Memahami Bahaya Polusi Suara dan Cara untuk Melindungi Diri dan Lingkungan

Table of Contents

acourete noise pollution

img src: WorldBeat Cultural Center

Polusi suara adalah salah satu masalah yang semakin meningkat di dunia kita setiap tahunnya. Dampak dari polusi suara cukup luas di berbagai aspek seperti pada kesehatan manusia, kesejahteraan, dan lingkungan yang tidak bisa dikesampingkan. Suara yang cukup kencang dari lalu lintas (transportasi), lokasi konstruksi, dan sumber lain dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan jika tidak ditangani dengan baik. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi akibat dari tidak mengenali efek samping suara dan pentingnya melakukan langkah-langkah untuk menguranginya.

Eksposur kronis terhadap polusi suara terkait dengan berbagai efek negatif kesehatan, termasuk kehilangan pendengaran, stres, gangguan tidur, menurunnya produktivitas, dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Sebagai contoh, polusi suara dapat mengganggu pola tidur, menyebabkan perasaan lelah, dan menurunnya kesadaran. Kebisingan berlebih juga memengaruhi kemampuan seseorang untuk bekerja, belajar, atau bahkan mengemudi dengan aman. Selain itu, eksposur jangka panjang terhadap polusi suara telah ditunjukkan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

acourete heart attack stroke

img src: DAN World

Eksposur suara yang terus-menerus dirasakan oleh manusia, dapat menyebabkan kekesalan, kemarahan, dan bahkan kegelisahan, hal ini tentu akan menyebabkan masalah sosial dan psikologis. Misalnya, orang yang tinggal di lingkungan yang bising mungkin mengalami peningkatan agresi, menurunnya kesejahteraan, dan menurunnya kemampuan untuk berfokus dan produktif. Polusi suara juga dapat mengganggu pola migrasi, komunikasi, dan bahkan menyebabkan kerusakan fisik pada pendengarannya. 

Baca juga 4 Fakta Tentang Kebisingan yang Harus Kita Tahu.

Selain memengaruhi kesehatan manusia, polusi suara juga memiliki dampak signifikan pada satwa liar dan juga biota air (jika kebisingan berada di lingkup air laut), yaitu memiliki akibat serius bagi ekosistem secara keseluruhan, serta spesies yang bergantung padanya. 

noise pollution marines acourete (polusi suara di air laut)

img src: Leiden University

Kabar baiknya adalah bahwa ada langkah-langkah yang dapat kita ambil untuk mengurangi dampak polusi suara. Menerapkan teknologi pengurang suara, seperti barrier suara dan isolasi (insulasi suara/ peredam kebisingan), dapat membantu untuk meminimalisir efek suara. Menata ulang lingkungan urban untuk meminimalisir sumber kebisingan suara. Masyarakat juga dapat berkontribusi dengan mengurangi kebiasaan membunyikan klakson secara berlebihan atau mengurangi memutar musik dengan volume tinggi.

Sebagai individu, kita juga dapat melakukan langkah-langkah untuk melindungi diri kita dari polusi suara. Misalnya, memilih untuk tinggal di lingkungan yang lebih tenang, menutup jendela dan pintu saat membutuhkan ketenangan, dan menggunakan earplugs atau noise-cancelling headphones ketika bepergian.human using headphones untuk menghalangi polusi suara

img src: iStock pictures

Secara keseluruhan, sangat penting untuk mengenali dan memperhatikan efek samping polusi suara. Langkah-langkah yang diambil untuk menguranginya tidak hanya akan membantu melindungi kesehatan kita dan lingkungan, tetapi juga membantu untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Jadi, marilah kita mulai mengambil tindakan sekarang untuk membuat dunia kita menjadi tempat yang lebih tenang dan sejahtera.

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini