Skip to main content
Hotel dan ApartemenUncategorized

Mengatasi Impact Noise pada Hotel Kataoma, Potato Head, Bali

By 14 April, 2021Agustus 5th, 2021No Comments

POTATO HEAD

Potato Head adalah sebuah desa kreatif yang berada di Seminyak, Bali. Lokasinya berada di tepi laut, desa ini digunakan untuk kegiatan kreatif seperti bermain musik, seni, desain, dan kuliner secara berdampingan dengan menerapkan konsep alam. Potato Head juga membangun beberapa hotel untuk memfasilitasi pengunjung dalam bermalam. Pada sekitar tahun 2019, pihak Potato Head telah membangun sebuah Hotel bernama Kataoma. Hotel ini dibangun karena ingin berfokus pada kualitas akustik yang baik agar kebisingan tidak terdampak antara satu ruang dengan yang lainnya.

Hotel Kataoma Potato Head

Hotel Kataoma, Potato Head, Bali (Sumber: Archdaily)

konstruksi hotel Katamama Potato Head

Konstruksi Hotel Kataoma, Potato Head

PERMASALAHAN AKUSTIK (KEBISINGAN AKIBAT RAMBATAN GETARAN)

Salah satu permasalahan akustik yang terjadi di Hotel Kataoma adalah pada bagian dapur. Dapur yang notabene-nya berisi banyak orang berlalu lalang untuk kegiatan memasak menghasilkan impact noise dari langkah kaki penghuni dapur. Seperti yang kita ketahui bahwa kebisingan atau noise tidak hanya merambat melalui medium udara (airborne noise), namun juga melalui struktur bangunan (structure-borne noise). Pada kasus ini, getaran merambat melalui struktur bangunan, menjalar hingga ruangan di bawahnya, sehingga mengakibatkan kebisingan dan ketidaknyamanan bagi penghuni ruangan.

SOLUSI PERMASALAHAN AKUSTIK (MEMUTUS KONTAK GETARAN atau IMPACT NOISE)

Pada tahun 2019, Acourete membantu dalam menyelesaikan masalah akustik tersebut dengan arsitek adalah OMA Hongkong, Konsultan Akustik adalah Royal Haskoning DHV, dan sebagai kontraktor adalah Total Bangun Persada, merekomendasikan penggunaan Acourete Regufoam untuk memutus kontak getaran (impact noise). Kebisingan akibat struktur bangunan harus diputus kontak getarannya agar proses peredaman kebisingan tidak sia-sia.

Regufoam Vibration 150

Acourete Regufoam Vibration 150

Acourete Regufoam dipasang pada lantai dapur dengan cara seperti “Petunjuk Pemasangan Raised Floor Soundproofing Menggunakan Regufoam Vibration 150. Namun, ada sedikit perbedaan dalam pemasangannya, seperti yang kita tahu bahwa pada dapur terdapat beberapa alat dapur yang menjadi beban statis dan cukup berat sehingga untuk mengatasinya, potongan Regufoam disusun lebih rapat.

GALERI PROSES PEMASANGAN MATERIAL ACOURETE

Kontraktor dan arsitek dari projek ini sangat puas dengan produk Acourete yang telah dipasang pada lantai dapur. Material akustik Acourete dapat bekerja secara efektif dan maksimal untuk mengatasi permasalahan akustik seperti memutus kontak getaran (impact noise) dan mengurangi kebisingan pada ruangan. Tidak ada komplain dari pihak Potato Head dan mereka cukup puas juga dengan pelayanan dari tim Acourete untuk berdiskusi dan membantu memberikan solusi.

Up

Leave a Reply

Butuh Bantuan ?