Arsitek Juga Harus Tahu: Apa Itu Psikoakustik?

Table of Contents

apa itu psikoakustik?

img src: Ansys

Apa Itu Psikoaskutik?

Psikoakustik adalah bidang ilmu yang mempelajari persepsi manusia terhadap suara atau bunyi. Istilah “psikoakustik” berasal dari gabungan kata “psikologi” (ilmu tentang pikiran dan perilaku manusia) dan “akustik” (ilmu tentang suara). Psikoakustik mencakup berbagai aspek, termasuk bagaimana manusia mendengar, memproses, dan merespons suara, serta bagaimana persepsi suara tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor psikologis, neurologis, dan lingkungan.

Para ahli psikoakustik mempelajari berbagai fenomena, seperti ambang pendengaran (level minimum suara yang dapat didengar manusia), persepsi frekuensi (bagaimana manusia mendengar suara dengan frekuensi yang berbeda), resolusi temporal (kemampuan manusia untuk membedakan antara suara yang berbeda dalam waktu yang singkat), dan masking (fenomena di mana suara tertentu menghalangi persepsi suara lainnya).

Psikoakustik juga penting dalam bidang desain suara, teknologi audio, dan pemrosesan sinyal audio. Dengan memahami bagaimana manusia mendengar dan merespons suara, para desainer suara dan insinyur audio dapat menciptakan pengalaman audio yang lebih immersif dan menyenangkan bagi pendengar.

Secara umum, aspek ini membantu kita memahami kompleksitas persepsi suara manusia dan menerapkannya dalam berbagai konteks, mulai dari desain ruang, pemilihan material akustik, perangkat audio, hingga mengatasi gangguan pendengaran.

apa itu psikoakustik?

img src: Memtech Acoustical

Dasar-Dasar Psikoakustik

  1. Pendengaran Manusia: Pendengaran manusia merupakan mekanisme kompleks yang melibatkan telinga, otak, dan sistem saraf. Suara yang masuk ke telinga diubah menjadi sinyal listrik yang kemudian diproses oleh otak untuk diinterpretasikan sebagai suara.
  2. Ambang Pendengaran: Ambang pendengaran adalah level minimum suara yang dapat didengar oleh manusia. Psikoakustik mempelajari bagaimana ambang pendengaran bervariasi dengan frekuensi suara, usia, dan kondisi pendengaran individu.

Proses Persepsi Suara

  1. Resolusi Frekuensi: Manusia memiliki kemampuan untuk membedakan frekuensi suara yang berbeda. Psikoakustik mempelajari bagaimana manusia dapat membedakan antara suara-suara dengan frekuensi yang berdekatan atau jauh.
  2. Resolusi Waktu: Resolusi waktu mengacu pada kemampuan manusia untuk membedakan suara-suara yang terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Ini penting dalam pemahaman percakapan, musik, dan lingkungan suara kompleks.

Fenomena Psikoakustik

  1. Masking: Masking adalah fenomena di mana suara tertentu dapat menghalangi atau mengubah persepsi suara lainnya. Psikoakustik mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi masking, termasuk level suara, frekuensi, dan konteks lingkungan.
  2. Efek Pengalihan: Efek pengalihan adalah fenomena di mana suara yang dihasilkan oleh sumber suara sekunder dapat memengaruhi persepsi suara utama. Psikoakustik memperhatikan bagaimana efek pengalihan mempengaruhi pengalaman mendengar manusia dalam situasi yang kompleks.

Aplikasi Psikoakustik

  1. Desain Ruang: Psikoakustik membantu dalam merancang ruang dengan akustik yang optimal, seperti ruang konser, studio rekaman, dan ruang konferensi, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan berkinerja tinggi.
  2. Teknologi Audio: Dalam teknologi audio, psikoakustik digunakan untuk mengembangkan algoritma pemrosesan suara yang meningkatkan kualitas suara, seperti pengurangan kebisingan, peningkatan reproduksi suara, dan penciptaan efek spatial.

Tantangan dan Penelitian Masa Depan

  1. Gangguan Pendengaran: Psikoakustik terlibat dalam penelitian dan pengembangan teknologi untuk membantu individu dengan gangguan pendengaran, seperti pemanfaatan implan koklea dan alat bantu dengar.
  2. Persepsi Musik: Penelitian psikoakustik tentang persepsi musik membantu memahami cara manusia merespons unsur-unsur musik, seperti ritme, harmoni, dan nada.

 

Tonton penjelasan detail mengenai Psikoakustik oleh ahlinya di sini!

Kesimpulan

Psikoakustik adalah bidang ilmu yang mendalam dan menarik yang menggabungkan pengetahuan tentang psikologi, neurologi, dan akustik untuk memahami cara manusia mendengar dan merespons suara. Dengan pemahaman yang lebih dalam tentang psikoakustik, kita dapat mengoptimalkan lingkungan suara kita, meningkatkan pengalaman audio, dan memberikan solusi untuk tantangan pendengaran yang kompleks. Sebagai bidang studi yang terus berkembang, psikoakustik terus memberikan kontribusi yang berharga bagi ilmu pengetahuan dan aplikasi praktis di berbagai industri dan disiplin ilmu.

Baca juga Mengapa Sebagai Arsitek Perlu Tahu Material Akustik yang Mumpuni?

Kami telah membuat buku yang membahas tentang kebisingan dan cara mengatasi kebisingan suara. Mulai dari kebisingan dari air hujan, lalu lintas, berisik langkah kaki, getaran dari rel kereta api, kebisingan pipa air dan mesin HVAC, serta kebisingan lainnya. Silakan unduh e-book “Teori & Aplikasi Akustika Bangunan” by Acourete secara GRATIS di sini.

Apabila ada permasalahan yang belum tercantum di buku ini, penjelasan yang belum cukup jelas, atau pertanyaan lain, silakan hubungi kami. Kami selalu hadir membantu sesuai landasan kami saat mendirikan perusahaan ini, yaitu selalu memberikan yang terbaik dengan semangat kerja revolusioner.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Editor: Ni’ma Rosyidah

Published: 12 Maret 2024

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini