Skip to main content
PortfolioRuang Audio

Menggunakan Material Peredam Suara Acourete untuk Membangun Listening Room

By 6 Oktober, 2021Oktober 13th, 2021No Comments

Listening Room

listening room

Listening Room (Dokumen pribadi)

Menurut psikolog Dr. Daniel Levitin dari McGill University dan penulis buku This Is Your Brain on Music, bermain atau mendengarkan musik dapat meningkatkan produksi antibodi imunoglobulin A dan sel pembunuh alami yang meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kortisol, dan dapat mengurangi stress.

Ruang mendengarkan atau listening room pada dasarnya adalah ruang di mana Anda dapat mendengarkan musik tanpa gangguan dan tanpa berpikir, “Saya harap suara musik ini tidak terlalu keras”, dengan kata lain, Anda berharap bahwa keluarga Anda tidak perlu meminta Anda untuk mematikannya atau menjaga volume rendah agar tidak mengganggu. Ruang ini khusus untuk diri sendiri yang bertujuan sebagai ruangan mendengarkan musik atau melakukan apa pun yang Anda suka dengan karya seni Anda tanpa ada yang menyuruh Anda berhenti.

Akhir-akhir ini, ruang mendengarkan sedang populer di kalangan kelas atas atau orang-orang yang sangat sibuk yang ingin mendedikasikan ruang khusus untuk mengisi waktu luang atau hobi. Dengan cara ini, mereka tidak terganggu serta mengganggu, dan dapat terus menikmati kapan pun mereka mau.

Kebutuhan Pada Listening Room

Ruang mendengarkan atau listening room tidak lain adalah ruang khusus di mana Anda hanya mendengarkan musik dan tidak ada yang lain. Anda memiliki sistem suara, koleksi musik di sana, dan pengaturan yang dipersonalisasikan untuk itu.

Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa dengan kondisi seperti ini, berarti selain membutuhkan sistem suara yang bagus juga diperlukan sistem insulasi suara yang bagus agar suara dari dalam ruangan tidak bocor dari maupun ke dalam ruangan. Jika hal ini terjadi maka tujuan awal dari pembangunan ruangan ini akan sia-sia, karena masih mengganggu orang yang berada di luar ruangan ini.

Sistem suara dalam ruangan dapat didesain dengan cara memberikan Acoustics Treatment yang memadai seperti penggunaan diffuser pada ruangan. Biasanya pemasangan diffuser ini memerlukan perhitungan dari konsultan akustik agar kualitas suara yang diharapkan bisa tercapai. Sedangkan sistem insulasi suara diperlukan untuk mencegah kebocoran suara. Sistem insulasi suara pun perlu perhitungan yang tepat agar suara yang dihasilkan tidak terserap semuanya oleh material insulasi suara dan perlu diimbangi oleh material peredam gema seperti pemanfaatan padded wall.

Treatment yang Diperlukan Saat Membangunnya

Acourete berperan pada keperluan pembangunan listening room oleh seorang owner di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Owner memilih Acourete karena material Acourete memiliki performa yang tinggi, dapat berbaur dengan lingkungan, dan telah sesuai dengan standar. Acourete pun selalu mengedepankan material akustik yang ramah lingkungan. Material Acourete digunakan di padded wall pada dinding untuk mengendalikan pantulan suara dan sistem insulasi suara (soundproofing) pada moving partition seperti gambar di bawah ini. Padded wall menggunakan material Acourete Fiber 100 sebagai isiannya, sedangkan sistem insulasi suara menggunakan Acourete Silent Wall yang berada di balik dinding.

Padded Wall pada listening room (Dokumen pribadi)

Padded wall dan sistem insulasi suara (Dokumen pribadi)

Listening Room (Dokumen pribadi)

Hasilnya

Owner puas dengan penggunaan material Acourete sebagai soundproofing dan bahan padded wall, karena benar-benar membuat kualitas akustik yang didengarkan sesuai dengan yang diharapkan. Satu customer lagi senang dengan pelayanan dan kualitas material dari Acourete.  Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

 

Up

Leave a Reply

Butuh Bantuan ?