Skip to main content
Auditorium HallUncategorized

Meredam Gema pada Gedung Dharma Negara Alaya

By 6 April, 2021Agustus 5th, 2021No Comments

GEDUNG DHARMA NEGARA ALAYA (BALAI BUDAYA BALI)

Gedung Dharma Negara Alaya merupakan fasilitas untuk proses kreatif masyarakat oleh Pemerintah Kota Denpasar. Gedung ini dibangun dengan tujuan untuk mengajak anak muda untuk aktif dalam proses kreatif. Dibangunnya Gedung Dharma Negara Alaya merupakan perwujudan dari ekonomi di era digital 4.0 yang sesuai dengan visi Kota Denpasar yang kreatif dan berbudaya. Selain itu untuk akses masuk ke dalam gedung ini gratis. Baik anak muda perseorangan maupun komunitas, bebas melakukan kegiatan kreatif di gedung ini.soundproofing

Gedung Dharma Negara Alaya (Sumber: Google)

PERMASALAHAN AKUSTIK (GEMA DAN KEBISINGAN)

Dalam mewujudkan tujuan awal dibangunnya gedung dan untuk meningkatkan konsentrasi anak muda dalam berkarya, maka ruangan pada gedung perlu memiliki kualitas akustik yang baik. Artinya, sebisa mungkin suara tidak bocor ke luar ruangan atau sebaliknya. Salah satu ruangan di dalam gedung ini akan digunakan sebagai multifunction hall, kegiatan di dalam ruangan diharapkan agar tidak mengganggu ruangan lainnya. Kemudian fungsi akustik diharapkan juga sesuai dengan standarnya. Sehingga, berdasarkan kondisi ini perlu dilakukan peredaman gema dan pengurangan kebisingan pada Gedung Dharma Negara Alaya.

sounproofing ruanganRuang Multifunction Hall pada Gedung Dharma Negara Alaya

SOLUSI PERMASALAHAN AKUSTIK (MEREDAM GEMA DAN KEBISINGAN)

Konsultan Akustik & AV dari pengerjaan Gedung Dharma Negara Alaya adalah Roi Purbaya dari Biro Audio, dan RACANA DESIGN sebagai perencana arsitektur menyarankan untuk mengurangi kebisingan pada ruangan adalah dengan menambahkan soundproofing pada dinding dan plafon, yang berfungsi untuk mengisolasi suara. Material soundproofing yang digunakan adalah Acourete Noise Armour yang dikombinasikan dengan Acourete Fiber 1000. Selain itu diperlukan penambahan material absorber atau penyerap yaitu Acourete Board, berfungsi sebagai treatment akustik terutama untuk meredam gema dalam ruangan. Berdasarkan pengalaman BUMD Bianglala Bali sebagai kontraktor, pemasangan produk material Acourete cenderung lebih mudah dan sederhana daripada produk peredam suara lain, sehingga mengakibatkan proses konstruksi akustik tidak membutuhkan waktu terlalu lama.

material insulasi suara tipis dan ampuh

Acourete Noise Armour

rockwool dinding peredam suara

Acourete Fiber

Peredam gema

Acourete Board 230

GALERI PROSES PEMASANGAN MATERIAL ACOURETE

Pemasangan Material Acourete pada Ruangan

Pemasangan Material Acourete Noise Armour pada Dinding Ruangan

BUMD Bianglala Bali sebagai kontraktor, RACANA DESIGN sebagai perencana arsitektur, dan Bapak Roi Purbaya sebagai konsultan akustik & AV sangat puas dengan produk Acourete yang telah dipasang pada ruangan. Material akustik Acourete dapat bekerja secara efektif dan maksimal untuk mengatasi permasalahan akustik seperti meredam gema dan mengurangi kebisingan pada ruangan. Tidak ada komplain dari pihak Gedung Dharma Negara Alaya.

Video perbandingan daya redam kebisingan akustik material Acourete vs. material peredam lain bisa dilihat di sini

Up

Leave a Reply

Butuh Bantuan ?