Skip to main content
Whitepaper

Mengatasi Gema pada Ruangan dengan Peredam Suara

By 12 November, 2020Agustus 5th, 2021No Comments

Mengatasi Gema dengan Metode Menghitung Resonansi Ruangan

Peredam Suara untuk Mengatasi Gema dan Cara Menghitung Resonansi pada Ruangan.

Mengatasi gema pada ruangan penting untuk membuat kualitas suara ruangan menjadi lebih baik sesuai fungsinya. Ada beberapa tahap untuk menghitung resonansi ruangan. Setelah mendapatkan dimensi ruang dengar yang ideal, tahap selanjutnya adalah mengukur gema dari ruang dengar dan menetralisir gema ruang dengar. Setiap ruangan memiliki gema dengan karakteristik gema yang berbeda dengan yang lain. Karakter gema pada ruangan ditentukan atas tiga parameter yaitu: level gema, waktu gema, dan frekuensi gema.

Jika ingin membuat ruang dengar dengan akustik yang baik, kita harus mampu menerapkan komposisi akustik treatment yang tepat. Sehingga kita mendapatkan ruangan dengan level gema, waktu gema, dan frekuensi gema yang flat pada tiap tingkatan frekuensi. Ruangan dengan tingkat gema yang pas akan memberikan nuansa ruang live music yang baik apabila kita memahami beberapa aspek di bawah ini.

1. PEMAHAMAN RT60 (Reverberation Time)

Ada beragam metode pengukuran waktu gema tetapi yang paling sering digunakan adalah Reverberation Time 60dB yang lebih dikenal dengan istilah RT60. Definisi RT60 adalah waktu (detik) yang dibutuhkan untuk suara melemah sebanyak 60dB.

Untuk membuat ruangan dengan hasil akustik yang baik kita perlu menghitung:
(1) Besaran gema (RT60) rata – rata pada ruangan (detik)
(2) Besaran gema (RT60) pada frekuensi tertentu (detik)

Waktu gema yang ideal (RT60) untuk ruang dengar dengan volume 10m3 adalah 0,9 detik dan 500m3 adalah 1,4 detik. Jika angka (RT60) ruang jauh lebih kecil dari angka patokan di atas kita akan merasakan ruangan yang cenderung mati (dead room) atau jika angka (RT60) ruang jauh di atas angka patokan, kita akan merasakan ruang yang terlalu bergema.

Misalnya Anda memiliki ruangan dengan ukuran 29m3 maka ideal nya waktu gemanya (RT60) adalah 1,15 detik. Tetapi jika ruangan tersebut memiliki waktu gema (RT60) sebesar 1,7 detik maka ruangan tersebut membutuhkan material serap suara. Atau sebaliknya jika pada ruangan tersebut memiliki waktu gema (RT60) sebesar 0,7 detik maka ruangan tersebut dapat kita sebut sebagai dead room dimana pada ruang tersebut banyak terdapat material serap suara.

2. RUMUS PERHITUNGAN RT60

Setiap material memiliki karakter serap dan pantul yang berbeda untuk frekuensi yang berbeda. Misalnya material semen cenderung untuk memantulkan nada tinggi dan untuk nada rendah di teruskan. Sedangkan karpet cenderung untuk menyerap nada tinggi dan meneruskan nada rendah. Sering saya melihat orang membuat ruang studio atau ruang audio dengan memasang karpet di lantai dan dinding. Ruang seperti ini cenderung untuk memberikan efek suara yang “boomy” (dengung) dengan detail suara yang tidak baik.

Rumus perhitungan RT60 adalah sebagai berikut:

RT60 = (0,161 x V) / (A x S)

V = volume ruangan (m3)
A = luas permukan material (m2)
S = koefisien serap material (m/detik)

3. CONTOH PERHITUNGAN RT60

Berikut contoh soal perhitungan frekuensi gema ruang dengar. Jika kita mempunyai ruang dengar dengan dimensi:

Panjang 6,6m; Lebar 4,8m; Tinggi 2,4m

Permukaan lantai: Beton
Permukaan dinding: Semen
Permukaan plafon: Semen

Berdasarkan data di atas, hal yang pertama kita lakukan adalah menghitung volume ruangan tersebut.
Untuk menghitung volume ruangan rumus nya adalah: panjang x lebar x tinggi.
Maka kita dapat perhitungan volume ruang = 6,6m x 4,8m x 2,4m = 76,032m3

Langkah kedua adalah menghitung luas masing – masing permukaan tiap bahan yang ada dalam ruangan. Pada contoh soal ini kita perlu menghitung luas total permukaan beton dan luas total permukaan semen.
Luas total permukaan beton = (6,6 x 4,8) = 31,68m2
Luas total permukaan semen = luas total dinding + luas plafon = 2(6,6 x 2,4) + 2(4,8 x 2,4) + (6,6 x 4,8) = 86,40m2

A. Data Material dan Tabel Perhitungan

Dari data di atas mari kita buat tabel perhitungan sebagai berikut:

Keterangan perhitungan:
1. S125, S250, S500, S1000, S2000, S4000 adalah koefisien serap material (semen/beton) pada frekuensi 125Hz, 250Hz, 500Hz, dan selanjutnya.

2. S125 x A adalah koefisien serap 125 Hz dikali dengan luas bidang serap. Dari tabel diatas S125 x A untuk bahan beton = 0,317

3. RT60 untuk frekuensi tertentu di ruangan didapat dari angka 0,161 x volume ruang di bagi dengan total S x A. Dari tabel di atas kita dapatkan RT60 untuk frekuensi 125 Hz adalah 0,482 detik.

4. Apabila seluruh angka sudah di hitung dengan baik maka kita dapat membuat tanggapan frekuensi ruangan tersebut menjadi seperti contoh di bawah ini.

 

A2. Grafik frekuensi gema sebelum treatment

Grafik A2. memberikan gambaran:
1. Pada frekuensi 1000 Hz gema (RT60) berlangsung selama 2,993 detik dan gema pada frekuensi 125 Hz selama 0,482 detik. Hal ini menyebabkan selisih fase dan selisih waktu untuk suara pada frekuensi 125Hz dan pada frekuensi 1000Hz. Faktor negatif untuk hal diatas adalah rusaknya stereo imaging suara serta kenyaman dalam menyimak dialog ataupun musik menjadi berkurang.
2. RT60 rata – rata sebesar 1,776 detik. Dimana angka tersebut di atas dari angka RT60 yang ideal yang dianjurkan untuk ruang tersebut.

B. Langkah Treatment Akustik

Untuk mendapatkan RT60 yang ideal kita perlu melakukan:
1. Mengurangi RT60 sampai dengan angka yang ideal untuk ruangan dengan volume di atas
2. Mengurangi RT60 pada frekuensi 1000 Hz dengan kombinasi material akustik yang tepat

C. Hasil Treatment Akustik yang Ideal

Setelah dianalisa dan dihitung dengan cermat maka di pilihlah material akustik dengan komposisi:

  1. Lantai Karpet dengan luas permukaan bidang 31,68m2
  2. Dinding dan plafon MDF dengan luas permukaan bidang 76,40m2
  3. Panel Acourete Fiber dengan luas permukaan bidang 10m2

Mari kita lihat perbedaannya dengan membuat tabel perhitungan dan grafik seperti dibawah ini.

B2. Grafik frekuensi gema setelah treatment

Grafik B2. garis warna merah jambu menggambarkan waktu gema (RT60) ruangan sebelum treatment pada tingkatan frekuensi yang berbeda. Garis biru tua menggambarkan waktu gema (RT60) ruangan yang telah ditreatment.

Dari grafik di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa:

  1. RT60 rata – rata ruang telah berkurang dari 1,776 menjadi 0,426
  2. Grafik RT60 untuk tiap tingkatan frekuensi menjadi lebih landai berkisar antara 0,3 – 0,6 detik di banding grafik sebelumnya antara 0,4 – 2,5 detik.

Demikian artikel ringkas mengenai Peredam suara untuk mengatasi gema pada ruangan : Room Reverberation Time dan perhitungan gema ruangan RT60 beserta contoh soal cara mengatasi masalah tersebut. Semoga tulisan yang sederhana ini dapat berguna bagi pe-hobby, praktisi, dan pembaca pada umumnya.

Untuk konsultasi gema ruangan dan bahan peredam suara, silakan hubungi kami atau isi form berikut ini :

Up

Leave a Reply

Butuh Bantuan ?