Whitepaper

Lima Syarat Bahan Kedap Suara yang Baik

By 22 Oktober, 2020November 12th, 2020No Comments

Bahan Kedap Suara

Bahan kedap suara berfungsi untuk menginsulasi suara dalam sebuah ruangan atau bidang. Bahan kedap suara umumnya dipakai untuk meredam suara dari luar yang masuk ke dalam ruangan dan suara dari dalam yang keluar ruangan. Varian untuk bahan kedap suara, banyak sekali produk pabrikan atau benda-benda olahan tangan yang dijadikan sebagai bahan kedap suara. Bukan soal harga atau bentuk yang menjadi prioritas syarat bahan kedap suara yang baik. Ada beberapa poin yang perlu kita lihat pada produk tersebut. Di bawah ini, akan dijabarkan apa saja syarat bahan kedap suara yang baik.

Lima Syarat Bahan Kedap Suara yang Baik

      1. Tingkat Densitas (Massa Jenis) Permukaan : Bahan kedap suara yang memiliki densitas (massa jenis) permukaan yang lebih besar memiliki nilai kedap suara yang lebih besar pula. Densitas permukaan adalah berat bahan tipis yang mendekati nol dibagi dengan luas permukaan bahan tersebut. Satuan densitas permukaan adalah kilogram per meter persegi (kg/m2).
        Contoh:
        Densitas permukaan MDF 3mm adalah 1.93kg/m2 memiliki STC 9 dan densitas permukaan Triplek 3mm adalah 0.71kg/m2 memiliki STC 5. STC singkatan dari Sound Transmission Class dan menunjukan indeks pengurangan transmisi suara material tertentu. Semakin besar angka STC, maka material tersebut memiliki kemampuan kedap suara yang lebih besar pula. Dari contoh tersebut, terlihat bahwa semakin besar densitas permukaan sebuah material, maka semakin besar pula nilai STC-nya.Densitas_Kayu_MDF_vs._Densitas_Triplek
      2. Tingkat Tahanan Udara (Flow Resistivity) : Material dengan tingkat tahanan udara yang tinggi memiliki nilai kedap suara yang lebih baik. Material dengan tingkat tahanan udara yang kecil umumnya memiliki pori rongga udara yang renggang. Sebagian besar orang menggunakan bahan berpori untuk membuat dinding kedap suara yang mana hasilnya sering kali mengecewakan. Material dengan pori rongga udara yang rapat menyulitkan gelombang suara untuk merambat melalui rongga udara antar serabut.
        Contoh:
        Kain dengan pori rongga udara yang renggang lebih transparan suara dibandingkan dengan kain dengan pori rongga udara yang rapat.
      3. Tidak Turut Bergetar atau Dapat Meredam Getaran : Bahan kedap suara yang baik tidak mudah bergetar atau meneruskan getaran sehingga mampu meredam getaran.
        Contoh:
        Pemasangan panel partisi dengan konstruksi rangka besi hollow dan panel gypsum kerap kali menimbulkan bunyi rangka hollow yang saling beradu karena getaran suara. Bunyi baru ini sering disebut sebagai flanking noise. Gambar di bawah memberikan contoh panel soundproofing yang mampu meredam getaran.
      4. Memantulkan Suara : Ciri lain bahan kedap suara yang baik adalah bahan tersebut memantulkan suara. Bahan yang memantulkan suara lebih besar cenderung memiliki nilai kedap suara yang lebih besar. Karena semakin besar energi suara yang dipantulkan, maka semakin sedikit energi suara yang diteruskan.
        Contoh:
        Ruangan yang keenam bidangnya terbuat dari beton lebih banyak memantulkan suara dibandingkan dengan ruangan yang keenam bidangnya terbuat dari kayu.
      5. Aman Bagi Manusia dan Lingkungan : Syarat yang paling penting bagi bahan kedap suara adalah keamanan bagi manusia dan lingkungan. Keamanan dalam hal ini adalah aman buat kesehatan manusia, yaitu tidak beracun. Aman terhadap ancaman kebakaran karena tidak cepat merambatkan api. Selain itu, bahan kedap suara harus bisa berumur panjang karena masa pakai sebuah properti bisa sampai 20 tahun lebih.
        Contoh:
        Bahan yang sering digunakan sebagai kedap suara yang terbuat dari serat mineral bebatuan. Kita ambil contohnya rockwool. Serbuknya dapat mengganggu pernapasan. Sedangkan, Acourete Noise Armour lebih efektif sebagai bahan kedap suara, terutama dari segi keamanan dan lingkungan bagi manusia.

    Acourete Noise Armour Memenuhi Kelima Syarat Kedap Suara

    Acourete Noise Armour adalah bahan yang dikembangkan secara khusus sebagai bahan kedap suara. Acourete Noise Armour memenuhi kelima persyaratan di atas.

    Acourete Noise Armour memilki nilai densitas permukaan yang sangat tinggi yaitu sebesar 2000kg/m3 atau setara dengan densitas tembok batu bata merah walaupun Acourete Noise Armour  jauh lebih tipis daripada batu bata merah. Lalu, Acourete Noise Armour adalah material viskoelastis yang efektif meredam getaran. Jadi, suara yang dirambatkan pada permukaan partisi teredam dengan baik. Selain itu, Acourete Noise Armour memiliki ketahanan udara yang tinggi sehingga gelombang suara lebih sulit untuk menembus permukaan. Juga, Acourete Noise Armour sanggup memantukan suara dan memiliki nilai STC 29 atau setara dengan tembok batu bata dengan ketebalan 10cm. Terakhir dan sangat penting dari Acourete Noise Armour adalah aman buat manusia dan lingkungan.

    Keyword : Bahan Kedap Suara, Syarat Bahan Kedap Suara, Lima Syarat Kedap Suara, Bahan Kedap Suara yang Baik, Insulasi Suara, Acourete Noise Armour

Leave a Reply

Butuh Bantuan ?