High End Audio Acoustics Panel – Jakarta

Permasalahan Akustik pada Ruang High End Audio

Erik Suryatenggara adalah seorang dokter gigi dan juga penggemar high end audio yang sangat berdedikasi. Erik sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencari produk yang baik, pengetahuan, dan saran dari beberapa pemain audio senior.

Masalah selanjutnya yang ditemui beliau adalah permasalahan akustik pada ruang dengar tersebut berupa resonansi dan gangguan kebisingan. Setelah mencari informasi ke beberapa sumber, akhirnya Erik menghubungi ACOURETE sebagai produsen dan suplier peredam suara terbaik di Indonesia untuk mengatasi permasalahan akustik di ruangan tersebut.

Kondisi Ruang Audio pada Saat Pengukuran

ANALISA KEBUTUHAN
Mengurangi suara kebisingan akibat mesin outdoor air conditioner. Bertepatan pada speaker kanan terdapat jendela yang di luarnya terdapat mesin outdoor air conditioner yang dihidupkan selama 24 jam. Suara mesin outdoor AC ini cukup mengganggu alunan suara musik.

jendela sumber noise

Mengatasi Resonansi Pada Ruangan Audio

Masalah utama yang selalu terjadi pada ruangan audio dengan ukuran kecil adalah resonansi. Untuk itu kami melakukan pengukuran dengan menggunakan pink noise dan memberikan hasil pengukuran sebagai berikut.

grafik pengukuran akustik

grafik pengukuran akustik2

Dari grafik di atas terlihat adanya peak resonansi pada frekuensi 63Hz dan 80 Hz dan cancelation resonansi pada frekunsi 50 Hz dan 100 Hz.

SOLUSI DESAIN

Solusi Kebisingan
Untuk mengatasi masalah kebisingan, pada jendela ditempelkan Acourete Noise Armour di posisi bukaan jendela dan kaca. Hal ini dikarenakan adanya suara dari getaran di kaca dan posisi bukaan yang tidak rapat.

Acourete Noise Armour merupakan produk pengembangan dari material legendaris, Acourete Mat Resin 2A. Produk ini merupakan bahan insulasi suara premium viskoelastis massa besar yang dilengkapi dengan perekat. Massa besar terbukti efektif mengurangi kebisingan suara yang berpropagasi pada medium udara sehingga diperoleh performa insulasi suara yang sangat tinggi yaitu STC 24. Sifat viskoelastis efektif mereduksi kebisingan akibat getaran pada struktur dan dinding partisi dengan koefisien peredam getaran mencapai ƞ 0.14.

Acourete Noise Armour memiliki densitas sebesar 2.000 kg/m3 dengan dimensi panjang 1.000 mm, lebar 1.000 mm, dan ketebalan 2 mm. Dilengkapi perekat yang kuat membuat pemasangan cepat dan mudah pada dinding partisi serta tahan lama.

Acourete Noise Armour hadir menjawab tantangan bangunan hijau dan sehat dengan mengganti material PVC menjadi material Termoplastik Elastomer-Olefin yang lebih baik dan aman. Acourete Noise Armour telah memenuhi standar bangunan hijau internasional masa kini.

Solusi Resonansi
Untuk mengatasi masalah resonansi kami mendesain beberapa panel yang memiliki fungsi sebagai bass trap dan diffuser. Berikut adalah gambar preview 3 dimensi desain panel akustik guna mengatasi permasalahan resonansi pada ruang dengar tersebut.

design panel akustik

PELAKSANAAN

Masalah
Dalam menyelesaikan permasalahan akustik ini, Acourete bekerja sama dengan salah satu aplikator di Jakarta. Masalah yang dihadapi saat pelaksanaan proyek ini adalah pekerjaan yang dilakukan di dalam ruangan apartemen dalam tempo satu minggu. Sehingga efisiensi waktu sangatlah penting, kami membagi beberapa item yang dapat dikerjakan di workshop dan membedakan pekerjaan yang dilakukan on-site. Selain masalah waktu, juga adanya syarat dari manajemen apartemen yang mengharuskan kerapian, kebersihan pada areal apartemen, serta tidak adanya komplain dari para tetangga dan merusak fasilitas gedung. Untuk hal ini tidak menjadi permasalahan karena para pekerja dari aplikator sangatlah teliti dan apik dalam melaksanakannya.

Berikut adalah beberapa foto dokumentasi kami pada saat melakukan pekerjaan tersebut.

Pemasangan peredam suara pada ruangan audio

Pola pemasangan Acourete Board dan Acourete Sinewave dengan posisi silang diharapkan membuyarkan suara resonansi dan meredamnya.

Jika Anda ingin membangun studio musik bisa langsung isi form di bawah ya. Kami akan siap membantu berdiskusi dengan solusi-solusi terbaik. Salam Akustik!

Bagikan Portofolio :

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
WhatsApp
Email

Unduh Company Profile kami secara gratis disini