Skip to main content
Auditorium HallPortfolio

Insulasi Suara pada Meeting Room DBS Indonesia

By 3 Mei, 2021Agustus 10th, 2021No Comments

THE DEVELOPMENT BANK OF SINGAPORE

DBS, singkatan dari The Development Bank of Singapore, merupakan bagian dari Grup DBS yang berbasis di Singapura. Didirikan pada tahun 1989, dan hingga Oktober 2019, DBS Indonesia telah melayani nasabah di 31 cabang dan 2 kantor fungsional yang tersebar di 15 kota perkotaan di Indonesia. Jumlah karyawannya telah mencapai sekitar 2.900 dan terus meningkat untuk mengakomodasi operasi bisnis yang berkembang. DBS Indonesia menyediakan berbagai layanan dalam aktivitas perbankan konsumer, UKM, dan korporasi.

PERMASALAHAN AKUSTIK

Demi meningkatkan kualitas suara ruangan pada kantor, DBS Indonesia ingin memperbaikinya dengan cara mengikuti standar ruangan yang ada. Oleh karena itu pihak DBS meng-hire konsultan akustik. Setelah dilakukan pengukuran kebisingan pada ruangan, ternyata tingkat kebisingan dari kebocoran suara di ruang pertemuan (meeting room) cukup tinggi yang tentunya mengganggu ketika sedang diadakan pertemuan. Agar suara tidak bocor dari atau ke luar ruangan, maka perlu dilakukan proses insulasi suara pada ruangan.

SOLUSI PERMASALAHAN AKUSTIK (Insulasi Suara)

Proyek ini dikerjakan oleh beberapa pihak, diantaranya CDA International sebagai  Interior Designer, ALTA Integra sebagai Konsultan Akustik, dan PT. Gema Graha Sarana Tbk sebagai kontraktor pelaksanaan proyek.

Berdasarkan hasil pengukuran dari ALTA Integra sebagai konsultan akustik, akhirnya ALTA Integra mengajukan desain insulasi untuk ruang pertemuan dengan menambahkan Acourete Noise Armour pada lapisan dindingnya. Acourete Noise Armour adalah material insulasi suara. Produk ini merupakan bahan insulasi suara premium viskoelastis massa besar yang dilengkapi dengan perekat. Massa besar terbukti efektif mengurangi kebisingan suara yang berpropagasi pada medium udara sehingga diperoleh performa insulasi suara yang sangat tinggi yaitu STC 24. Sifat viskoelastis efektif mereduksi kebisingan akibat getaran pada struktur dan dinding partisi dengan koefisien peredam getaran mencapai ƞ 0.14. Kemudian ajuan desain akustik tersebut disimulasikan kembali oleh pihak konsultan. Ternyata penambahan Acourete Noise Armour dapat mengurangi tingkat kebisingan suara dengan cukup baik.

 

material insulasi suara tipis dan ampuh

Acourete Noise Armour

Desain akustik yang telah diajukan kemudian disetujui dan dieksekusi. Setelah benar-benar dilakukan perbaikan akustik pada meeting room, pihak DBS puas dengan penggunaan material Acourete Noise Armour karena mampu mengurangi tingkat kebisingan cukup besar (memiliki kemampuan insulasi suara yang baik). Acourete Noise Armour memiliki nilai STC tinggi dan aman bagi lingkungan serta kesehatan penghuninya.

Berikut galeri meeting room yang telah dipasang Acourete Noise Armour

Up

Leave a Reply

Butuh Bantuan ?