Pengertian Gema

Gema (echo) adalah pantulan suara yang terdengar satu sampai dengan beberapa kali dengan jeda waktu tertentu dalam satu kurun waktu tertentu sampai suara tersebut akhirnya hilang. Gema menyebabkan manusia mendengarkan suara langsung dan suara gema berulang kali dalam periode waktu tertentu.

gema

Hal ini menciptakan bunyi suara yang bertumpuk – tumpuk. Suara yang bertumpuk dapat terdengar teratur atau terdengar berantakan. Gema kadang dibutuhkan untuk memberikan persepsi suara tertentu yang diinginkan oleh pemilik suara, akan tetapi gema yang tidak terkendali merupakan gangguan suara yang memberikan pengalaman buruk kepada pendengar.

Perlu diketahui bahwa gema (echo) dan dengung atau gaung (reverberation) adalah sesuatu yang berbeda. Gema adalah bunyi pantul yang terdengar beberapa saat setelah bunyi asli, sedangkan dengung adalah bunyi pantul yang terdengar sebagian bersamaan dengan bunyi asli. Selain itu gema dihasilkan dari dinding pantulan minimum berjarak 16,2m dari sumber suara, sedangkan dengung terjadi jika jarak dinding di bawah pantulan minimum yaitu berjarak kurang dari 16,2m dari sumber suara.

Permasalahan Gema di Gedung Serba Guna

Pada bulan Maret 2022 lalu, sebagai persiapan menyambut Hari Raya Paskah, Gedung Paroki Gereja Katolik Santo Yohanes Rasul memerlukan peningkatan kualitas akustik untuk menyelenggarakan banyak acara. Terdapat masalah akustik pada Gedung Paroki yaitu ruangan yang cukup menggema sehingga suara musik band dan ceramah menjadi tidak jelas. Oleh karena itu, salah satu umat gereja meminta bantuan tim Acourete untuk melakukan treatment gedung untuk mengurangi gema yang ada.

Gedung serba guna ini milik Gereja Katolik Santo Yohanes Rasul di daerah Kutoarjo, Jawa Tengah. Lokasinya cukup jauh dari kantor Acourete yang saat ini berada di Jakarta Pusat. Meskipun lokasinya jauh, hal ini tidak menghalangi tim untuk tetap membantu menyelesaikan permasalahan akustik tersebut.

Keterbatasan Projek

Terdapat beberapa keterbatasan yang menjadi tantangan tim Acourete dalam menyelesaikan permasalahan mengurangi gema pada gedung ini, diantaranya yaitu:

  1. Lokasi proyek yang cukup jauh, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan survei ke lokasi.
  2. Terdapat deadline yang cukup singkat.
  3. Budget yang ketat.

Untuk itu technical support yang Acourete tawarkan adalah:

  • Perhitungan RAB yang disesuaikan dengan anggaran klien.
  • Bisa dilakukan secara remote.
  • Menyediakan solusi gambar desain.
  • Membantu menyelesaikan problem akustik dengan deadline yang cukup singkat.

Pemasangan Panel Akustik untuk Mengurangi Gema

Proses treatment mengurangi gema pada Gedung Paroki ini cukup singkat. Setelah dijelaskan keluhan permasalahan akustik yang sedang dialami, tim Acourete meminta denah ruangan dan mencoba melakukan perhitungan sederhana dan menyimulasikannya. Digunakan Acourete Board 230 pada bagian langit-langit dan Acourete Perfowood pada bagian dinding gedung seperti gambar di bawah ini.

layout gsg paroki

Layout Pemasangan Panel Akustik di Gedung Paroki

Acourete Board 230 adalah bahan peredam suara dinding berpori yang berbentuk softboard. Material ini terbuat dari serat polyester yang dipadatkan dengan densitas 230kg/m3. Material ini memiliki panjang 1,2m lebar 0,6m dan tebal 9mm. Acourete Board 230 telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, bebas bahan beracun, dan aman terhadap risiko kebakaran karena tidak menyerap uap air.

Peredam gema

Acourete Board 230

Sedangkan Acourete Perfowood adalah interior akustik berlubang terbuat dari MDF. Acourete Perfowood cocok dipakai untuk mengatasi permasalahan akustik dan memperindah ruangan dengan nuansa kayu. Permukaan depan Acourete Perfowood diproses finishing dengan melamine dan bagian belakang unfinish dilapisi dengan kain akustik hitam. Lubang dengan ukuran dan jarak tertentu berfungsi sebagai peredam suara dengan prinsip Helmholtz Resonator. Acourete Perfowood memiliki karakteristik peredam suara yang beragam sesuai dengan diameter lubang dan jarak antara lubang.

Acourete Perfowood Panel akustik

Acourete Perfowood

Setelah dilakukan treatment akustik pada Gedung Paroki dengan pemasangan panel akustik Acourete Board 230 di area langit-langit dan Acourete Perfowood di area dinding, pengurangan gema cukup signifikan sehingga acara bisa berlangsung dengan lancar dan sukses.

Berikut foto-foto pemasangan Acourete Board 230 dan Acourete Perfowood pada ruangan.

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Unduh Company Profile kami secara gratis disini