Mengatasi Getaran Struktur Bangunan dan Getaran Akibat Mesin

Table of Contents

Apa itu Structure Borne Noise?

Structure borne noise adalah kebocoran suara yang terdengar melalui struktur bangunan. Struktur Bangunan yang merambatkan getaran suara adalah dek lantai dan plafon, dinding, kolom dan balok bangunan. Kebocoran suara ini umumnya terjadi di frekuensi rendah.

getaran-struktur-gedung

Mari kita lihat pada gambar di atas, getaran maupun kebisingan diilustrasikan oleh sumber suara kereta api dan penerima suara di gedung dekat lintasan kereta api. Getaran dari sumber suara (kereta api) bisa merambat melalui media air-borne maupun structure-borne. Pada area di dalam bangunan bagian atas  suara kereta api terdengar jelas karena suara merambat melalui udara (air-borne). Sedangkan pada area belakang bangunan masih terdengar suara kereta api dan suaranya serasa berasal dari bagian bawah padahal ruangan cukup jauh dengan sumber dan cukup tertutup oleh dinding yang berlapis-lapis. Kenapa ini terjadi? Hal ini terjadi akibat getaran yang merambat pada struktur bangunan tersebut.

Tujuan Isolasi Getaran Struktur Gedung

  1. Perlindungan Kesehatan Penghuni: Dampak getaran/vibrasi kereta api terhadap masyarakat yang bermukim di sekitar rel kereta api terutama terjadi pada bagian organ-organ tertentu seperti: dada, kepala, rahang dan persendian lainnya. Di samping rasa ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh goyangan organ seperti ini, menurut beberapa penelitian, telah dilaporkan efek jangka lama yang menimbulkan orteoartritis tulang belakang. Getaran dapat juga menimbulkan efek vaskuler dan efek neurologik, meskipun belum ada penelitian atau pengujian yang cukup definitive getaran diduga dapat menyebabkan perubahan atau peningkatan tekanan darah yang pada tingkat tertentu dapat mengakibatkan hipertensi (Harrington dan Gill, 2005). Sehingga perlunya meredam getaran bukan?
  2. Perlindungan Struktur Bangunan: Struktur bangunan yang terpapar getaran terus menurus, akan membuat umur bangunan tidak akan panjang.
  3. Perlindungan Peralatan: Peralatan-peralatan elektronik seperti tv, mesin cuci, ac, dll ketika terpapar oleh getaran dari luar secara terus menerus akan mengurangi live time peralatan tersebut.

Cara Isolasi Getaran

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa getaran yang terus menerus terjadi akan berbahaya bagi penghuni, bangunan, dan equipment yang ada dalam bangunan, oleh karena itu perlu dilakukan strategi peredaman suara.

Terdapat 3 Strategi Peredaman Getaran pada Bangunan

    1. Meredam getaran pada sumber getaran (pada rel kereta api)
    2. Meredam getaran pada area rambatan
    3. Meredam getaran area terganggu

getaran-struktur-gedung-2

Isolasi Getaran Permukaan Penuh (Full Surface Vibration Isolation)

getaran-struktur-gedung-3

Memberi peredam getaran pada seluruh permukaan. Peredaman pada seluruh permukaan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, dan risiko akustik dari pemasangan full surface ini sangat rendah. Beban bangunan tersebar menjadi di area subfloor merata. Hasilnya, defleksi yang cukup merata pada seluruh pelat dasar dapat dicapai.

getaran-struktur-gedung-4

 

getaran-struktur-gedung-5

 

getaran-struktur-gedung-6

 

Isolasi Getaran Vertikal (Vertical Vibration Isolation)

getaran-struktur-gedung-7

Strip Vibration Isolation

getaran-struktur-gedung-8

Peredam getaran dengan strip vibration isolation ini, biasa digunakan untuk bangunan dengan pondasi strip. Lebar pondasi harus sedemikian rupa sehingga vibration damping digunakan secara optimal oleh area penahan beban untuk memastikan bahwa efek peredaman terbaik dapat dicapai. Strip decoupling bisa juga pada dinding yang menjulang di bawah langit-langit ruang bawah tanah. Dengan metode ini, juga dimungkinkan untuk dilakukan tanpa isolasi vertikal dari komponen struktural luar ke tanah.

getaran-struktur-gedung-9

 

getaran-struktur-gedung-10

 

getaran-struktur-gedung-11

 

Isolasi Getaran Titik (Point Vibration Isolation)

getaran-struktur-gedung-12

Beban tertinggi pada titik pondasi berada pada tiang dan penyangga, peredam getaran dengan kapasitas bantalan beban tinggi biasanya digunakan untuk pelepasan goncangan getaran. Pada variasi ini peredam getaran harus sudah dimasukkan dalam rencana pada tahap awal untuk memastikan bahwa pemberian peredam getaran dapat meningkatkan keamanan seluruh struktur.

Struktur pile cap dapat dioptimalkan dengan menjaga tekanan pada elastomer tetap konstan dengan memvariasikan pengukuran. Hasilnya adalah perilaku deformasi dan isolasi yang merata dari seluruh konstruksi pondasi dan elastomer. Struktur pondasi harus kaku juga untuk mengaktifkan bagian-bagian yang berdampingan dari keseluruhan struktur sebagai massa dinamis dan untuk mengurangi getaran struktur.

getaran-struktur-gedung-13

 

Clichy (France) Music School

getaran-struktur-gedung-14

Penjelasan detail mengenai cara mengatasi getaran struktur bangunan dan getaran akibat mesin beserta perhitungannya dapat dilihat di sini.

Jika Anda ingin membangun studio musik bisa langsung isi form di bawah ya. Kami akan siap membantu berdiskusi dengan solusi-solusi terbaik. Salam Akustik!

18 Juli 2020

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini