Skip to main content
PortfolioRuang Audio

Acourete Adjustable Acoustic Treatment Pada Ruang Audiophile

By 16 Juli, 2021Agustus 5th, 2021No Comments

Audiophile adalah sebuah hobby atau passion yang ingin mendengar suara musik playback dari sistem audio yang dimilikinya semirip mungkin dengan kualitas saat musik tersebut diproduksi. Ruang musik audiophile adalah ruangan yang dirancang khusus untuk mendengarkan musik tanpa gangguan. Sayangnya harapan tersebut terbentur dengan permasalahan gangguan akustik ruang seperti background noise, pantulan suara, reverberation, dan resonansi (modes). Penjelasan lebih detail mengenai audiophile lihat di sini.

ruang audiophile

Ruang Audiophile

Beberapa bulan yang lalu Acourete mendapatkan proyek mengenai treatment ruang audiophile. Berdasarkan saran dari pihak konsultan diperlukan treatment pada ruangan ini dengan desain ulang ceiling-nya, penambahan bass trap pada beberapa titik ruangan, reflector ceiling, dan penambahan binary amplitude diffuser (BAD).

Penambahan panel tersebut, seperti:

1. Acourete Cloud Sphere Panel

Acourete Sphere Cloud Panel terbuat dari Acourete Board dengan permukaan yang melengkung digantung pada rel di langit-langit. Panel ini berfungsi untuk menyerap suara pantulan suara pertama antara loudspeaker dan pendengar. Posisi panel ini dapat digeser ke depan atau ke belakang ruangan untuk menyesuaikan perubahan posisi loudspeaker dan audiensi.

acourete cloud sphere panel

Acourete Cloud Sphere Panel

2. Corner Bass Trap yang terbuat dari Paint finish, MDF 9mm, Acorete Board, dan rangka.

Corner Bass Trap terbuat dari Paint finish, MDF 9mm, Acorete Board, dan rangka. Corner Bass Trap berfungsi menngendalikan resonansi atau Room Modes yang dapat mengubah keseimbangan tonaliti suara musik. Kolorasi akibat Modal umumnya membuat suara di ruangan tersebut menjadi berat, keruh, dan pekat. Acourete CornerBass Treatment adalah bass trap yang bekerja dengan prinsip Helmholtz resonator.

acourete corner bass trap

Acourete CornerBass Treatment

3. BAD Acoustics Panel Front Wall yang terbuat dari ACP BAD pattern, Acourete Board, dan rangka.

Acourete BAD Acoustics Panel terbuat dari Alumunium Composite Panel (ACP) dengan lubang kecil berpola Binary Amplitude Diffuser. Dibelakang ACP dipasangkan Acourete Board untuk menciptakan kombinasi penyerapan (absorbsi) dan difusi. BAD tersusun dari array pseudorandom biner dua dimensi untuk memantulkan sekaligus menyerap suara pada ruangan.

BAD Acoustics Panel

BAD Acoustics Panel Pada Dinding Belakang

4. Acourete Cone Diffuser Panel Side Wall

Acourete Cone Diffuser Panel terbuat dari steel dengan finish cat dan Acourete Fiber didalamnya. Berfungsi sebagai diffuser silinder dengan broadband frekuensi. Diletakkan pada dinding kiri dan kanan untuk mengendalikan pantulan pertama dari loudspeaker ke sweet spot listening area. Panel dipasangkan pada rel yang dapat digeser maju mundur untuk menyesuaiakan posisi loudspeaker dan audiens, sekaligus mengatur porsi suara yang ingin dikendalikan oleh panel ini.

Acourete Cone Diffuser Panel Side Wall

Acourete Cone Diffuser Panel

5. Acourete Soundfusser Treatment QRD7

Acourete Soundfusser Treatment QRD13 adalah Quadratic Residue Diffuser dengan bilangan prima tiga belas. Terbuat dari MDF dengan finish cat duco white matte. Pantulan di sebuah ruangan dapat merusak kualitas, kejernihan percakapan, dan suara musik. Untuk mengatasi masalah tersebut, umumnya dipasang panel-panel peredam suara. Akan tetapi, panel peredam suara memiliki kelemahan, yaitu energi suara cenderung diserap oleh panel tersebut. Untuk mengatasinya, ada metode lain untuk mengurangi efek pantulan suara, yaitu dengan memasang panel diffuser.

Acourete Soundfusser Treatment QRD7

 

Berikut foto ruangan audiophile yang telah di-treatment.

ruang audiophile

Ruang Audiophile

Setelah dilakukan treatment pada ruangan, owner puas dengan kualitas akustik yang dicapai. Satu customer lagi senang dengan pelayanan dan kualitas material dari Acourete. Jika kamu memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

 

Up

Leave a Reply

Butuh Bantuan ?