Skip to main content
Studio Musik

Desain Akustik untuk Kualitas Suara Terbaik pada Studio Musik dan Recording Studio

By 15 Juli, 2020Agustus 6th, 2021No Comments

Pengertian umum studio musik adalah ruang di mana musisi bermain musik, suara direkam dan diedit. Ulasan kali ini akan membahas recording studio atau studio rekaman. Elven Band adalah sebuah group generasi muda yang dibentuk di bulan Januari tahun 2004. Band ini dimotori oleh Irfan yang merangkap sebagai vokalis utama. Personil band lainnya adalah Aris pada drum, Ndru sebagai gitaris dan Hendry pada bass. Mereka telah menghasilkan dua buah album rekaman dimana salah satu lagunya menjadi theme song pada sebuah sinetron televisi.

elven-band-001

elven band 002

Guna menunjang kualitas suara pada peluncuran album berikutnya, manajemen Elven Band memutuskan untuk membangun sebuah studio musik dan recording studio. Setelah mencari – cari informasi material dan konsultan akustik recording studio yang ada di Jakarta akhirnya manajemen Elven Band memutuskan untuk mempercayakan pekerjaan konsultasi recording studio tersebut kepada konsultan akustik terbaik di Jakarta.

Tantangan pertama adalah masalah insulasi suara dimana diharapkan suara musik di ruangan recording studio tidak mengganggu lingkungan perumahan serta kebisingan dari luar recording studio tidak masuk ke ruang recording studio. Dan tantangan berikutnya adalah membuat ruangan recording studio menjadi nyaman untuk latihan dan rekaman dengan kualitas suara yang alami, jelas dan bersih. Tantangan terakhir yaitu tantangan biaya dimana pihak manajemen mengharapkan anggaran yang mereka miliki untuk recording studio dapat memenuhi tantangan tersebut di atas.

Metode Desain Insulasi Pada Studio Musik yang Tepat

Langkah pertama yang dilakukan adalah memeriksa kondisi arsitektur ruangan recording studio tersebut yang kemudian dianalisa untuk menyimpulkan desain insulasi yang tepat. Setelah pemasangan insulasi selesai, kami dan pihak manajemen Elven Band menguji kebocoran suara dengan memainkan drum set dengan pukulan yang kuat. Setelah puas dengan hasil yang ada kami melanjutkan pekerjaan ke tahapan selanjutnya.

sound-proofing-studio-elven band

Untuk tahapan desain yang berhubungan dengan kualitas suara musik di dalam recording studio kami melakukan pengukuran parameter akustik dan uji coba keseluruhan personil melakukan latihan. Dari data yang ada kami menetapkan produk – produk akustik yang tepat untuk mengatasi cacat suara akibat pantulan dan resonansi internal recording studio.

HASIL

Setelah melakukan pekerjaan selama dua bulan maka sekarang saatnya melakukan uji coba final dengan hasil sebagai berikut:

  1. Background noise dalam ruangan recording studiocukup rendah
  2. Kebocoran suara dari dalam dan keluar ruangan recording studio tidak terdengar
  3. Kualitas suara alat musik dan vokalis terdengar jelas dan bersih.
  4. Alunan musik nyaman terdengar di telinga.
  5. Tidak hingar bingar dan bercampur aduk.

studio-musik-elven band

Up

Leave a Reply

Butuh Bantuan ?