Mengurangi Kebisingan Getaran Mesin di Industri

Table of Contents

img src: Envato

Kebisingan getaran mesin di berbagai macam industri disebabkan oleh hal yang sama, yaitu perambatan suara melalui struktur bangunan atau sering kita kenal dengan istilah structure-borne noise. Mari kita ingat kembali apa itu structure-borne noise!

Structure-borne noise adalah suara yang merambat melalui udara, namun energi mekanik gelombang suara tersebut cukup kuat untuk dapat menggetarkan struktur bangunan, jadi suara menembus partikel material penghalangnya melalui udara bersama dengan getaran suara yang diradiasikan melalui struktur bangunan. Ciri sumber suara yang menyebabkan structure-borne noise adalah tingkat tekanan sumber suara di atas 90 dB dan mengandung frekuensi rendah di bawah 100 Hertz. Contoh dari kasus perambatan suara melalui structure-borne adalah sebagai berikut: Suara berfrekuensi rendah yang merambat melalui udara lalu menggetarkan struktur bangunan: suara subwoofer audio system, suara kick drum, suara mesin dengan tekanan suara pada frekuensi rendah yang kuat.

Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah cara mengurangi kebisingan getaran mesin industri dengan tekanan suara pada frekuensi rendah yang kuat. Kebisingan pada mesin, dapat diatasi dengan cara memberikan alas pada mesin sebagai sumber getaran dan menyelubungi ruangan atau bangunan dengan material insulasi suara.

Pertama, dengan memberikan alas pada mesin yang menjadi sumber getaran, tentu saja kebisingan akibat getaran mesin dapat berkurang. Eitss, tapi jangan sampai salah memilih jenis materialnya ya! Bukannya getarannya berkurang, eh malah menimbulkan masalah lain. Bahan peredam getaran dengan peredam suara saja berbeda loh!

img src: Envato

Bahan peredam getaran memiliki ciri-ciri bersifat viskoelastis dan tahan terhadap mesin berat. Contohnya, adalah Regufoam 150 dan Regupol 300. Seringkali untuk alas mesin berat, kami rekomendasikan Regupol 300. Sedangkan, untuk memutus getaran di bagian sudut antara lantai dan dinding bisa kita gunakan Regufoam 150

Cara pemasangan Regupol 300 pada alas mesin memang tidak dibilang mudah, tapi juga tidak sulit. Dapat kita lihat di bawah ini langkah-langkah pemasangannya.

  1. Membuat tatakan mesin (kurang lebih luasnya seukuran mesin).
  2. Meletakkan Regupol Vibration 300 di atas tatakan tersebut.
  3. Mengecor dengan semen.
  4. Meletakkan mesin di atasnya.

img src: Dok. pribadi

Selanjutnya, jika alas mesin sudah di-treatment menggunakan peredam getaran hal kedua yang perlu dilakukan adalah memberikan pemutus kontak getaran pada sudut antara lantai dan dinding ruangan. Material pemutus kontak getaran yang dapat digunakan adalah Regufoam 150.

Jika benar-benar suara kebisingan akibat mesin industri tidak terdengar dari ruangan lainnya, langkah ketiga adalah memberikan selubung ruangan dengan material insulasi suara. Material insulasi suara yang bisa digunakan adalah kombinasi Acourete Noise Armour dengan Acourete Fiber, atau Acourete Silent Wall dengan Acourete Fiber.

Begitulah kira-kira cara mengurangi kebisingan akibat getaran mesin industri. Semoga bermanfaat!

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

 

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini