Skip to main content
TechnicalWhitepaper

Bagaimana Agar Atap Galvalum Tidak Berisik Saat Hujan Deras?

By 2 November, 2021November 3rd, 2021No Comments

Tidak terasa saat ini sudah memasuki musim hujan. Terkadang, suara hujan memang membuat kita semakin tenang, namun di sisi lain suara hujan juga dapat amat mengganggu pendengaran kita, bukan? Apalagi jika ruangan kita berada di dekat atap dan kita perlu melakukan meeting atau semacamnya, tentunya suara kita tidak akan terdengar jelas oleh rekan kerja kita.

Mengapa saat hujan, suara dari atap galvalum menjadi sangat berisik?

Atap yang berbahan galvalum atau sejenisnya, memberikan impact noise saat hujan turun. Jutaan rintikan hujan yang jatuh di atas permukaan atap galvalum inilah yang mengakibatkan ketika ada hujan menjadi sangat berisik. Nah, tentu saja kita yang tidak terbiasa atau tidak nyaman dengan suara berisik akan terganggu dengan hal ini, oleh karena itu penggunaan insulasi suara menjadi begitu penting. Seperti suara pesawat terbang, suara hujan dapat merambat melalui atap, dinding partisi, jendela, dan pintu.

kebisingan akibat hujan

Ilustrasi hujan (Sumber gambar: Google)

Terdapat beberapa kasus di mana suara hujan yang mengenai atap bangunan menimbulkan kebisingan. Terutama ketika terjadi hujan deras, aktivitas di dalam bangunan menjadi terganggu karena suara hujan. Ada kalanya suara hujan mengakibatkan percakapan menjadi tidak jelas atau kita tidak bisa menikmati suara musik. Suara hujan dapat merambat pada sebuah bangunan melalui atap, jendela, pintu, dan dinding bangunan. 

Jika Anda merasa terganggu dengan suara hujan, berikut beberapa cara untuk mengendalikan kebisingan suara baik untuk atap galvalum maupun atap batu bata.

1. Melapisi atap dengan material viskoelastik.

Material viskoelastik akan meredam suara hujan sehingga tidak mengganggu aktivitas di dalam ruangan. Jenis material viskoelastik contohnya adalah Acourete Noise Armour. Produk ini merupakan bahan insulasi suara premium viskoelastis massa besar yang dilengkapi dengan perekat.

material insulasi suara tipis dan ampuh

Acourete Noise Armour (Dokumen pribadi)

2. Menambahkan material serabut (fiber) atau yang lebih dikenal dengan material peredam suara di dalam konstruksi atap.

Material serabut (fiber) ini juga berfungsi untuk meredam suara hujan sehingga suara hujan yang masuk ke dalam bangunan sudah tidak mengganggu. Contoh material berserat yang bisa digunakan adalah Acourete Fiber.

Acourete Fiber adalah bahan peredam suara dengan densitas beragam mulai dari 300, 600, 800 dan 1000. Acourete Fiber terbuat dari anyaman serabut poly-propylene halus. Acourete Fiber memiliki kekuatan serap suara yang sama atau lebih baik dibandingkan bahan peredam lain yang tebalnya 10 kali lebih tebal. Berwarna putih dengan lebar 1,5m dan tebal mulai dari 3mm.

Acourete Fiber

Acourete Fiber (Dokumen pribadi)

3. Menggunakan cat pelapis atau peredam suara cair pada atap jenis galvalum.

Agar atap berbahan galvalum dan semacamnya tidak menimbulkan berisik saat hujan deras mengguyur, perlu adanya material insulasi sebagai pencegah adanya impact noise tersebut. Contoh material peredam suara cair adalah Acourete Paint EZ1.

Acourete Paint EZ1 adalah cairan insulasi suara dan peredam getaran. Bahan dasar Acourete Paint EZ1 adalah cairan polimers, fillers, binder dan zat additive. Acourete Paint EZ1 dapat melekat pada beragam jenis permukaan yang tidak rata, tipis, atau licin. Acourete Paint EZ1 dapat diaplikasikan dengan kuas, roll atau spray-gun. Dikemas dalam botol ukuran bersih satu liter. Acourete Paint EZ1 yang telah kering memiliki ketahanan terhadap perubahan cuaca, kelembaban, dan pukulan. Acourete Paint EZ1 telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, bebas bahan beracun, aman terhadap risiko kebakaran karena tidak menyerap uap air.

Acourete Paint Peredam suara cair super kedap

Acourete Paint  (Dokumen pribadi)

Seperti itu lah kira-kira cara mengurangi kebisingan akibat hujan. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik! 

Up

Leave a Reply

Butuh Bantuan ?