Tahukah Kamu, 5 Tanaman Ini Dapat Mengurangi Kebisingan?

Table of Contents

Secara umum, kita tahu kebisingan memang dapat menimbulkan berbagai dampak negatif terhadap psikologis kita. Perlu kita ketahui lebih lanjut, bahwa dampak kebisingan pun tidak hanya memengaruhi kesehatan mental kita loh, namun juga dapat mengancam fisik kita, seperti hilangnya pendengaran, bahkan penyakit kardio.

Apakah kalian sudah tahu, bahwa pemerintah telah menetapkan standar kebisingan yang diperbolehkan untuk lingkup permukiman? Ketentuan pemerintah melalui KEPMENLH No.48 Tahun 1996 telah menetapkan bahwa tingkat kebisingan yang diizinkan untuk permukiman yaitu 55 dB(A).

Dampak negatif dari kebisingan, dapat kita cegah sejak dini jika kita mau mulai memedulikan hal-hal yang menjadi penyebabnya. Cara termudah untuk membantu mengurangi kebisingan di lingkungan sekitar kita adalah dengan menanam pohon. Menurut penelitian dari Ngudi Tjahjono dan Iwan Nugroho dalam Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018), jenis tanaman tertentu mampu menyerap kebisingan hingga 16%. Lumayan, bukan? 

img src: Envato

Nah, berikut 5 tanaman yang mampu membantu mengurangi kebisingan di sekitar rumahmu!

1.Bambu

Variasi tanaman bambu dapat dimanfaatkan untuk dijadikan pagar. Bentuknya ramping dan rapat, daunnya juga cukup lebat. Jika sudah tinggi, dia akan mampu meredam suara dari luar dengan baik.

bambu dapat mengurangi kebisingan

Bambu (img src: Google)

2. Tanaman Perdu

Perdu adalah tanaman berkayu yang bercabang-cabang. Tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah, dan tidak mempunyai batang yang tegak. Dedaunan yang lebat serta pertumbuhan yang cepat, membuat tanaman ini menjadi alternatif peredam bising.

perdu dapat mengurangi kebisingan

Perdu (img src: Google)

3. Pohon Cemara

Cemara merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan sangat baik sebagai pagar tanaman. Tumbuhannya padat dan dapat mencapai ketinggian 5 hingga 15 meter dalam 10 tahun. Cemara cocok digunakan untuk melindungi privasi rumah.

cemara dapat mengurangi kebisingan

Cemara (img src: Google)

4. Ketapang

Pohon ketapang adalah salah satu jenis tanaman berkayu yang cukup dikenal di masyarakat Indonesia. Pohon yang tumbuh rindang ini seringkali ditanam di halaman rumah atau sepanjang jalan sebagai tumbuhan peneduh dan juga cocok sebagai penghalang kebisingan agar tidak masuk ke rumah.

ketapang dapat mengurangi kebisingan

Ketapang (img src: Google)

5. Pucuk Merah

Pucuk merah adalah sejenis tanaman perdu yang memiliki ciri khas pada daunnya. Tanaman ini memiliki daun berwarna merah dan hijau. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ngudi Tjahjono dan Iwan Nugroho pada Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018), pucuk merah dapat mengurangi kebisingan hingga 11 dB.

pucuk merah dapat mengurangi kebisingan

Pucuk Merah (img src: Google)

Nah, 5 tanaman itulah yang kira-kira dapat membantu Sobat Akustik untuk mengurangi kebisingan! Masih banyak lagi jenis tanaman yang mampu mengurangi kebisingan di sekitar kita.

Perlu diperhatikan bahwa alternatif mengurangi kebisingan dengan menanam pohon tidak serta merta kita rasakan hasilnya dengan cepat, kita perlu menunggu tanaman tumbuh rimbun terlebih dahulu untuk dapat berfungsi mengurangi kebisingan. Setiap tanaman pun memiliki kemampuan mengurangi kebisingan yang berbeda-beda tergantung jenis tanamannya. Meskipun tidak begitu banyak mengurangi kebisingan, setidaknya kita telah berkontribusi dalam menghijaukan bumi ini.

Baca juga Dampak Kebisingan Secara Psikologis, Fisiologis, dan terhadap Lingkungan.

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini