Lingkungan Suara yang Tidak Nyaman Dapat Mengganggu Kesehatan Mental Kita. Apa Iya?

Table of Contents

Lingkungan Suara yang Tidak Nyaman

Sering kita bertanya-tanya, apakah benar lingkungan suara yang tidak nyaman dapat mengganggu kesehatan mental kita?

Menurut United Nation Population Division (2018), 68% populasi dunia akan tinggal di perkotaan hingga akhir tahun 2050, dengan dominasi peningkatan sebesar 90% terjadi di Asia dan Afrika. Kebisingan tidak hanya berdampak kepada manusia, tetapi juga pada bangunan dan lingkungan sekitarnya. Nah, hubungan antara kenyamanan suara dan kesehatan psikologis manusia sangatlah penting dan kompleks. Bahkan dapat berdampak pada kesehatan bangunan dan ekosistem, loh!

Kali ini kita akan fokus membahas pada hubungan suara yang tidak nyaman dengan kesehatan mental manusia terlebih dahulu ya!

Lingkungan suara yang nyaman dapat memiliki dampak positif pada kesehatan psikologis, sementara suara yang tidak nyaman atau mengganggu dapat menyebabkan stres, ketegangan, dan bahkan masalah kesehatan mental.

dampak lingkungan suara yang tidak nyaman

Kita sudah banyak tahu tentang dampak negatif dari ketidaknyamanan suara seperti kebisingan dan gaung pada ruangan. Hal tersebut juga sudah pernah dibahas di artikel Acourete sebelumnya, misalnya gangguan emosional, gangguan konsentrasi, gangguan tidur, menyebabkan penyakit pendengaran dan jantung, juga ekosistem lingkungan kita.

Baca selengkapnya Dampak Kebisingan Secara Psikologis, Fisiologis, dan terhadap Lingkungan

Bagaimana dengan pengaruh adanya suara yang baik di lingkungan kita?

Berikut adalah beberapa fakta bahwa suara yang baik dapat memengaruhi kesehatan psikologis manusia dengan baik pula:

1. Mengurangi Stres

Suara lingkungan yang nyaman, seperti aliran air, burung berkicau, atau musik yang tenang, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Suara-suara alam yang menyenangkan sering kali digunakan dalam praktik relaksasi dan meditasi untuk menginduksi perasaan kedamaian dan ketenangan. Terdapat materi khusus yang membahas hal-hal tersebut, yaitu tentang akustik lingkungan (environmental acoustics).

Tonton penjelasan dari ahlinya di sini.

2. Meningkatnya Konsentrasi dan Produktivitas

Suara lingkungan yang tenang dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Lingkungan yang bebas dari gangguan suara yang berlebihan memungkinkan seseorang untuk fokus pada tugas-tugasnya tanpa distraksi. Lingkungan yang tenang bukan berarti bebas dari semua suara ya. Lingkungan yang tenang bisa diartikan sebagai lingkungan yang bebas dari sesuatu yang mengganggu. Konkritnya, selama terdapat suara di lingkungan tersebut, namun tidak mengganggu penghuninya dan membuatnya tenang, tidak masalah. Justru banyak orang yang konsentrasi dan produktivitasnya meningkat karena mendengar lagu yang mereka sukai. Jadi, jangan salah pengertian ya, Sobat Akustik!

3. Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Ketika lingkungan tidur bebas dari gangguan suara yang mengganggu, seseorang cenderung memiliki tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Suara-suara yang menenangkan atau sering dikenal dengan istilah white noise dapat membantu menghalangi suara-suara yang mengganggu dan menciptakan lingkungan tidur yang optimal.

National Sleep Foundation, lembaga nirlaba yang fokus pada kebutuhan tidur mengeluarkan daftar lama kebutuhan tidur manusia sesuai usia, untuk anak-anak dan orang dewasa memiliki waktu yang berbeda. Jika waktu tidur tidak terpenuhi di malam harinya maka akan mengganggu konsentrasi dan menyebabkan penurunan energi dalam beraktivitas hingga beberapa hari. Untuk menghindari kualitas tidur yang buruk, paparan kebisingan kontinu di dalam ruang tidur tidak boleh lebih dari 30 dB (World Health Organization, 1999). Kualitas dan kuantitas tidur yang kurang baik dapat mengakibatkan berkurangnya fungsi kognitif dan dapat menyebabkan efek psikologi pada seseorang.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Emosional

Suara lingkungan yang menyenangkan atau musik yang merilekskan dapat meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan emosional seseorang. Musik yang dipilih dengan tepat bahkan dapat memicu respons emosional positif dan mengurangi gejala depresi atau kecemasan.

