Dinding Akustik Ruangan: Solusi Efektif untuk Mengurangi Kebisingan

Table of Contents

Ketika berada di dalam ruangan yang bising, misalnya kantor dengan banyak percakapan, ruang pertemuan dengan pemakaian audio yang intens, atau bahkan di rumah dengan suara anak-anak bermain, kebisingan dapat mengganggu konsentrasi dan kenyamanan kita, loh!

Untuk mengatasi masalah tersebut, dinding akustik ruang menjadi solusi efektif yang semakin populer saat ini. Kali ini, Acourete akan menjelaskan pentingnya dinding akustik ruangan, cara kerjanya, dan manfaat yang dapat diberikan.

Pentingnya Dinding Akustik

Dinding akustik adalah solusi akustik yang dirancang khusus untuk meredam suara dan meningkatkan kualitas akustik di dalam ruangan. Sistem dinding ini tersusun dari material yang memiliki kemampuan untuk menyerap, menghamburkan, dan memantulkan suara dengan cara yang efisien. Tujuan utama dinding akustik ruang adalah untuk mengurangi kebisingan dan mengendalikan gema yang terbentuk akibat pantulan suara. Gambar di bawah ini merupakan ilustrasi sifat-sifat dari gelombang bunyi atau suara pada dinding.

ilustrasi perambatan suara dinding akustik

Ilustrasi proses penyerapan, pemantulan, dan transmisi suara

Sumber gambar: https://www.duracote.com/blog/decoupled-sound/

Cara Kerja Dinding Akustik

Salah satu prinsip dasar dinding akustik adalah penyerapan suara dengan menggunakan bahan berpori, seperti busa akustik, wol mineral, atau serat kaca yang dirancang untuk menyerap energi suara. Ketika suara menghantam permukaan dinding akustik, sebagian besar energinya akan diserap oleh bahan tersebut, mengurangi kebisingan yang terdengar di ruangan. Dengan demikian, dinding akustik membantu mengurangi kebisingan dan menghindari terbentuknya gema yang mengganggu. 

Di bawah ini adalah salah satu contoh pemasangan material insulasi suara Acourete Silent Wall (berwarna hitam) dan material busa penyerap suara (berwarna coklat) untuk sistem dinding akustik pada ruang pertemuan.

Contoh Acourete Silent Wall terpasang sebagai dinding partisi akustik

Selain penyerapan suara, dinding akustik juga memainkan peran penting dalam mengendalikan pemantulan suara. Ketika suara memantul dari permukaan keras, seperti dinding beton atau kaca, ia dapat menciptakan gema dan meningkatkan kebisingan di ruangan. Dengan memasang dinding akustik, permukaan keras tersebut akan tertutupi oleh bahan yang memiliki koefisien refleksi suara yang rendah. Akibatnya, suara akan terserap dan tidak terpantul kembali ke ruangan dengan intensitas yang sama, menghasilkan lingkungan yang lebih tenang. 

Setelah dipasang material insulasi suara dan proses finishing dinding, biasanya untuk mengurangi gema pada ruangan, dinding diberikan material penyerap suara berupa panel akustik seperti di bawah ini.

Panel akustik Acourete Board sebagai material penyerap gema pada dinding

Manfaat Dinding Akustik

Manfaat utama dari dinding akustik sangatlah beragam. Pertama, dapat meningkatkan kualitas akustik ruangan dengan mengurangi kebisingan dan menghilangkan gema. Hal ini membantu menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan produktif untuk bekerja, belajar, atau beristirahat. Kedua, dengan mengurangi kebisingan yang mengganggu, dinding akustik dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus, serta mengurangi tingkat stres yang disebabkan oleh lingkungan yang berisik. Ketiga, dinding akustik juga memiliki nilai estetika yang tinggi karena dapat menyesuaikan desain ruangan yang ada. Bahan-bahan yang digunakan dapat diwarnai dan diukir sesuai gaya dan tema ruangan yang diinginkan, sehingga dinding akustik tidak hanya berfungsi secara fungsional tetapi juga estetis.

Pemasangan dinding akustik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu metode umum adalah dengan menggunakan panel akustik yang dipasang secara langsung di dinding. Panel-panel ini tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan desain, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Selain itu, dinding akustik juga dapat diintegrasi dengan elemen desain lainnya, seperti wallpaper akustik yang menawarkan kombinasi fungsi dan estetika.

Contoh material panel akustik dan difuser yang terpasang pada dinding mini home theater

Penting untuk dicatat bahwa dinding akustik tidak hanya berlaku untuk ruangan dalam bangunan komersial atau kantor besar, tetapi juga sangat berguna dalam lingkungan rumah tangga, seperti ruang keluarga, kamar tidur, atau ruang hiburan di rumah. Membuat ruangan yang tenang dan nyaman adalah tujuan utama dinding akustik ruangan, sehingga kita dapat menikmati kegiatan sehari-hari tanpa terganggu oleh kebisingan eksternal atau gema yang mengganggu.

Dalam beberapa kasus, dinding akustik ruangan juga dapat digunakan untuk menciptakan ruang khusus yang lebih terisolasi secara akustik, seperti ruang rekaman, studio musik, atau ruang konferensi. Dalam situasi ini, dinding akustik dapat digunakan tidak hanya untuk menyerap suara tetapi juga untuk memblokir suara yang masuk atau keluar dari ruangan tersebut, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih terkontrol dan berkualitas tinggi secara akustik.

Dalam rangka memaksimalkan efektivitas dinding akustik, penting untuk mempertimbangkan aspek desain ruangan secara keseluruhan dan konsultasikan dengan profesional yang berpengalaman dalam bidang akustik. Setiap ruangan memiliki karakteristik akustik yang unik, dan solusi yang tepat harus disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi ruangan tersebut.

Rekomendasi Dinding Akustik Acourete

dinding akustik

Acourete telah melakukan riset dan memberikan rekomendasi sistem dinding akustik yang dapat diaplikasikan pada beberapa jenis ruangan. Penjelasan lebih lengkap dan detail mengenai sistem tersebut dapat Sobat Akustik simak di sini ya! 

Dengan menggunakan dinding akustik ruangan, kita dapat menciptakan lingkungan yang tenang, nyaman, dan berkualitas secara akustik. Sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas, konsentrasi, dan kualitas hidup secara keseluruhan. Jadi, jika Anda sedang mencari solusi untuk mengatasi kebisingan di ruangan Anda, pertimbangkanlah untuk menginstal dinding akustik ruangan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya desain Anda. Acourete sudah berpangalaman hampir 20 tahun membantu klien untuk membangun sistem dinding akustik pada ruangan mereka. Apabila masih ragu sistem mana yang sesuai dengan permasalahan Anda, kami dengan senang hati akan membantu.

Ingin tahu teori dan aplikasi akustika bangunan, termasuk cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini. .

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini