Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri mencatat bahwa jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai 273,87 juta jiwa pada 31 Desember 2021.

Jumlah Penduduk Indonesia Menurut Provinsi (Desember 2021)
Sumber : Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Februari 2022

Dari data tersebut dapat kita lihat bahwa dari 273 juta jiwa penduduk yang ada di Indonesia, 11,26 juta jiwanya berada di DKI Jakarta. Semakin padatnya penduduk di Jakarta yang mayoritas berasal dari pendatang, mengakibatkan kebutuhan tempat tinggal di sana juga semakin meningkat. Cukup banyak warga Jakarta yang berinvestasi membangun penginapan dan tempat tinggal seperti kost untuk pendatang. Aspek yang perlu diperhatikan sebelum membangun sebuah hunian adalah kenyamanan lingkungan, termasuk aspek kenyamanan akustiknya (tidak terganggu oleh kebisingan).

Awal Mei 2022, tim Acourete diminta oleh seorang pemilik kost di area Grogol, Petamburan, Jakarta Barat untuk membantu mengatasi permasalahan kebisingan akibat pipa pembuangan air. Pemilik kost ingin mencoba menggunakan peredam suara pipa dari Acourete untuk mengurangi kebisingan tersebut.

Permasalahan

Permasalahan utama dari kebisingan ini adalah pipa air yang berada atau dilewatkan di dalam kamar penghuni. Pipa air berada di pojok atas berbentuk L pada kamar berukuran kurang lebih 3×3 m2. Kamar berada di lantai 3 dimana air dari pipa berasal dari pembuangan cucian di lantai 4. Suara air dari pipa sangat berisik sehingga penghuni kamar tidak bisa tidur dengan nyaman.

pipa pembuangan air

Pipa Pembuangan Air Sebelum Dipasang Peredam Suara

Solusi

Setelah dilakukan survei dan perhitungan, tim Acourete memberikan 2 opsi solusi yang bisa dilakukan untuk mengurangi kebisingan akibat pipa pembuangan air.

1. Membuat kotakan selubung pada pipa air dengan menggunakan gypsum yang dilapisi dengan Acourete Silent Wall. Solusi ini efektif  mengurangi kebisingan tersebut. Namun, kelemahannya adalah perlu bongkar pasang pipa sehingga sedikit lebih rumit dan biaya juga akan lebih mahal.

Acourete Silent Wall – Material Insulasi Suara

2. Menyelubungi pipa air dengan menggunakan Soundlag 4525C. Kelebihan dari sistem ini adalah dapat cukup efektif mengurangi kebisingan akibat pembuangan air di pipa, juga tidak banyak mengeluarkan biaya.

Kenapa Memilih Soundlag?

Soundlag 4525C adalah produk insulasi suara sekaligus panas dengan performa tinggi yang lentur dan bermassa jenis tinggi. Soundlag dikembangkan untuk mengurangi kebisingan sistem pemipaan (piping), katup (valve), kipas (fan), dan saluran ventilasi (ducting). Soundlag hadir dengan lapisan decoupling dengan fungsi meredam rambatan getaran yang bertujuan mengurangi gangguan suara.

soundlag

Soundlag 4525C – Acoustic Pipe and Duct Lagging

Soundlag 4525C memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Performa akustik (insertion loss) 25,2 dB(A) (4525C)
  • Bekerja efektif pada temperatur dingin dan panas
  • Tidak berbau minyak dan tidak mengandung zat perusak ozon
  • Memenuhi Standard Tahan Api AS 1530.3
  • Terakreditasi dengan Standar Kontrol Kualitas ISO 9001
  • Mudah dipotong dan dipasang
  • Pilihan konsultan MEP dan akustik terkemuka internasional

Dari kelebihan tersebut, memang Soundlag 4525C pilihan yang tepat sebagai material peredam suara pipa air. Hal terpenting saat memilih material peredam suara untuk pipa adalah tahan terhadap temperatur dingin dan panas, serta tahan api. Syarat tersebut telah dipenuhi oleh Soundlag 4525C.

Pemasangan

Cara pemasangan Soundlag 4525C cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

1. Mengukur diameter dan panjang pipa.

2. Mengukur dan memotong Soundlag 4525C sesuai ukuran pipa.

3. Menempelkan Soundlag 4525C pada pipa dengan lem kuning secara menyelubung hingga tidak ada celah pada pipa dan dinding yang menempel.

4. Merapatkan dan merapikan Soundlag 4525C yang terpasang pada pipa.

5. Melapisi Soundlag 4525C yang terpasang pada pipa dengan lakban aluminium yang tahan air dan api.

6. Melakukan pengecatan ulang jika diperlukan.

Pipa Pembuangan Air Setelah Dipasang Peredam Suara

Hasil

Setelah dipasang material peredam suara pipa (Soundlag 4525C), suara atau kebisingan dari air pada pipa cukup berkurang yaitu lebih dari 50%-nya. Klien puas dengan pelayanan tim Acourete dan material peredam suara yang digunakan.

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Unduh Company Profile kami secara gratis disini