Skip to main content
TechnicalWhitepaper

Tren Architectural Acoustics Tahun 2022 dan Kedepannya

By 21 Februari, 2022Mei 24th, 2022No Comments

Desain Arsitektur Bernuansa Futuristik (Sumber Gambar: Envato)

“Akustika Arsitektur adalah keilmuan untuk mendesain ruangan, struktur dan konstruksi dari sebuah ruangan yang tertutup, serta sistem-sistem mekanikal pendukungnya bagi tujuan peningkatan kualitas akustik (pidato dan juga musik, atau gabungan di antara keduanya), di dalam suatu ruang.” (Handoko Sutanto, 2015) 

“Akustika Arsitektur menggambarkan interaksi antara manusia dan suara, di dalam dan di luar ruangan, dan menggunakan informasi ini untuk mengembangkan kriteria desain akustik untuk arsitektur dan perencanaan. Implikasi desain menggunakan teknik pemodelan komputer mulai dari terjadinya suara, penyaluran, dan penerimaan suara dan bagaimana interaksi suara tersebut dengan sifat bahan arsitektur yang bersifat menyerap, memantulkan, dan transmisi.” (Benjamin Markham, 2018)

Nilai interior dalam dunia arsitektur sangatlah penting. Namun selain nilai interior, wellbeing dari suatu ruangan sangat dipengaruhi juga oleh aspek akustik. Ruangan yang memiliki kenyamanan akustik, tanpa gema, sehingga memungkinkan penghuninya untuk menikmati musik dan percakapan secara maksimal, menjadi sangat penting.

Kenyamanan akustik pada ruangan dapat dicapai dengan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan menambahkan material akustik pada bidang ruangan. Sampah domestik yang semakin menumpuk, begitu juga dengan sampah konstruksi bangunan membuat para arsitek dan interior designer berusaha berkontribusi untuk menguranginya dengan cara menggunakan material yang berkelanjutan (sustainable). 

Kayu menjadi material yang cukup banyak digunakan untuk membuat panel akustik. Seperti yang telah disebutkan bahwa aspek akustik memengaruhi sebagian besar dari kualitas lingkungan, baik di dalam ruangan penggunaan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Penggunaan material-material akustik pun juga memberikan dampak bagi perubahan iklim lingkungan.

Kayu (Sumber Gambar: Envato)

Akustik berkontribusi cukup besar terhadap kualitas lingkungan di dalam ruangan. Sebagian besar peneliti mengatakan bahwa pengoperasian bangunan jauh lebih penting daripada konstruksi. Mungkin rasionya 955, jadi 95% karbon akan dihasilkan selama masa pakai bangunan yaitu oleh pengoperasian penerangan, sistem pengondisian udaranya, dan sebagainya. Lima atau mungkin 10% akan berada di sisi konstruksi. Jadi jika kita menggunakan bahan yang tahan lama, maka kita mengurangi 10% jejak karbon dari bahan. Mungkin kita telah menjatuhkan 1% dari total dampak bangunan, namun jika kita bekerja sama keras dan merancang pencahayaan dan sistem lainnya dengan lebih efisien, maka mungkin akan dapat menguranginya 10%. 

Menjawab keinginan konsumen mengenai akustik, yaitu tergantung pada ruang dan bangunan yang sedang dirancang. Arsitek tahu ruang apa yang benar-benar membutuhkan perlakuan akustik, dan ruang apa yang tidak memerlukan banyak bahan akustik atau melakukan bahan penyerap akustik. Terdapat banyak produk arsitektur yang berbeda-beda di luar sana, tidak semuanya merupakan bahan akustik, tetapi semuanya berorientasi pada desain. Pada kasus langit-langit berbahan logam, diperlukan perlakuan akustik khusus seperti menambahkan panel berlubang mikro, dan sejenisnya di langit-langit tersebut. Arsitek pun juga dapat menjelaskan dengan baik mengenai produk-produk akustik sesuai fungsinya.  

Berikut ini tren Akustika Arsitektur tahun 2022 di beberapa aspek fasilitas umum.

AKUSTIK PADA FASILITAS KESEHATAN

Jika dilihat dari sektor yang berbeda, saat ini desain ruangan fasilitas kesehatan sedang banyak dibutuhkan. Hal-hal yang perlu dipikirkan dalam mendesain fasilitas kesehatan adalah terdapat ruangan pribadi yang memiliki sistem insulasi suara yang baik. Hal ini dikarenakan saat pasien berkonsultasi dengan dokter, percakapan kesehatan yang sangat bersifat pribadi tersebut tidak terdengar ke ruangan lain. 

Ruang Bedah di Rumah Sakit (Sumber Gambar: Envato)

Contoh lain adalah pada lobi yang besar, kafetaria, dan ruang terbuka besar lainnya. Ruangan tersebut merupakan jenis ruang di mana diperlukan beberapa jenis bahan penyerap akustik di ruang tersebut untuk menghilangkan gema tanpa harus menghentikan suara. Privasi bukanlah masalah di ruang-ruang itu, tetapi kualitas akustik pada ruangan tersebut tetaplah penting. Sebagian besar orang menganggap bahan yang bisa digunakan untuk menyerap suara adalah hal-hal yang tidak begitu jelas seperti kain, fiber glass, kain yang biasa dipasang di bantalan kursi, atau bahan-bahan berpori dan berbulu. Sedangkan bahan-bahan yang keras, masif, dan permukaannya halus, seperti beton halus, marmer, atau gipsum bersifat memantulkan suara. Namun pada kenyataannya, kain sama sekali tidak dapat menyerap suara dan karpet tidak begitu baik dalam menyerap suara seperti yang dipikirkan banyak arsitek dan balok beton yang tidak dicat tidak begitu memantulkan suara seperti yang diperkirakan kebanyakan orang. 

Bahan akustik pada fasilitas kesehatan memerlukan spesifikasi khusus dari pada ruangan lainnya, yaitu harus bersifat higienis. Diperlukan pengujian tingkat kebersihan pada bahan akustik tersebut. Banyak perusahaan di luar sana yang fokus juga pada perawatan kesehatan,  seperti ruangan yang steril, ruang operasi, dan hal-hal seperti itu secara khusus. Padahal sebelumnya arsitek tidak memiliki fokus terhadap hal semacam itu. Jadi sekarang jika Anda adalah seorang produsen bahan akustik, Anda harus benar-benar mempertimbangkan kehigienisan bahan akustik untuk keperluan fasilitas kesehatan. Ketika Anda berbicara tentang lingkungan fasilitas kesehatan dan Anda harus membersihkan permukaan dari kuman, Anda tidak perlu khawatir jika Anda memiliki bahan dengan permukaan berpori dimana kuman dan virus tidak bisa bertahan lama.

Nah, berbicara tentang COVID, sudah banyak penelitian yang dilakukan oleh beberapa firma arsitektur besar tentang cat antimikroba yang selalu digunakan banyak orang saat ini. Setiap orang selalu memiliki cat antimikroba yang bisa mereka pakai pada produk mereka. Dan sekarang ada beberapa peneliti yang kembali berkata, cat antimikroba tidak bekerja seperti yang mereka pikirkan dan itu menjadi masalah yang sangat besar. Oleh sebab itu selain melapisi permukaan dengan cat anti mikroba, diperlukan juga material akustik yang membuat virus tidak bisa bertahan lama seperti misalnya bahan yang berpori.

AKUSTIK PADA SEKOLAH

Beberapa arsitek telah melakukan penelitian akustik pada sekolah. Dalam penelitian ini, mereka mencari kota dengan cuaca hangat sehingga dapat diperoleh data untuk sekolah dasar tentang jenis sistem mekanis apa yang mereka miliki. Mereka menempatkan sistem pendingin bersistem mekanis ke dalam tiga wadah berbeda. Satu wadah, sistem pendingin jarak jauh di mana kompresor jarak jauh, kipas jarak jauh, dan udara dialirkan ke suatu ruangan. Umumnya, ini jauh lebih tenang daripada jika misalnya, chiller jarak jauh di mana kompresor jauh tetapi kipas angin di dalam ruangan dan itu lebih tenang daripada jika kita memiliki kompresor dan kipas angin di dalam ruangan. 

Ruang Kelas Ber-AC (Sumber Gambar: Envato)

Para peneliti ini berpikir, apakah ada hubungan antara nilai ujian siswa dan jenis sistem mekanis yang digunakan di sekolah? Telah ditemukan bahwa penemuan yang sangat luar biasa, bahwa terdapat 99% kepastian statistik. Jenis sistem mekanis yang paling keras memberikan dampak yang sangat besar. Sistem mekanis tersebut membuat siswa tidak fokus saat ujian karena efek kebisingannya.

Sekarang ada beberapa pertanyaan seperti mengapa hanya untuk tipe itu? Bagaimana dengan guru yang berbicara pada volume tertentu dibandingkan dengan sistem pendingin udara dengan volume tertentu lainnya? Selama guru cukup keras daripada sistem pendingin udara, siswa dapat mendengar guru, tetapi pada beberapa titik itu seperti biner. 

Seperti setelah kebisingan latar belakang berada di atas kebisingan sinyal, maka suku kata mulai menghilang untuk anak-anak dan terutama anak-anak kecil karena anak-anak muda, ternyata tidak sebaik kita dalam mengisi celah. Jadi jika saya mengucapkan frasa untuk mengisi kekosongan, Anda sebagai orang dewasa tahu bahwa meskipun Anda tidak mendengar semua suku kata itu, Anda dapat memahami apa yang saya katakan, tetapi anak-anak tidak memiliki pengalaman seperti itu. 

Jadi, jika Anda mengatakan mengisi kekosongan dan mereka kehilangan beberapa suku kata, mereka mungkin tidak tahu apa yang Anda katakan. Peneliti menemukan bahwa umumnya guru berbicara pada tingkat yang lebih keras daripada jenis dengan kipas angin di dalam ruangan dan kompresor jarak jauh tetapi lebih tenang daripada tingkat dengan kompresor dan kipas angin di dalam ruangan. Tentu saja para peneliti harus memperhitungkan status sosial ekonomi. Dalam penelitian pendidikan, kmereka melakukannya dengan melihat persentase siswa di sekolah yang memenuhi syarat untuk makan siang gratis atau dikurangi dan itu jelas jauh lebih besar. Seperti yang Anda bayangkan, masalah yang jauh lebih besar. Sekarang, ini tidak akan mengejutkan siapa pun yang tinggal di Amerika. Sekolah-sekolah miskin juga memiliki sistem mekanis yang lebih berisik. Jadi itu diperparah juga. Tetapi bahkan pada tingkat sosial ekonomi sekolah mana pun, ada pukulan yang signifikan pada nilai tes membaca dan matematika di Orlando untuk sekolah yang memiliki jenis sistem mekanis paling berisik.

AKUSTIK DI RUANG PERTUNJUKAN

Ruang Pertunjukan (Sumber Gambar: Envato)

Ruang pertunjukan seperti ruang teater, dimana kinerja ruangan ini tanpa amplifier untuk membuat suara terdengar di seluruh ruangan. Sehingga suara pantulan begitu diperhatikan di ruangan jenis ini. Banyak dibicarakan tentang material, gema pada ruangan, waktung dengung ruangan, akustik pada lapangan tenis, studio rekaman, yang semuanya dipengaruhi juga oleh ukuran ruangan. Bisa dipahami pulan bahwa ruangan yang besar memiliki pantulan yang lebih lama dan suara akan memakan waktu lebih lama untuk meluruh. Misalnya bahwa ruangan yang besar terdengar memang seperti ruangan yang besar dan ruangan kecil pun terdengar seperti selayaknya ruangan yang kecil. Inilah sebabnya terkadang ketika kita mendengar suara rekaman yang dibuat di ruangan cukup besar, kita tidak menyadari bahwa terdapat gema di sana, itu terdengar hampir seperti mereka berbicara di semacam aula raksasa.

Setelah kita mengetahui ukuran yang tepat untuk ruangan, kita dapat mengetahui pula seberapa banyak bahan penyerap suara yang kita butuhkan untuk mendapatkan gaung dengan benar dan menyerap gema yang tidak diperlukan.

Pada ruang teater, diinginkan pantulan awal mengarah kembali ke penonton dan perlu dibatasi pada pantulan kuat di akhir yang mungkin terdengar sebagai gema. Ini merupakan latihan untuk para arsitek bahwa mereka perlu memahami betapa pentingnya geometri ruang. Hal ini bertujuan untuk mengetahui arah pantulan yang akan datang dan pergi sehingga suara dapat terdengar dengan baik di seluruh ruangan. Selain bahan penyerap juga diperlukan beberapa jenis peredam suara dan reflektor.

BAGAIMANA MENYEIMBANGKAN GAGASAN AKUSTIK DENGAN JENIS PENGALAMAN RESTORAN ATAU BAR YANG MEMBUTUHKAN RUANG DENGAN SUARA YANG KERAS AGAR PENGUNJUNG TIDAK BERLAMA-LAMA?

Banyak orang di atas usia tertentu mengeluh tentang kebisingan pada restoran. Misalnya kita sering melihat nenek-nenek berusia 90-an dibawa ke restoran untuk merayakan ulang tahun, namun dia hanya duduk terdiam. Tentu saja hal ini karena mereka tidak dapat mengikuti semua percakapan yang terjadi di meja makan karena terlalu bising.

Restoran (Sumber Gambar: Envato)

Mengapa mereka tidak memperbaiki kualitas akustik pada restoran? Kenyataannya adalah sebagian besar pemilik restoran memang tidak menginginkan mereka berada di sana. Target pasar restoran mereka adalah orang-orang berusia di bawah 50 tahun.

Jadi solusi untuk permasalahan kebisingan pada restoran adalah memberikan bahan akustik seperti bahan penyerap suara. Tantangannya adalah bagaimana membuat ruang yang indah dan dapat menyerap suara dengan baik pada waktu bersamaan? Biasanya bahan penyerap suara dipasang pada langit-langit berbentuk grid. Saat ini semakin banyak variasi bahan penyerap suara yang estetik, oleh karena itu penyerap suara ini tidak harus dipasang di langit-langit. Sebenarnya tidak ada alasan khusus juga bahwa peletakkan bahan penyerap suara harus berada di langit-langit. Pada urutan kepentingan, dinding belakang merupakan permukaan yang penting untuk diberikan bahan penyerap suara jika sumber kebisingan tetap. Selanjutnya urutan kedua, bagian belakang langit-langit dan yang paling penting secara nominal adalah bagian atas dinding belakang. 

TRANSISI ATAP DENGAN DINDING YANG BAIK

Para arsitek sedang dalam misi untuk membawa kembali fungsi langit-langit yang mana paling sering diremehkan. Seringkali sebagian besar orang menyerahkan permasalahan desain langit-langit kepada orang magang yang belum cukup berpengalaman. Pemandangan di atas kepala mungkin adalah yang paling penting dan paling menarik dari sudut pandang interior. Namun penanganan akustik di langit-langit akan bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Banyak aplikasi yang telah dibicarakan untuk ruang kelas, lobi hotel, kantor terbuka jika Anda memiliki luas penyerapan akustik yang kira-kira sama dengan luas lantai, sebenarnya penanganan akustik tidak harus di langit-langit dan tentu tidak harus di tengah langit-langit. Kita bisa mengalihkannya ke bagian atas dinding. Karena pada umumnya jika Anda meletakkan partisi akustik di posisi dinding bagian bawah, kecuali jika Anda memiliki sesuatu yang benar-benar tahan lama. Anak-anak cenderung tertarik untuk menyentuh bahan berpori yang dipasang di dinding sehingga dapat membuatnya bernoda dan cepat rusak. Saran terbaik adalah memasangnya di dinding bagian atas dimana jauh dari jangkauan penghuni, tidak harus dipasang di langit-langit.

KESALAHAN UMUM ARSITEK DAN DESAIN INTERIOR DALAM MERANCANG RUANGAN YANG KURANG MEMPERHATIKAN SUMBER DATANGNYA KEBISINGAN.

Waktu yang tepat untuk mempertimbangkan aspek akustik dalam ruangan adalah saat ruangan belum dibangun, yaitu saat tahap perancangan. Saat telah ditentukan tujuan pembangunan ruangan di situ pula aspek kebisingan dan kualitas akustik harus dipertimbangkan. Pada tahap perancangan, perlu dipertimbangkan kebisingan akibat sirkulasi udara dan ruangan-ruangan di sekitar yang menghasilkan kebisingan. Perlu dipastikan bahwa jangan menempatkan ruangan penghasil kebisingan dengan ruangan yang memerlukan keheningan suara. Misal sebaiknya ruang rapat tidak bersebelahan dengan ruang kontrol. Hal ini begitu penting karena akan sangat mengurangi permasalahan kebisingan pada ruangan.

Kesalahan pertama yang paling umum adalah menganggap akustik sebagai satu kesatuan besar. Padahal akustik pun memiliki spesifikasi tertentu, misalnya akustik ruang, kebisingan akibat getaran mekanis, ada juga mengenai insulasi suara. 

Kesalahan umum kedua adalah banyak orang berpikir bahwa kebisingan pada ruangan hanya berasal dari dinding, sehingga para arsitek merancang dinding sedemikan rupa sehingga kedap suara. Di sisi lain mereka kurang memikirkan bahwa kebisingan juga dapat berasal dari pintu dan jendela, sehingga terkadang jendela dan pintu tidak diberikan sistem insulasi suara. 

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah & Retno Ajeng

21 Februari 2022

Up

Leave a Reply