Skip to main content
Rumah Ibadah

Acourete Soundproofing Berhasil Mengatasi Kebocoran Suara di Gereja Jakarta

By 15 Juli, 2020September 6th, 2021No Comments

Kebocoran Suara Pada GBI Sungai Yordan Jakarta

Gereja Bethel Indonesia (GBI) Sungai Yordan terrmasuk salah satu rumah ibadah umat kristiani yang ada di Jakarta. Di dalam gereja tersebut terdapat beberapa alat musik yang digunakan untuk mengiringi kegiatan beribadah. Kebocoran suara alat musik tersebut mengganggu dan menimbulkan keluhan di lingkungan sekitar gereja. Upaya dalam mengurangi kebocoran suara tersebut adalah pengurus gereja berinisiatif memasang sistem insulasi suara yang dapat mengurangi kebocoran suara.

Pengurus GBI Sungai Yordan memutuskan untuk menggunakan produk Acourete karena kemampuan performa tinggi material Acourete dalam menginsulasi suara dan mengurangi kebocoran suara lebih bagus dari produk peredam suara yang lain. Walaupun harganya mahal tapi karena daya tahan Acourete bisa lebih dari 15 tahun maka biaya investasi pertahunnya lebih murah dibandingkan dengan produk yang berumur pendek.

Soundproofing Acourete

Acourete memiliki sistem soundproofing unggulan yang terdiri dari Acourete Noise Armour dan Acourete Fiber 300. Adapun pemasangan soundproofing tersebut dapat dilihat pada “Petunjuk Pemasangan Panel Insulasi Suara Soundproofing Wall FR51“.

Acourete Noise Armour

Acourete Noise Armour adalah bahan insulasi suara dengan bobot massa yang besar. Material ini sering pula disebut Mass Loaded Vinyl atau Barium Sheet. Selain kemampuan insulasi suara, material ini juga baik dalam meredam getaran karena memiliki sifat viscoelastic. Terbuat dari campuran beberapa material dan resin yang halus memiliki densitas lebih dari 2000kg/m3. Material ini memiliki panjang 1m dan lebar 1m dengan tebal 2mm.

030518 2

Acourete Noise Armour telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, bebas bahan beracun, dan aman terhadap risiko kebakaran karena tidak menyerap uap air.

Acourete Fiber 300

fiber

Acourete Fiber adalah bahan peredam suara dengan densitas beragam mulai dari 300, 600, 800 dan 1000. Acourete Fiber terbuat dari anyaman serabut poly-propilene halus. Acourete Fiber memiliki kekuatan serap suara yang sama atau lebih baik dibandingkan bahan peredam lain yang tebalnya 10 kali lebih tebal. Berwarna putih dengan lebar 1,5m dan tebal mulai dari 3mm.Acourete Fiber telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, bebas bahan beracun, dan aman terhadap risiko kebakaran karena tidak menyerap uap air.

Acourete Berhasil Mengurangi Keluhan Lingkungan

Dengan kombinasi kedua produk tersebut hasil insulasi suara dapat bekerja secara optimal, suara dari dalam tidak keluar dan begitupun sebaliknya dalam arti lain bahwa kebocoran suara dapat dikurangi. Keuntungan lain dari kombinasi ini yaitu meskipun memakai dua bahan tidak memakan banyak space jadi ruangan tetap terlihat luas. Sehingga jemaat GBI Sungai Yordan dapat beribadah dengan tenang tanpa khawatir terganggu maupun mengganggu. Perlu diketahui bahwa jika ingin menginsulasi sebuah ruangan, selain kualitas akustik material juga diperlukan pertimbangan dari segi penghematan tempat, sehingga perbandingan material satu dengan yang lain harus benar-benar dipertimbangkan.

Up

Leave a Reply

Butuh Bantuan ?