Meningkatkan Privasi di Dalam Ruangan – Agar Suara Tidak Bocor

Table of Contents

meeting room DBS

Meningkatkan privasi di dalam ruangan erat kaitannya dengan kebutuhan yang ada pada ruang meeting. Ketika kita sedang melakukan diskusi atau rapat di ruang meeting, tentunya kita menginginkan suara yang jelas dan terhindar dari kebisingan, bukan? Selain itu, hal yang kita inginkan dan harapkan dari ruang meeting adalah dapat menyimpan rahasia percakapan yang sedang berlangsung.

Bukan hanya ruang meeting saja, banyak ruangan-ruangan yang saat ini semakin membutuhkan tingkat privasi yang tinggi. Ruangan-ruangan tersebut misalnya ruang interogasi, kamar di apartemen dan hotel, ruang konferensi, bahkan ruang karaoke pun juga memerlukan privasi agar aib suaranya tidak bocor dan terdengar ke ruangan sebelah.

Perlu diingat kembali ya teman-teman, bahwa jika ingin meningkatkan privasi pada ruangan, material yang digunakan adalah material insulasi suara. Apa Sajakah Alat Peredam Suara? Apa Contoh Peredam Suara? Tentunya hal tersebut sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya ya.

Kemampuan setiap material dalam menyerap suara berbeda-beda bergantung densitas atau kerapatannya. Pada video yang pernah kami demokan, menunjukkan perbandingan daya serap suara antara material Acourete dengan material yang sering digunakan di pasaran. Kami juga menunjukkan pengurangan dB dari setiap material. Video tersebut dapat kamu lihat di sini.

Berikut ini beberapa contoh material dari Acourete yang dapat diaplikasikan pada dinding dan langit-langit ruangan, untuk meningkatkan privasi pada ruangan sehingga suara tidak bocor dari dan ke dalam ruangan.

Material insulasi pertama yang dapat digunakan untuk meningkatkan privasi di dalam ruangan adalah Acourete Noise Armour. Acourete Noise Armour adalah bahan insulasi suara premium viskoelastis massa besar. Massa besar terbukti efektif mengurangi kebisingan suara yang berpropagasi pada medium udara sehingga diperoleh performa insulasi suara yang sangat tinggi yaitu STC 24. Sifat viskoelastis efektif mereduksi kebisingan akibat getaran pada struktur dan dinding partisi dengan koefisien peredam getaran mencapai ƞ 0.14.Acourete Noise Armour memiliki densitas sebesar 2.000 kg/m3 dengan dimensi panjang 1.000 mm, lebar 1.000 mm, dan ketebalan 2 mm. Dilengkapi perekat yang kuat membuat pemasangan cepat dan mudah pada dinding partisi serta tahan lama.

Acourete Noise Armour material peredam suara

Acourete Noise Armour

Kedua, adalah Acourete Fiber. Acourete Fiber adalah bahan peredam suara dengan densitas beragam mulai dari 300, 600, 800 dan 1000. Acourete Fiber terbuat dari anyaman serabut poly-propylene halus. Acourete Fiber memiliki kekuatan serap suara yang sama atau lebih baik dibandingkan bahan peredam lain yang tebalnya 10 kali lebih tebal. Berwarna putih dengan lebar 1,5m dan tebal mulai dari 3mm.

Acourete Fiber material peredam suara

Acourete Fiber

Ketiga, adalah Acourete Silent Wall. Acourete Silent Wall adalah bahan insulasi suara bernilai STC 19 dengan massa yang besar, berfungsi untuk mengurangi kebisingan yang berpropagasi melalui udara. Acourete Silent Wall terbuat dari polyvinyl chloride (PVC) daur ulang beserta beberapa material lain dan resin halus.

Produk ini memiliki densitas 1.750 kg/m3 dengan panjang 4.880 mm, lebar 810 mm dan tebal 2 mm, serta memiliki massa 15 kg, mudah dipotong dengan utility knife dan dipasang dengan stapler gun. Metode pemasangan yang termudah adalah dengan menempelkan Acourete Silent Wall pada gypsum dengan stapler gun lalu dipasang pada rangka.

Acourete Silent Wall peredam suara

Acourete Silent Wall

Material-material di atas dapat dikombinasikan penggunaannya pada dinding atau langit-langit, sehingga sistem insulasi suara menjadi semakin baik. Pada gambar konfigurasi sistem insulasi suara di bawah ini, kami menggunakan kombinasi Acourete Noise Armour dengan Acourete Fiber. Kombinasi ini sering kami gunakan untuk meningkatkan privasi dan membuat ruangan terinsulasi dengan baik. Penggunaan Acourete Noise Armour dapat digantikan dengan Acourete Silent Wall.

konfigurasi pemasangan sistem insulasi suara pada ceiling

Konfigurasi pemasangan sistem insulasi suara pada laingit-langit

konfigurasi pemasangan sistem insulasi suara pada dinding

Konfigurasi pemasangan sistem insulasi suara pada dinding

Contoh-contoh ruangan yang menggunakan sistem insulasi suara ini adalah sebagai berikut.

dinding berinsulasi suara

Hometheater

Listening room

dome simulator

Dome simulator

Begitulah kira-kira cara menginsulasi ruangan agar suara tidak bocor ke luar ruangan maupun ke dalam. Semoga bermanfaat!

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini