Peredam Suara Studio Musik Rajawali – Acourete Silent Wall & Acourete Fiber

Bermusik adalah suatu aktivitas yang digemari banyak orang di Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan hanya sekadar berhobi, mengisi waktu luang, hingga dijadikan sebuah profesi. Sudah banyak pula yang pada akhirnya membangun studio musik pribadi di rumah untuk merealisasikan skill atau kemampuan bermusiknya. Tentunya, untuk membangun sebuah studio musik tidak boleh sembarangan jika diinginkan kualitas ruangan yang baik. Apabila perlu, proses pembangunan studio musik harus didampingi oleh profesional akustik.

Pada awal tahun 2024 lalu, klien Acourete yang berada di kawasan Rajawali membuat sebuah studio musik di tempatnya. Mereka menginginkan kualitas akustik yang bagus pada studio musik tersebut. Oleh karena itu, mereka menggunakan material peredam suara dari Acourete. Pemilik studio menggunakan paduan peredam suara antara Acourete Silent Wall dan Acourete Fiber sebagai sistem insulasi suaranya. Sistem insulasi suara berfungsi untuk mengatasi kebocoran suara dari atau ke luar ruangan. Harapannya, dengan memasang peredam suara studio musik, maka tidak ada kebisingan atau suara yang mengganggu saat proses rekaman berlangsung, begitu juga sebaliknya, suara kebisingan dari dalam studio musik tidak mengganggu ruangan di sebelahnya.

Pemasangan peredam suara pada studio musik tipe insulasi suara ini dipasang pada dinding ruangan. Agar ruangan terinsulasi suara dengan baik, memang sebaiknya langit-langit ruangan juga dipasangkan peredam suara. Hal ini tergantung preferensi masing-masing pemilik ruangan ya, Sobat Akustik!

Pada gambar di bawah ini merupakan foto pemasangan material peredam suara tipe penyerap suara, Acourete Fiber 1000.

Acourete Fiber adalah bahan peredam suara terbaik dengan ketebalan beragam mulai dari 6mm, 8mm, dan 10mm dan densitas 100-150kg/m³. Acourete Fiber terbuat dari anyaman serabut poly-propylene halus. Acourete Fiber memiliki kekuatan serap suara yang sama atau lebih baik dibandingkan bahan peredam lain yang tebalnya 10 kali lebih tebal. Berwarna putih dengan lebar 1,5m dan tebal mulai dari 3mm. Acourete Fiber telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, bebas bahan beracun, dan aman terhadap risiko kebakaran karena tidak menyerap uap air.

Acourete Fiber peredam suara studi musik bagian dinding

Acourete Fiber terpasangan pada kerangka dinding ruangan studio musik

Kemudian, lapisan selanjutnya adalah lapisan insulasi suara mass loaded vinyl, Acourete Silent Wall.

Acourete Silent Wall adalah bahan insulasi suara dengan massa yang besar, berfungsi untuk mengurangi kebisingan yang berpropagasi melalui udara. Acourete Silent Wall ramah lingkungan, karena terbuat dari Polyvinyl Chloride (PVC) yang telah didaur ulang sehingga membantu dalam reduksi carbon footprint . Selain itu juga terbuat dari campuran beberapa material lain dan resin halus.

Acourete Silent Wall hadir dalam dua tipe, SW-12 dan SW-20. Produk ini memiliki densitas 1750 kg/m³ dengan panjang 10000 mm, lebar 940 mm dan tebal 1,2 mm untuk tipe SW-12 serta nilai STC 19. Sedangkan untuk tipe SW-20 memiliki densitas 1800 kg/m³ dengan panjang 5000 mm, lebar 940 mm dan tebal 2 mm dengan nilai STC 23. Mudah dipotong dengan utility knifeuntuk metode pemasangan yang termudah adalah dengan menempelkan Acourete Silent Wall pada gypsum dengan stapler gun lalu dipasang pada rangka.

Acourete Silent Wall hadir menjawab tantangan bangunan hijau dan sehat dengan mengurangi carbon footprint  dalam proses produksinya. Acourete Silent Wall telah memenuhi standar bangunan hijau internasional masa kini.

Acourete Silent Wall peredam suara studio musik

Acourete Silent Wall terpasang pada dinding terluar studio musik

Setelah kedua material peredam suara tersebut selesai dipasang, maka langkah selanjutnya adalah menutup lapisan dinding dengan gypsum atau GRC seperti gambar foto di bawah ini.

Setelah dipasang material peredam suara pada studio musik, kebisingan cukup berkurang banyak. Dengan memilih dan memasang peredam suara yang tepat dan sesuai peruntukannya, Sobat Akustik akan dapat mewujudkan ruangan impian Anda dengan benar.

Kami telah membuat buku “Teori & Aplikasi Akustika Bangunan”, termasuk di dalamnya ada rekomendasi-rekomendasi sistem insulasi suara (cara meredam kebisingan) yang tepat untuk ruangan Anda. Silakan unduh e-book-nya secara GRATIS di 

Kami juga telah membuat self learning online course-nya secara lengkap. Anda bisa langsung mendaftarkan diri di sini.

Silakan segera mendaftar sebelum habis periode diskonnya!

Apabila ada permasalahan yang belum tercantum di buku ini, penjelasan yang belum cukup jelas, atau pertanyaan lain, silakan hubungi kami. Kami selalu hadir membantu sesuai landasan kami saat mendirikan perusahaan ini, yaitu selalu memberikan yang terbaik dengan semangat kerja revolusioner.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

17 April 2024

Bagikan Portofolio :

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
WhatsApp
Email

Unduh Company Profile kami secara gratis disini