SOUND-PROOFED vs. SOUND INSULATION. Apa Beda Keduanya?

Table of Contents

Kita sering mendengarkan istilah Ruang Kedap Suara (Sound-proofed Room) dan Ruang Insulasi Suara (Sound Insulated Room), apa perbedaannya?

Mana yang sebenarnya lebih tepat diucapkan?

Baiklah, langsung saja kita bahas satu persatu ya, Sobat Akustik!

Ruang Insulasi Suara (Sound Insulated Room)

Insulasi suara secara umum bisa dikatakan sebagai alat insulasi atau penyekat suara dari satu ruang ke ruang lain. Ruangan yang terinsulasi belum tentu akustiknya bersifat mati (dead), di dalam ruangan tersebut masih ada pantulan-pantulan gelombang suara ke dinding, sehingga suara dapat memiliki ambient yang hidup (live), ambience yang netral (neutral), atau nuansa (suasana) yang terdifusi (diffused). Insulasi suara pada sebuah ruangan berfungsi ganda yaitu mengendalikan kebocoran suara dari luar ruangan masuk ke dalam ruangan dan sebaliknya.

Ruang Kedap Suara (Sound-proofed Room)

Ruang kedap suara (Sound-proofed Room) memiliki definisi yang berbeda dengan ruang insulasi suara. Selain suara tidak dapat keluar dan masuk dari dalam ruangan, akustik di dalam ruangan juga bersifat mati (dead). Ruangan akan memiliki sifat akustik yang mati ketika hampir seluruh permukaan ruangan menyerap suara dan tidak dipantulkan kembali.

Apa itu Peredam Suara?

Seringkali kita mendengar istilah peredam suara dalam dunia per-akustik-an. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan peredam suara?

Bahan Peredam Suara: menurut KBBI, meredam berarti mengurangi atau menghilangkan. Jadi pengertian secara umum Bahan Peredam Suara yang kami maksud pada buku ini adalah sebuah bahan atau gabungan bahan yang berfungsi untuk mengurangi gangguan suara.

Dan karena ada tiga metode peredaman suara yang bekerja dengan cara berbeda maka maka kami mendetailkan menjadi (1) bahan penyerap suara, (2) bahan insulasi suara, dan (3) bahan peredam getaran. Mari kita lihat perbedaan masing-masing bahan tersebut.

1.Bahan Penyerap Suara

Penyerap suara secara umum dapat dibilang alat penyerap suara yang berfungsi untuk menyerap pantulan suara yang membentur sebuah permukaan. Bahan penyerap suara umumnya menggunakan material yang berpori, massa jenis rendah, dan empuk atau lunak ketika ditekan. Bahan penyerap suara lebih tepat digunakan untuk mengurangi gema di dalam ruangan sehingga suara yang terdengar di ruangan tersebut lebih jelas.

sound-proofed vs. sound insulation

Material penyerap suara Acourete dapat kalian lihat di sini.

2. Bahan Insulasi Suara

Insulasi suara merupakan upaya dalam mencegah kebocoran suara baik dari dalam keluar ruangan maupun dari luar ke dalam ruangan. Karakteristik bahan yang digunakan untuk menginsulasi suara adalah padat dan memiliki densitas yang tinggi.

sound-proofed vs. sound insulation

Material insulasi suara Acourete dapat kalian lihat di sini.

3. Bahan Peredam Getaran

Salah satu karakteristik perambatan suara adalah mampu menggetarkan struktur bangunan. Untuk menangani kondisi seperti ini maka diperlukan material peredam getaran yang umumnya bersifat viskoelastik

sound-proofed vs. sound insulation

Material peredam getaran Acourete dapat kalian lihat di sini.

Kesimpulan

Kedap suara (sound-proofed) dan insulasi suara (sound insulation) merupakan hal yang cukup berbeda. Jika kalian ingin membuat ruangan tanpa adanya kebocoran suara baik dari dalam ruangan maupun dari luar ruangan, namun masih memiliki fungsi akustik yang baik (live), maka kalian perlu membuat ruangan dengan material insulasi suara. Sedangkan untuk material peredam suara, memiliki beberapa jenis termasuk material insulasi suara. Jangan sampai salah lagi ya!

Baca juga “5 Tips Memilih Peredam Suara yang Tepat untuk Ruanganmu”.

Kami telah membuat buku yang membahas tentang kebisingan dan cara mengatasinya. Mulai dari kebisingan dari air hujan, lalu lintas, berisik langkah kaki, getaran dari rel kereta api, kebisingan pipa air dan mesin HVAC, serta kebisingan lainnya. Silakan unduh e-book “Teori & Aplikasi Akustika Bangunan” by Acourete secara GRATIS di sini.

Apabila ada permasalahan yang belum tercantum di buku ini, penjelasan yang belum cukup jelas, atau pertanyaan lain, silakan hubungi kami. Kami selalu hadir membantu sesuai landasan kami saat mendirikan perusahaan ini, yaitu selalu memberikan yang terbaik dengan semangat kerja revolusioner.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

Published: 9 Oktober 2023

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini