7 Alasan Material Akustik (Peredam Suara) Harus Aman dan Ramah Lingkungan

Table of Contents

Ketika kita memasuki era di mana kebisingan sehari-hari semakin mendominasi kehidupan kita, penting untuk memahami bahwa material akustik atau peredam suara bukanlah sekadar elemen tambahan dalam desain bangunan. Material peredam suara penting sebagai fondasi dari kenyamanan dan kesehatan lingkungan dalam ruangan. Namun, kita perlu memastikan bahwa material-material ini tidak hanya berfungsi dengan baik, tetapi juga aman bagi penghuni dan ramah bagi lingkungan.

Artikel ini membahas 7 Alasan Mengapa Material Akustik (Peredam Suara) Harus Aman dan Ramah Lingkungan. Dari kesehatan penghuni hingga pelestarian ekosistem, mari kita jelajahi mengapa memilih material akustik secara bijak bukanlah pilihan semata, melainkan suatu tanggung jawab terhadap masa depan kita dan planet ini. Menggunakan material peredam suara ramah lingkungan serta penghuninya sangat penting karena memiliki dampak yang positif pada kesehatan manusia dan lingkungan. Berikut beberapa alasannya:

1.Kesehatan Penghuni

dampak peredam suara ramah lingkungan

Bahan peredam suara yang tidak aman dapat mengeluarkan zat berbahaya, seperti senyawa organik volatil (VOC) atau partikel berbahaya lainnya. Sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi penghuni bangunan, seperti iritasi mata, hidung, dan tenggorokan, alergi, atau bahkan masalah pernapasan yang serius. Pemilihan material yang aman membantu melindungi kesehatan kita semua.

2. Kualitas Udara dalam Ruangan

dampak peredam suara ramah lingkungan

Material peredam suara yang tidak aman bisa menjadi sumber polusi udara dalam ruangan, sehingga memengaruhi kualitas udara yang dihirup oleh penghuni setiap hari. Menggunakan material yang aman membantu menjaga kualitas udara dalam ruangan agar tetap bersih dan bebas dari polutan berbahaya.

3. Kualitas Lingkungan 

dampak peredam suara ramah lingkungan

Bahan-bahan peredam suara yang tidak aman dapat memiliki dampak negatif pada lingkungan. Bahan-bahan tersebut bisa mencemari tanah dan air jika mereka bocor atau dibuang secara tidak benar. Hal ini dapat mengancam ekosistem dan keseimbangan alam.

4. Keberlanjutan (Sustainability)

dampak peredam suara ramah lingkungan

Material peredam suara yang aman seringkali juga lebih berkelanjutan. Bahan-bahan ini mungkin ramah lingkungan dalam proses produksinya dan dapat didaur ulang atau memiliki masa pakai yang lebih lama. Hal ini mendukung upaya untuk menjaga lingkungan yang lebih sehat dan berkelanjutan.

5. Kepatuhan Regulasi

regulasi untuk dampak peredam suara ramah lingkungan

Banyak negara dan wilayah telah mengenakan regulasi ketat terkait keamanan material bangunan, termasuk material peredam suara. Menggunakan material yang mematuhi regulasi ini adalah kewajiban hukum dan dapat menghindarkan masalah hukum dan denda.

6. Kesadaran Lingkungan

go green bumi yang hijau icon

Penggunaan material peredam suara yang aman dan ramah lingkungan dapat membantu organisasi dan proyek-proyek bangunan mendapatkan dukungan dari masyarakat yang peduli dengan lingkungan.

7. Kualitas Hidup

keluarga lebih harmonis dengan menggunakan peredam suara di rumah

Menggunakan material peredam suara ramah lingkungan dan penghuni dapat meningkatkan kualitas hidup penghuni. Kita semua dapat hidup dalam lingkungan yang lebih sehat, nyaman, dan berkelanjutan.

Baca juga 5 Tips Memilih Peredam Suara yang Tepat untuk Ruanganmu

Secara keseluruhan, pemilihan material peredam suara yang aman adalah langkah penting dalam merancang dan membangun bangunan yang lebih baik, baik dari perspektif kesehatan manusia maupun pelestarian lingkungan. Ini merupakan investasi dalam kualitas hidup dan keberlanjutan masa depan. Acourete menjadi pilihan material peredam suara yang aman untuk kesehatan Anda dan ekosistem lingkungan karena sudah tersertifikasi.

Kami telah membuat buku yang membahas tentang kebisingan dan cara mengatasinya. Mulai dari kebisingan dari air hujan, lalu lintas, berisik langkah kaki, getaran dari rel kereta api, kebisingan pipa air dan mesin HVAC, serta kebisingan lainnya. Silakan unduh e-book “Teori & Aplikasi Akustika Bangunan” by Acourete secara GRATIS di sini.

Apabila ada permasalahan yang belum tercantum di buku ini, penjelasan yang belum cukup jelas, atau pertanyaan lain, silakan hubungi kami. Kami selalu hadir membantu sesuai landasan kami saat mendirikan perusahaan ini, yaitu selalu memberikan yang terbaik dengan semangat kerja revolusioner.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

Published: 2 Oktober 2023

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini