STC 19. Sedangkan untuk tipe SW-20 memiliki densitas 1800 kg/m³ dengan panjang 5000 mm, lebar 940 mm dan tebal 2 mm dengan nilai STC 23. Mudah dipotong dengan utility knifeuntuk metode pemasangan yang termudah adalah dengan menempelkan Acourete Silent Wall pada gypsum dengan stapler gun lalu dipasang pada rangka.

Acourete Silent Wall - Expert Audio harus tahu
Acourete Silent Wall – Material Insulasi Suara Densitas Tinggi

4. Penyesuaian dengan Jenis Audio yang Diproduksi

Setiap jenis audio memerlukan penanganan akustik yang berbeda. Expert audio yang memahami material akustik dapat menyesuaikan lingkungan dengan kebutuhan produksi audio tertentu. Sebagai contoh, studio musik akan memerlukan perawatan akustik yang berbeda dari studio pembuatan film. Pengetahuan ini memungkinkan expert audio untuk memberikan hasil yang sesuai dengan genre atau keperluan produksi audio.

5. Pemilihan dan Pengaturan Peralatan Audio

Pemahaman tentang material akustik juga memainkan peran penting dalam pemilihan dan pengaturan peralatan audio. Expert audio perlu mengetahui bagaimana peralatan mereka berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dan bagaimana material akustik dapat membantu meminimalkan gangguan atau interferensi suara yang tidak diinginkan. Hal ini dapat meningkatkan kualitas rekaman dan performa peralatan audio.

6. Pemahaman Terhadap Akustik Ruang Hidup (Live Room)

Expert audio yang memahami material akustik dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman dan perbaikan akustik ruang hidup. Ini berlaku terutama dalam perancangan ruang konser atau auditorium. Dengan pemahaman mendalam tentang bagaimana suara berinteraksi dengan material dinding, langit-langit, dan lantai dalam skala yang lebih besar, mereka dapat memastikan bahwa setiap orang di ruang tersebut mendapatkan pengalaman audio yang optimal.

Kesimpulan

Dalam dunia audio engineering yang dinamis, pengetahuan tentang material akustik adalah aset berharga bagi seorang expert audio. Kontrol pantulan suara, pengurangan gema dan dengung, desain studio yang efisien, penyesuaian dengan jenis audio yang diproduksi, pengaturan peralatan yang bijak, dan pemahaman terhadap akustik ruang hidup adalah beberapa dari banyak aspek yang dipengaruhi oleh pengetahuan material akustik. Sebuah proyek audio yang sukses tidak hanya tergantung pada peralatan yang canggih, tetapi juga pada pemahaman mendalam tentang bagaimana suara berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, menjadi melek terhadap material akustik adalah langkah penting menuju kualitas audio yang superior.

Acourete akan membuat buku mengenai pentingnya akustik dalam studio profesional, stay tuned, ya!

Kami telah membuat buku yang membahas tentang kebisingan dan cara mengatasi kebisingan suara. Mulai dari kebisingan dari air hujan, lalu lintas, berisik langkah kaki, getaran dari rel kereta api, kebisingan pipa air dan mesin HVAC, serta kebisingan lainnya. Silakan unduh e-book “Teori & Aplikasi Akustika Bangunan” by Acourete secara GRATIS di sini.

Apabila ada permasalahan yang belum tercantum di buku ini, penjelasan yang belum cukup jelas, atau pertanyaan lain, silakan hubungi kami. Kami selalu hadir membantu sesuai landasan kami saat mendirikan perusahaan ini, yaitu selalu memberikan yang terbaik dengan semangat kerja revolusioner.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

Published: 16 Januari 2024

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini