apartemen skygarden setiabudi

Apartemen Sky Garden Setiabudi, Jakarta Selatan

Apartemen Sky Garden berlokasi di Jalan Setia Budi, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Penduduk Indonesia yang semakin melimpah setiap tahunnya membuat bisnis apartemen di Jakarta juga semakin meningkat. Tidak sedikit warga Jakarta yang lebih memilih tinggal di apartemen dari pada di kontrakan atau kost. Semakin meningkatnya penghuni apartemen ini, semakin diperlukan juga peningkatan kualitas fasilitas yang ada di apartemen. Hal yang sering dikomplainkan penghuni apartemen adalah masalah kebisingan yang datang dari unit sebelahnya atau dari mesin-mesin pendukung di apartemen, seperti mesin lift, mesin pendingin ruangan, dan semacamnya. Oleh karena itu, owner dari apartemen juga harus mempertimbangkan pemasangan peredam suara untuk mengatasi masalah-masalah demikian.

Permasalahan

Akhir-akhir ini terdengar beberapa komplain dari penghuni apartemen yang ramai di media sosial, tak terkecuali salah satu penghuni dari apartemen SkyGarden Setiabudi. Salah satu penghuni ini komplain mengenai kebisingan yang berasal dari suara ruang fan yang posisinya tepat di bawah unit-nya. Beliau komplain karena telinganya yang cukup sensitif mendengar suara dengungan dari ruang fan dan cukup mengganggu aktivitas sehari-harinya. Sebelumnya, unit tersebut sudah di-treatment dengan cukup baik, seperti penggantian jendela menjadi kaca double glass, penggunaan peredam suara tipe peredam getaran Acourete Regupol Vibration 4515 pada lantai, pemasangan peredam suara tipe insulasi suara Acourete Noise Armour pada bagian bawah jendela yang mengarah pada ruang fan. namun, dengan treatment tersebut, penghuni unit masih merasakan kebisingan. Memang peredam suara apartemen sangat diperlukan agar tidak terjadi banyak komplain soal kebisingan.

Solusi

Dengan kondisi permasalahan seperti yang telah disebutkan di atas, kemudian Acourete mencoba menyarankan untuk men-treatment area ruang fan dengan peredam suara tipe insulasi suara Acourete Silent Wall pada bagian dinding dan langit-langit. Acourete Silent Wall merupakan bahan insulasi suara bernilai STC 19 dengan densitas yang besar (1.750 kg/m3), berfungsi untuk mengurangi kebisingan yang berpropagasi melalui udara. Terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC) daur ulang beserta beberapa material lain dan resin halus.

Menurut simulasi dan perhitungan yang Acourete lakukan, pengurangan kebisingan sudah cukup signifikan, meskipun masih ada galat sekian persen dikarenakan banyak faktor. Testimoni dari pihak management SkyGarden Setiabudi suara kebisingan sudah sangat berkurang dan terinsulasi dengan baik. 

Berikut dokumentasi pemasangan Acourete Silent Wall pada ruang fan.

peredam suara apartemen

Dinding ruang fan sebelum dipasang Acourete Silent Wall (Dok. pribadi)

peredam suara apartemen

peredam suara apartemen

Dinding ruang fan setelah dipasang Acourete Silent Wall (Dok. pribadi)

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Unduh Company Profile kami secara gratis disini