Skip to main content
TechnicalWhitepaper

3 Tips Mudah Mendeteksi Adanya Structure Borne Noise pada Bangunan

By 18 April, 2022No Comments

Pengertian Structure-borne Noise

Structure-borne noise adalah suara yang merambat melalui udara namun energi mekanik gelombang suara  tersebut cukup kuat untuk dapat menggetarkan struktur bangunan, jadi suara menembus partikel material penghalangnya melalui udara bersama dengan getaran suara yang diradiasikan melalui struktur bangunan.

Ciri sumber suara yang menyebabkan structure-borne noise adalah:

  • Tingkat tekanan sumber suara di atas 90 dB.
  • Mengandung frekuensi rendah di bawah 100 Hz.

Contoh dari kasus perambatan suara melalui structure-borne (suara berfrekuensi rendah yang merambat melalui udara lalu menggetarkan struktur bangunan) adalah sebagai berikut suara subwoofer audio system, suara kick drum, suara mesin dengan tekanan suara pada frekuensi rendah yang kuat.

Terkadang kita tidak menyadari bahwa suara dapat merambat melalui struktur bangunan, sehingga tiba-tiba terdapat retakan pada dinding. Hal seperti ini sebisa mungkin harus kita hindari. Oleh karena itu, kami berbagi tips mudah mendeteksi adanya structure borne noise pada bangunan. Kita bisa memanfaatkan barang di sekitar kita, bahkan bagian tubuh kita untuk mengetahui perambatan suara tersebut.

Apa saja ya kira-kira? Berikut tipsnya:

1. Botol

botol berisi setengah air

Sebagian orang mungkin mengira bahwa botol bekas tidak berfungsi sama sekali. Eitss, jangan salah! Botol bisa kita manfaatkan untuk mengetahui perambatan suara melalui struktur bangunan loh!

Yaitu dengan meletakkan botol berisi air setengah penuh di atas lantai atau meja. Jika ada riak pada permukaan air, berarti ada suara yang merambat melalui struktur bangunan. Mudah bukan?

2. Telinga

menempelkan telinga pada dinding

Telinga merupakan bagian tubuh anugerah Tuhan YME yang memiliki manfaat luar biasa. Selain sebagai alat pendengar, telinga juga dapat mendeteksi adanya perembatan suara melalui struktur bangunan, yaitu dengan menempelkan telinga pada dinding. Jika terjadi suara seperti aliran air, berarti ada suara yang merambat melalui struktur bangunan. Cukup mudah ya Sobat Akustik!

3. Alat Ukur

alat ukur frekuensi

Agar prediksi lebih akurat maka tentu saja kita memerlukan bantuan alat ukur untuk memastikan seberapa besar frekuensi suara yang ada. Jika nilai frekuensi pada rentang 10-100 Hz (low frequency), berarti ada suara yang merambat melalui struktur bangunan.

Jangan lupa untuk melihat 5 LANGKAH MUDAH MENGATASI GETARAN DENGAN ACOURETE REGUFOAM 150 PADA LANTAI.

Nah, begitulah Sobat Akustik cara mendeteksi adanya structure borne noise. Semoga bermanfaat!

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

 

Penulis: Ni’ma Rosyidah

18 April 2022

Up

Leave a Reply