Skip to main content
TechnicalWhitepaper

Strategi Desain Mengurangi Kebocoran Suara pada Ruangan

By 9 Mei, 2022No Comments

Menurut data Technology and Evaluation Lab di Uni Eropa, kebisingan dari kereta api dan jalan raya menyebabkan setidaknya 50.000 kasus serangan jantung per tahun dan 200.000 penyakit kardiovaskular. Hal ini karena, kebisingan dapat mengaktifkan hormon dan syaraf tanggapan yang dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Selain itu, kebocoran suara pada ruangan (kebisingan) juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Kali ini kami akan membahas strategi desain menginsulasi suara agar tidak terjadi kebocoran suara, karena kebocoran suara ini dapat menimbulkan kebisingan suara pada ruangan. Sayangnya, pada kenyataannya lebih dari 90% pembuatan insulasi suara pada ruangan baru mengalami kegagalan, karena: 

  1. Menganggap sumber suara sama saja, dan dengan memasangkan peredam suara pada dinding, suara otomatis akan terisolasi. Padahal menginsulasi sumber suara percakapan dengan suara langkah kaki membutuhkan strategi desain yang berbeda.  
  2. Setiap kondisi ruangan membutuhkan strategi desain insulasi suara yang berbeda, misalnya ruangan di atas tanah membutuhkan desain insulasi suara yang berbeda dengan ruangan di lantai 3 dengan struktur lantai kayu.   
  3. Menganggap peredam suara berfungsi ganda dapat berfungsi sebagai desain insulasi suara sekaligus penyerap suara. Pada kenyataan kedua fungsi tersebut membutuhkan desain dan material yang berbeda.  
  4. Kurang memahami perbedaan kebisingan yang disebabkan oleh kebocoran suara melalui medium udara (air-borne), melalui medium padat (structure-borne) atau akibat benturan pada medium padat bangunan (impact noise).

Singkatnya dapat dikatakan kegagalan terjadi karena dalam mendesain dan memasang insulasi suara dilakukan secara intuitif dan coba-coba, bertanya kepada orang yang kurang mengerti, atau mencari informasi di internet akan tetapi karena ketidak-tahuannya tidak mempertimbangkan informasi nomor 1 sampai nomor 4.

Pengertian Airborne, Structure-Borne Noise dan Impact Noise

Airborne-noise adalah suara yang merambat melalui udara namun energi mekanik gelombang suara  tersebut tidak cukup kuat untuk dapat menggetarkan struktur bangunan, jadi suara menembus partikel material penghalangnya melalui udara. Ciri sumber suara yang menyebabkan air-borne noise adalah tingkat tekanan sumber suara di bawah 90 dB dan tidak mengandung frekuensi rendah di bawah 100 Hertz. Contoh dari airborne-noise adalah suara perbincangan, suara televisi, suara pesawat terbang, dan lain-lain.

Penjelasan Air-borne terlihat pada gambar di bawah ini. Sebut saja sumber suara yang tidak menghasilkan getaran, hanya menghasilkan suara (noise) yang merambat melalui udara. Suara yang terdengar oleh orang yang berada di luar ruangan terjadi ketika gelombang suara yang dihasilkan oleh noise tersebut energi partikelnya dapat melalui dinding pembatas namun energi partikel tersebut tidak cukup kuat untuk menggetarkan struktur bangunan.

Air-borne Noise

Air-borne Noise

Structure-borne noise adalah suara yang merambat melalui udara namun energi mekanik gelombang suara  tersebut cukup kuat untuk dapat menggetarkan struktur bangunan, jadi suara menembus partikel material penghalangnya melalui udara bersama dengan getaran suara yang diradiasikan melalui struktur bangunan. Ciri sumber suara yang menyebabkan structure-borne noise adalah tingkat tekanan sumber suara di atas 90 dB dan mengandung frekuensi rendah di bawah 100 Hertz. Contoh dari kasus perambatan suara melalui structure-borne adalah sebagai berikut: Suara berfrekuensi rendah yang merambat melalui udara lalu menggetarkan struktur bangunan: suara subwoofer audio system, suara kick drum, suara mesin dengan tekanan suara pada frekuensi rendah yang kuat. Lihat 3 Tips Mudah Mendeteksi Adanya Structure Borne Noise pada Bangunan.

Penjelasan Structure-borne Noise terlihat pada gambar di bawah ini. Sumber suara dengan tekanan suara pada low frekuensi yang kuat menggetarkan structure bangunan sehingga selain kebocoran suara melalui air-borne, terdengar juga radiasi gelombang suara yang ditimbulkan dari struktur bangunan yang bergetar. 

Structure-borne Noise

Structure-borne Noise

Impact-noise adalah suara yang disebabkan oleh kontak mekanis yang berupa gesekan atau tumbukan dua buah benda pada struktur dan merambat ke ruangan lainnya. 

  1. Benturan benda padat pada permukaan bangunan: langkah kaki, sport & gym.
  2. Benda bergetar yang menempel pada  permukaan bangunan: mesin, kompresor AC, kereta api, jalan raya, dan lain-lain.

Contoh dari impact-noise adalah suara langkah kaki, suara impact dari gym, impact getaran kereta api atau kendaran berat, getaran mesin yang dipasangkan ke struktur bangunan, getaran aliran air pada saluran pipa, dan lain-lain.

impact noise

Impact Noise

Penjelasan Impact Noise terlihat pada gambar di atas adalah permukaan sepatu yang keras membentur lantai menghasilkan getaran yang merambat ke struktur di ruangan sebelah. Rambatan getaran tersebut kemudian diradiasikan sebagai gelombang suara ke dalam ruangan di sebelahnya. 

Untuk dapat merancang sistem insulasi suara yang efektif, kita perlu memahami apakah kebocoran suara yang terjadi adalah: 

1.Air-borne Noise Saja

Apabila kebocoran suara yang terjadi hanya air-borne, maka strategi desain best practice untuk mengatasi air-borne noise dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Desain Praktik Terbaik untuk Insulasi Airborne

Desain Praktik Terbaik untuk Insulasi Airborne

Jika ada suara bocor dikarenakan air-borne maka strategi desain yang harus dilakukan adalah dengan memberikan insulasi pada selubung ruangan agar suara tidak masuk dan keluar ruangan. Suara juga bisa diserap dari dalam ruangan menggunakan material penyerap suara.

Best practice mengendalikan air-borne noise adalah dengan menambahkan material insulasi suara atau penyerap suara sampai dengan tingkat STC yang dapat mengendalikan air-borne noise.

2. Air-borne + Structure-borne Noise

Best practice mengendalikan air-borne & structure-borne noise dengan dua langkah sebagai berikut:

  1. Menambahkan material penyerap suara dan insulasi suara untuk mencapai nilai rugi transmisi pada setiap frekuensi yang diperlukan. 
  2. Menambahkan dekopling mekanik untuk meredam energi suara yang menggetarkan struktur.

Desain pemutus air-borne dan structure borne noise dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Desain Insulasi Suara dan Dekopling Mekanik pada Langit-langit

Desain Insulasi Suara dan Dekopling Mekanik pada Langit-langit

Desain Insulasi Suara dan Dekopling Mekanik pada Dinding

Desain Insulasi Suara dan Dekopling Mekanik pada Dinding

3. Air-borne Noise + Impact Noise 

Apabila kebocoran suara yang terjadi disebabkan oleh impact noise maka strategi desain best practice untuk mengatasi impact noise dapat di lihat pada gambar di bawah ini.

Desain Praktek Terbaik untuk Insulasi Air-borne + Impact

Desain Praktek Terbaik untuk Insulasi Air-borne + Impact

Best practice mengendalikan impact noise adalah dengan menambahkan dekopling mekanik untuk memutus kontak mekanik.

4. Air-borne + Structure-borne + Impact Noise 

Best Practice mengendalikan air-borne + structure-borne + impact noise dengan tiga langkah sebagai berikut:

  1. Menambahkan material penyerap suara dan insulasi suara untuk mencapai nilai rugi transmisi pada setiap frekuensi yang diperlukan.
  2. Menambahkan dekopling mekanik untuk meredam energi suara yang menggetarkan struktur.
  3. Menambahkan dekopling mekanik untuk memutus kontak mekanik.

Desain pemutus air-borne dan structure-borne noise beserta impact noise dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Desain Insulasi Suara dan Dekopling Mekanik pada Lantai

Desain Insulasi Suara dan Dekopling Mekanik pada Lantai

Seperti itulah desain strategis mengurangi kebisingan pada ruangan. Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

 

Penulis: Ni’ma Rosyidah

Up

Leave a Reply