5. Mengurangi Efek Negatif Kebisingan

Kebisingan yang berlebihan atau mengganggu dapat menyebabkan stres, kelelahan, dan gangguan tidur, yang pada gilirannya dapat berdampak negatif pada kesehatan mental seseorang. Lingkungan yang bising juga dapat mengganggu komunikasi interpersonal. Contoh dari adanya speech interference ini adalah terganggunya proses belajar mengajar pada sekolah, terganggunya suatu kelompok atau tim yang sedang berdiskusi, dan kegiatan sejenis lainnya.

6. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan menciptakan suara yang nyaman dan mendukung, seseorang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan. Lingkungan yang ramah terhadap suara dapat membantu seseorang merasa lebih rileks, bahagia, dan terhubung dengan lingkungan di sekitarnya.

Secara keseluruhan, kenyamanan suara sangat penting untuk menjaga kesehatan psikologis atau mental manusia. Memperhatikan suara yang baik pada lingkungan yang kita ciptakan, baik di rumah, tempat kerja, atau tempat umum lainnya, dapat membantu menciptakan ruang yang mendukung kesejahteraan mental dan emosional kita.

Baca juga Semua Indera Kita Ada Hubungannya dengan Ilmu Akustik, Loh!

Lalu, bagaimana menciptakan kenyamanan suara tersebut?

Menciptakan kenyamanan suara memerlukan pemahaman yang mendalam tentang lingkungan suara dan bagaimana suara dapat memengaruhi kesejahteraan kita. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk menciptakan suara yang nyaman untuk didengar:

1. Identifikasi Kebutuhan dan Preferensi

Pertama, penting untuk mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi pribadi terkait lingkungan suara. Apakah Anda lebih suka lingkungan yang tenang dan damai, atau Anda merasa lebih nyaman dengan sedikit musik atau suara-suara alam yang lembut? Dengan memahami tahap identifikasi awal ini, maka akan mempermudah untuk membuat kenyamanan suara yang diharapkan.

2. Kelola Kebisingan

Identifikasi sumber kebisingan potensial di sekitar Anda, seperti mesin, lalu lintas, atau suara-suara bising lainnya. Berbagai langkah dapat diambil untuk mengelola kebisingan, termasuk isolasi suara, pemakaian penyerap suara, dan penggunaan peredam suara. Namun, perhatikan pemilihan material peredam suara yang digunakan. Beda jenis peredam suara, beda juga fungsinya ya, Sobat Akustik!

Tonton penjelasan Sudah Pasang Peredam Suara, Tapi Kok Suara Masih Bocor? Wah Apa yang Salah Nih?

3. Gunakan Suara-suara Yang Menenangkan

Suara-suara alam seperti gemericik air, suara hujan, atau suara burung berkicau dapat membantu menciptakan atmosfer yang tenang dan menenangkan. Anda juga dapat menggunakan musik instrumental yang lembut atau meditasi suara untuk menciptakan lingkungan yang nyaman.

4. Gunakan Teknologi

Teknologi audio modern menawarkan berbagai solusi untuk menciptakan suara yang nyaman kita. Misalnya, penggunaan perangkat white noise machines atau aplikasi penghasil suara alam dapat membantu menyamarkan suara-suara yang mengganggu dan menciptakan lingkungan yang tenang. Saat ini aplikasi pemutar white noise sangat mudah ditemukan di AppStore atau PlayStore, sehingga mempermudah Sobat Akustik untuk memanfaatkannya.

5. Pertimbangkan Akustik Ruangan

Desain akustik ruangan juga memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan suara yang nyaman. Pertimbangkan penggunaan material peredam suara, seperti panel akustik, karpet, atau peredam dinding, untuk mengurangi pantulan suara dan meningkatkan kualitas akustik ruangan.

6. Pertimbangkan Kebutuhan Individu

Setiap individu memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda terkait lingkungan suara. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi individu dalam menciptakan suara yang nyaman, baik di rumah, tempat kerja, atau tempat umum.

Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan lingkungan suara yang mendukung kesejahteraan dan kenyamanan psikologis Anda. Memahami bagaimana suara memengaruhi kita dan mengambil langkah-langkah untuk menciptakan suara yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Kami telah membuat buku yang membahas tentang kebisingan dan cara mengatasi kebisingan suara. Mulai dari kebisingan dari air hujan, lalu lintas, berisik langkah kaki, getaran dari rel kereta api, kebisingan pipa air dan mesin HVAC, serta kebisingan lainnya. Silakan unduh e-book “Teori & Aplikasi Akustika Bangunan” by Acourete secara GRATIS di sini.

Apabila ada permasalahan yang belum tercantum di buku ini, penjelasan yang belum cukup jelas, atau pertanyaan lain, silakan hubungi kami. Kami selalu hadir membantu sesuai landasan kami saat mendirikan perusahaan ini, yaitu selalu memberikan yang terbaik dengan semangat kerja revolusioner.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Editor: Ni’ma Rosyidah

Published: 26 Maret 2024

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini