universal music indonesia

Sumber: Wikipedia

Universal Music Indonesia (sebelumnya bernama Suara Sentral Sejati dan PolyGram Indonesia) merupakan perusahaan rekaman yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 1987 dan dimiliki oleh Universal Music Group. Perusahaan ini telah menghasilkan beberapa penyanyi sukses di kancah musik Asia, seperti Tiara Andini dan Marion Jola. (Sumber: Wikipedia)

Terdapat banyak aspek yang perlu dipertimbangkan saat membangun sebuah studio rekaman, apalagi studio rekaman yang profesional seperti Universal Music Indonesia ini. Mulai dari bagaimana agar ruangan menjadi terinsulasi dengan baik, di mana suara dari luar ruangan tidak dapat masuk ke dalam ruangan, sehingga rekaman bersih dari kebisingan-kebisingan yang mengganggu. Kemudian, bagaimana agar suara di dalam ruangan tidak memiliki gema berlebih, yang akan membuat proses penyuntingan semakin sulit. Ruangan juga perlu dibuat nyaman dari segi pengudaraan dan juga pencahayaannya.

Nah, kali ini Acourete dipercaya sebagai penyuplai material peredam suara pada salah satu ruangan studio di Universal Music Indonesia. Material tersebut adalah Acourete Silent Wall yang digunakan sebagai sistem insulasi suara pada dinding ruangan.

Acourete Silent Wall adalah bahan insulasi suara bernilai STC 19 dengan massa yang besar, berfungsi untuk mengurangi kebisingan yang berpropagasi melalui udara. Acourete Silent Wall terbuat dari polyvinyl chloride (PVC) daur ulang beserta beberapa material lain dan resin halus. Produk ini memiliki densitas 1.750 kg/m3 dengan panjang 4.880 mm, lebar 810 mm dan tebal 2 mm, serta memiliki massa 15 kg, mudah dipotong dengan utility knife dan dipasang dengan stapler gun. Metode pemasangan yang termudah adalah dengan menempelkan Acourete Silent Wall pada gypsum dengan stapler gun lalu dipasang pada rangka.

Acourete Silent Wall peredam suara

Acourete Silent Wall

Salah satu contoh konfigurasi pemasangan peredam suara untuk sistem insulasi suara pada ruangan adalah seperti gambar di bawah ini. Acourete Noise Armour pada gambar ini, dapat digantikan dengan Acourete Silent Wall. Fungsi keduanya sama, yaitu untuk mem-block suara, agar suara tidak bocor masuk atau keluar ruangan.

konfigurasi pemasangan sistem insulasi suara pada dinding

Konfigurasi Sistem Insulasi Suara pada Dinding

Baca juga Cara Mengurangi Kebisingan yang Mengganggu dengan Insulasi Suara.

Acourete Noise Armour merupakan produk pengembangan dari material legendaris, Acourete Mat Resin 2A. Produk ini merupakan bahan insulasi suara premium viskoelastis massa besar yang dilengkapi dengan perekat. Massa besar terbukti efektif mengurangi kebisingan suara yang berpropagasi pada medium udara sehingga diperoleh performa insulasi suara yang sangat tinggi yaitu STC 24. Sifat viskoelastis efektif mereduksi kebisingan akibat getaran pada struktur dan dinding partisi dengan koefisien peredam getaran mencapai ƞ 0.14. Memiliki densitas sebesar 2.000 kg/m3 dengan dimensi panjang 1.000 mm, lebar 1.000 mm, dan ketebalan 2 mm. Dilengkapi perekat yang kuat membuat pemasangan cepat dan mudah pada dinding partisi serta tahan lama.

Acourete Noise Armour material peredam suara

Acourete Noise Armour

Dengan menggunakan peredam suara Acourete Silent Wall sebagai sistem insulasi suara pada ruangan, ruangan menjadi hening dan dapat merekam seluruh detail suara dari talent. Hasil pemasangan peredam suara Acourete Silent Wall pada Universal Music Indonesia dapat dilihat pada galeri ruang studio (listening and mixing room) di bawah ini.

peredam suara Acourete silent wall pada Universal Music Indonesia

peredam suara Acourete silent wall pada Universal Music Indonesia

peredam suara Acourete silent wall pada Universal Music Indonesia

peredam suara Acourete silent wall pada Universal Music Indonesia

peredam suara Acourete silent wall pada Universal Music Indonesia

Semoga bermanfaat!

Baca juga Pasang Peredam Suara, Tapi Kok Masih Bocor?

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

 

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Unduh Company Profile kami secara gratis disini