Peredam Kebisingan Pipa Air – Soundlag & Acourete Fiber

Table of Contents

Kebisingan dapat menjadi salah satu masalah yang sering diabaikan dalam lingkungan rumah tangga. Salah satu penyebab kebisingan yang sering terlupakan adalah pipa air. Pipa air dengan air yang mengalir bertekanan tinggi seringkali menghasilkan suara bising yang mengganggu kenyamanan di rumah. Suara gemuruh pipa air yang terdengar saat air mengalir melalui pipa bisa sangat mengganggu, terutama jika terjadi pada malam hari ketika semua orang ingin tidur. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dipertimbangkan penggunaan material peredam kebisingan pipa air yang efektif, seperti Soundlag dan Acourete Fiber.

Mengapa Pipa Air Menyebabkan Kebisingan?

Sebelum kita membahas bagaimana peredam kebisingan pipa air Soundlag atau Acourete Fiber dapat digunakan untuk meredam kebisingan pada pipa air, penting untuk memahami mengapa pipa air bisa menghasilkan suara bising. Kebisingan pada pipa air, terutama disebabkan oleh getaran yang dihasilkan oleh aliran air yang cepat melalui pipa. Ketika air mengalir dengan tekanan tinggi, ini dapat menyebabkan pipa bergetar dan menghasilkan suara yang tidak diinginkan. Selain itu, suara juga dapat dipantulkan oleh dinding pipa yang keras, yang akan memperkuat efek kebisingan. Fenomena tersebut kerap disebut flanking noise.

Solusi Meredam Kebisingan pada Pipa Air

Salah satu solusi yang efektif untuk meredam kebisingan pada pipa air adalah dengan menggunakan material peredam kebisingan pipa air seperti Soundlag dan Acourete Fiber. Material ini dirancang khusus untuk mengurangi getaran dan meredam suara yang dihasilkan oleh aliran air dalam pipa. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaplikasikan material peredam kebisingan ini:

1. Identifikasi Area Pipa yang Menyebabkan Kebisingan

Langkah pertama adalah mengidentifikasi area pipa yang menyebabkan kebisingan. Anda perlu menentukan di mana getaran dan suara terbesar terjadi. Biasanya, area ini akan menjadi titik awal untuk menerapkan peredam kebisingan.

2. Persiapkan Pipa

Sebelum Anda dapat mengaplikasikan material peredam kebisingan, pipa harus bersih dan kering. Pastikan tidak ada debu atau kotoran pada pipa yang dapat mengganggu perekatan material peredam kebisingan.

3. Aplikasikan Soundlag atau Acourete Fiber

Pilihan material peredam kebisingan yang efektif adalah Soundlag atau Acourete Fiber. Anda dapat memotong material ini sesuai dengan ukuran pipa yang akan Anda berikan peredam. Pastikan untuk melilit atau menempelkan material tersebut dengan erat pada pipa di area yang telah Anda identifikasi sebagai penyebab kebisingan.

4. Amankan Material dengan Perekat yang Kuat

Agar material peredam kebisingan tetap berada pada posisinya, gunakan perekat yang kuat seperti lem khusus atau tali pengikat yang tahan air. Pastikan material tersebut benar-benar menempel erat pada pipa dan tidak mudah terlepas. Kami biasanya menggunakan pereka aluminium foil untuk merekatkan material peredam kebisingan dengan pipa air.

5. Uji Hasilnya

Setelah Anda telah mengaplikasikan Soundlag atau Acourete Fiber pada pipa, uji hasilnya dengan membuka keran air pada tekanan tinggi. Perhatikan apakah kebisingan telah berkurang secara signifikan. Jika tidak, Anda mungkin perlu menambahkan lebih banyak material peredam kebisingan atau memeriksa kembali apakah pemasangan telah dilakukan dengan benar.

Penjelasan Tentang Peredam Kebisingan Pipa Air – Soundlag dan Acourete Fiber

Soundlag adalah produk insulasi suara sekaligus panas dengan performa tinggi yang lentur dan bermassa jenis tinggi. Soundlag dikembangkan untuk mengurangi kebisingan sistem pemipaan (piping), katup (valve), kipas (fan), dan saluran ventilasi (ducting). Soundlag hadir dengan lapisan decoupling dengan fungsi meredam rambatan getaran yang bertujuan mengurangi gangguan suara.

Acourete Fiber adalah bahan peredam suara dengan ketebalan beragam mulai dari 3mm, 6mm, 8mm, dan 10mm dan densitas 100-150kg/m3. Acourete Fiber terbuat dari anyaman serabut poly-propylene halus. Acourete Fiber memiliki kekuatan serap suara yang sama atau lebih baik dibandingkan bahan peredam lain yang tebalnya 10 kali lebih tebal. Berwarna putih dengan lebar 1,5m dan tebal mulai dari 3mm.

Acourete Fiber telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, bebas bahan beracun, dan aman terhadap risiko kebakaran karena tidak menyerap uap air.

Acourete Fiber material peredam suara

Keuntungan Menggunakan Peredam Kebisingan Pipa Air – Soundlag dan Acourete Fiber

Menggunakan Soundlag atau Acourete Fiber sebagai material peredam kebisingan pada pipa air memiliki beberapa keuntungan:

1. Efektivitas

Kedua material ini telah dirancang khusus untuk meredam suara dan getaran. Mereka efektif dalam mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh pipa air.

2. Tahan Air

Soundlag dan Acourete Fiber tahan air, sehingga tidak akan rusak atau kehilangan efektivitasnya ketika terpapar air.

3. Pemasangan Mudah

Pemasangan Soundlag atau Acourete Fiber relatif mudah.

4. Lingkungan

Kedua material ini umumnya ramah lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan yang dapat didaur ulang.

Kesimpulan

Kebisingan dari pipa air yang bising dapat mengganggu kenyamanan di rumah. Menggunakan material peredam kebisingan seperti Soundlag atau Acourete Fiber dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi masalah ini. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengurangi getaran dan suara yang dihasilkan oleh pipa air, menciptakan lingkungan yang lebih tenang dan nyaman di rumah Anda. Selain itu, penggunaan material peredam kebisingan ini juga dapat meningkatkan kualitas hidup dan memberikan dampak positif pada kesejahteraan Anda dan keluarga.

Sebelum dan sesudah pengaplikasian Acourete Fiber pada pipa air

Pengaplikasian peredam kebisingan pipa air – Soundlag

Sebelum dan sesudah pengaplikasian Soundlag pada pipa air

Mengatasi kebisingan pipa air dengan peredam suara Soundlag dan Acourete Fiber memang terbukti cukup ampuh. Suara gemericik aliran air di pipa sangat berkurang. Klien puas dengan hasil treatment kebisingan pipa air tersebut. Pemasangannya pun juga bisa dibilang cukup mudah.

Kami telah membuat buku yang membahas tentang kebisingan dan cara mengatasinya. Mulai dari kebisingan dari air hujan, lalu lintas, berisik langkah kaki, getaran dari rel kereta api, kebisingan pipa air dan mesin HVAC, serta kebisingan lainnya. Silakan unduh e-book “Teori & Aplikasi Akustika Bangunan” by Acourete secara GRATIS di sini.

Apabila ada permasalahan yang belum tercantum di buku ini, penjelasan yang belum cukup jelas, atau pertanyaan lain, silakan hubungi kami. Kami selalu hadir membantu sesuai landasan kami saat mendirikan perusahaan ini, yaitu selalu memberikan yang terbaik dengan semangat kerja revolusioner.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini