Skip to main content
PortfolioRuang Audio

Ruang AVI (Audiovisual) SMA Kolese Kanisius Jakarta

By 11 Mei, 2021Agustus 10th, 2021No Comments

KOLESE KANISIUS (CC- Canisius College)

Kolese Kanisius dengan akronim CC adalah lembaga pendidikan bernapaskan iman Katolik yang didirikan pada tanggal 1 Juli 1927, dengan seorang rohaniwan Yesuit, Pater Dr. J. Kurris SJ, sebagai direktur Kolese Kanisius yang pertama. Hingga kini Kolese Kanisius dikenal dengan lembaga pendidikan khusus laki-laki (Wikipedia). Kolese Kanisius berada di Jl. Menteng Raya No.64, RT.3/RW.9, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340. 

ruang audio visual

MOTIVASI PEMBANGUNAN FASILITAS RUANG AVI SARAT TEKNOLOGI

Lembaga pendidikan ini terdiri dari tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Demi peningkatan kualitas belajar di sekolah, Kolese Kanisius ingin memperbaiki ruangan AVI. Motivasi dan kriteria ruang AVI (audiovisual) dengan performa dan teknologi tinggi SMA Kolese Kanisius Jakarta adalah sebagai ruang ajar mengajar berbasis multi-media, sebagai ruang preview pelajaran pembuatan konten multi-media, dapat digunakan untuk ajar-mengajar online, mini-theater 7.1, dan recital musik akustik.

TAHAPAN PEKERJAAN DESAIN DAN PEMBANGUNAN

Pembangunan ruang ini dilakukan karena pada saat dilakukan proses belajar mengajar, suara bocor ke ruangan sebelahnya yaitu ruang kelas. Selain agar suara tidak bocor ke ruangan lain, ruangan AVI juga diharapkan memiliki interior yang secara Architectural Acoustics juga terpenuhi. Sehingga perbaikan akustik pada ruangan adalah untuk noise control (insulasi suara) dan secara Architectural Acoustics.

Proyek ini ditangani oleh beberapa pihak dengan interior designer adalah Matindas dari Davay DASVIDANIYA, konsultan akustik dari ALTA Integra, serta kontraktor oleh Ibu Niniek dari PT. Asela. Desain yang diajukan oleh konsultan akustik adalah menggunakan Acourete Noise Armour, Acourete Fiber, Gypsum, untuk konfigurasi insulasi dinding. Sedangkan untuk Architectural Acoustics perlu menambahkan Omnifusser dan QRD pada bagian dinding tertentu.

Acourete Noise Armour merupakan material insulasi suara premium viskoelastis massa besar yang dilengkapi dengan perekat. Massa besar terbukti efektif mengurangi kebisingan suara yang berpropagasi pada medium udara sehingga diperoleh performa insulasi suara yang sangat tinggi yaitu STC 24. Sifat viskoelastis efektif mereduksi kebisingan akibat getaran pada struktur dan dinding partisi dengan koefisien peredam getaran mencapai ƞ 0.14. Acourete Noise Armour hadir menjawab tantangan bangunan hijau dan sehat dengan mengganti material PVC menjadi material Termoplastik Elastomer-Olefin yang lebih baik dan aman. Acourete Noise Armour telah memenuhi standar bangunan hijau internasional masa kini.

 

material insulasi suara tipis dan ampuh

Acourete Noise Armour

Acourete Fiber adalah bahan peredam suara dengan densitas beragam mulai dari 300, 600, 800 dan 1000. Acourete Fiber terbuat dari anyaman serabut poly-propylene halus. Acourete Fiber memiliki kekuatan serap suara yang sama atau lebih baik dibandingkan bahan peredam lain yang tebalnya 10 kali lebih tebal. Berwarna putih dengan lebar 1,5m dan tebal mulai dari 3mm. Acourete Fiber telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, bebas bahan beracun, dan aman terhadap risiko kebakaran karena tidak menyerap uap air.

Acourete Fiber

Acourete Fiber

Acourete Soundfusser Treatment QRD7.2D adalah Quadratic Residue Diffuser dengan bilangan prima tujuh. Panel ini berkerja baik pada range 500 Hz – 4000 Hz dan menyebarkan suara secara vertical dan horizontal. Acourete Soundfusser Treatment QRD7.2D tersedia dalam satu ukuran 600 mm x 600 mm atau ukuran custom. Panel ini dibuat dari kayu MDF dan di finish menggunakan cat epoxy untuk mengurang penyerapan suara oleh material MDF.

Acourete Soundfusser 2D

Acourete Soundfusser 2D

Acourete Soundfusser QRD7

GALERI HASIL PERBAIKAN AKUSTIK PADA RUANGAN

Berdasarkan hasil desain dan pembangunan akustik yang pada ruangan, semua pihak puas dengan produk Acourete yang telah dipasang pada ruangan. Material akustik Acourete dapat bekerja secara efektif dan maksimal untuk mengatasi permasalahan akustik seperti meredam gema dan mengurangi kebisingan pada ruangan. Tidak ada komplain dari pihak Kolese Kanisius.

Up

Leave a Reply

Butuh Bantuan ?