Perbandingan Daya Redam Kebisingan Akustik Material Acourete dengan Material Lainnya

Table of Contents

Daya redam setiap material akustik berbeda-beda tergantung bahan dasar material tersebut. Penggunaan material tersebut juga perlu disesuikan kebutuhan ruangan. Telah kita ketahui bahwa suara yang mengganggu disebut juga sebagai kebisingan atau yang biasa kita kenal sebagai noise. Kebisingan dapat dikurangi dengan memasang material peredam akustik pada elemen ruangan yang terpapar.  Tentunya tidak sembarang material akustik yang dapat digunakan untuk meredam secara efektif, karena terdapat beberapa jenis material yang tersedia di pasaran. Penggunaan material juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan elemen ruangan, jangan sampai salah.

Selama ini yang kita dengar adalah peredam suara, padahal penyebutan “peredam suara” kurang tepat. Sebenarnya terdapat dua jenis material yang lebih tepat untuk menggantikan istilah “perdam suara”, yaitu material penyerap suara dan insulasi suara. Seperti namanya material penyerap, berarti material tersebut berfungsi untuk menyerap kebisingan dari dalam ruangan. Sedangkan material insulasi suara berarti material difungsikan sebagai pencegah (block) kebisingan agar suara tidak keluar atau masuk ruangan. Nilai densitas atau kerapatan dari suatu material dapat berpengaruh terhadap kinerja pengendalian kebisingan dari suatu material. Semakin tinggi nilai densitas material, maka semakin baik pula material tersebut menginsulasi ruangan dari kebisingan.

Agar material bisa dipilih dengan tepat, maka kami telah melakukan pengukuran pengurangan dB dari beberapa material. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan box demo dengan gangguan white noise dan diukur menggunakan sound level meter untuk mengukur pengurangan dB-nya. Kondisi awal pada box demo dengan tambahan white noise adalah 85,3 dB.

Sebelum melangkah lebih jauh mari kita klasifikasikan jenis material yang diuji terlebih dahulu. Rockwool, Greenwool, dan Acourete Fiber termasuk dalam material penyerap suara. Sedangkan Acourete Noise Armour dan Acourete Silent Wall termasuk dalam material insulasi suara.

Perbandingan Daya Redam Suara

Kami telah membandingkan daya redam kebisingan akustik antara material-material yang ada. Berikut ini hasil perbandingannya,

 

Hasil pengukuran menunjukkan bahwa pengurangan dB paling besar adalah dengan menggunakan material Acourete Noise Armour dan Acourete Silent Wall, yaitu sebesar 20,3 dB.

Material penyerap suara yang paling rendah mengurangi kebisingan adalah Greenwool. Dapat kita lihat pula bahwa Rockwool juga memberikan penurunan dB hampir sama dengan Acourete Noise Armour dan Acourete Silent Wall, namun Rockwool memiliki kelemahan yaitu memiliki ketebalan yang tinggi dan memiliki efek gatal di permukaan kulit. Acourete Noise Armour dan Acourete Silent Wall memiliki keunggulan dengan penampang yang tipis sehingga selain dapat mengurangi kebisingan akustik juga dapat menghemat ruang konstruksi.

Acourete Fiber merupakan alternatif pengganti Rockwool. Berdasarkan data pengukuran yang telah dilakukan, nilai pengurangan dB dari Rockwool memang lebih besar dari pada Acourete Fiber, namun Acourete Fiber memiliki keunggulan yaitu lebih tipis, tahan air, tahan api.

Kami membuat video mengenai perbandingan daya redam kebisingan akustik material Acourete dengan material lainnya agar dapat memberikan penjelasan secara mudah. Lihat videonya di sini!

Jika Anda ingin membangun studio musik bisa langsung isi form di bawah ya. Kami akan siap membantu berdiskusi dengan solusi-solusi terbaik. Salam Akustik!

 

Penulis: Ni’ma Rosyidah

25 Agustus 2020

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini