Tren Desain Panel Akustik 2023 dan Tahun di Masa Depan

Table of Contents

Tren desain panel akustik 2023 dan di masa depan diharapkan dapat memenuhi permintaan arsitektur modern dan ramah lingkungan. Fokus dari pengembangan desain panel akustik adalah pada solusi yang ramah lingkungan, berkelanjutan, dan mampu mengurangi dampak lingkungan bangunan, juga meningkatkan sifat akustik pada ruangan.

Desain panel akustik pada ruangan, tidak hanya mengutamakan estetika semata, namun juga fungsionalitas dari panel tersebut. Fungsi utama panel akustik adalah untuk mengendalikan gema dan gaung yang berlebih pada ruangan, sehingga suara atau akustik dalam ruangan menjadi nyaman untuk didengar.

Berikut beberapa aspek tren panel akustik 2023 dan di masa depan yang perlu dipenuhi:

1. Sifat berkelanjutan (sustainibilitas) dan material yang ramah lingkungan. Material yang digunakan untuk produksi panel akustik mencakup bahan yang terbuat dari bahan daur ulang atau alami, seperti bambu, bahan daur ulang, kayu, atau gabus (cork). Bahan-bahan ini tidak hanya membantu meningkatkan keamanan terhadap lingkungan, tetapi juga dapat memberikan pilihan estetika dan desain yang unik sesuai kebutuhan ruangan.

2. Dapat dipesan sesuai kebutuhan desain (kustomisibilitas desain). Hal ini penting dalam dunia arsitektur, karena dalam desain interior pastilah diperlukan desain-desain kustom yang unik dan beragam, mencakup berbagai pilihan warna, pola, dan tekstur, serta kemampuan untuk membuat desain dan pola khusus. Hal ini memungkinkan arsitek dan desainer untuk menciptakan ruang yang unik dan menarik secara visual, namun  tetap memastikan tingkat kontrol suara atau akustik yang diperlukan.

3. Fabrikasi secara digital. Pencetakan 3D juga diperkirakan akan menjadi lebih populer pada tahun 2023. Teknologi ini memungkinkan terciptanya bentuk dan pola geometris yang rumit dan sulit atau tidak mungkin dicapai dengan metode manufaktur tradisional.

4. Dapat diintegrasikan dengan teknologi yang ada. Selain itu, tren mengintegrasikan teknologi ke dalam panel akustik juga diperkirakan akan tumbuh pada tahun 2023. Ini dapat mencakup fitur seperti pencahayaan internal, kemampuan pemurni udara, atau bahkan integrasi speaker dan peralatan audio lainnya.

Salah satu panel akustik dari Acourete yang memenuhi kriteria di atas adalah Acourete Echobaffle, Acourete Board, Acourete Perfowood, dan Acourete Diathonite Acoustix+.

Acourete EchoBaffle adalah sebuah panel peredam suara yang memiliki redaman suara pada frekuensi treble. Redaman suara pada frekuensi tinggi berfungsi untuk meredam pantulan awal, echo, dan reverberasi. Resonansi, pantulan awal, echo, dan reverberasi di sebuah ruangan dapat mengganggu kejernihan percakapan dan suara musik. Untuk mengatasi masalah tersebut, umumnya dipasang peredam suara yang disesuaikan dengan masalah yang timbul di sebuah ruangan. Acourete Echobaffle tersedia dalam beberapa warna seperti pada gambar di bawah ini.

Acourete Board 230 adalah bahan peredam suara dinding berpori yang berbentuk softboard. Material ini terbuat dari serat polyester yang dipadatkan dengan densitas 230kg/m3. Material ini memiliki panjang 1,2m lebar 0,6m dan tebal 9mm. Acourete Board 230 telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, bebas bahan beracun, dan aman terhadap risiko kebakaran karena tidak menyerap uap air. Acourete Board tersedia dalam dua warna, yaitu putih dan beige.

Acourete Perfowood adalah interior akustik berlubang terbuat dari MDF. Acourete Perfowood cocok dipakai untuk mengatasi permasalahan akustik dan memperindah ruangan dengan nuansa kayu. Permukaan depan Acourete Perfowood diproses finishing dengan melamine dan bagian belakang unfinished dilapisi dengan kain akustik hitam. Lubang dengan ukuran dan jarak tertentu berfungsi sebagai peredam suara dengan prinsip Helmholtz Resonator. Acourete Perfowood memiliki karakteristik peredam suara yang beragam sesuai dengan diameter lubang dan jarak antara lubang.

Acourete Diathonite Acoustix+ merupakan plester premix yang memiliki fungsi Penyerapan Kebisingan Suara (NRC). Diathonite Acoustix+ dapat diaplikasikan pada dinding dan langit-langit yang datar maupun bergelombang. Terbuat dari baku alami dari bahan seperti gabus (cork) dalam butiran diameter sekitar 0,3 mm, tanah liat, bubuk diatom, dan bahan pengikat hidrolik. Diathonite Acoustix+ merupakan akustik plaster ramah lingkungan dan dapat didaur ulang pada akhir masa pakai menjadi inert (tidak mudah teroksidasi dan tereduksi).

Berkat peningkatan koefisien penyerapan suara (NRC) sampai dengan 0,75 Diathonite Acoustix+ dapat mengurangi gema lebih banyak. Selain NRC yang baik, Diathonite Acoustix+ memiliki kemampuan insulasi termal yang baik, kemampuan menyerap kelembaban udara, serta tidak mudah terbakar. Porositas material ini membuat bangunan bersifat bakteriostatik dan anti jamur. Kelebihan tersebut membuat material ini cocok untuk mendapatkan nilai tambahan sertifikasi bangunan seperti LEED atau WELL. Diathonite Acoustix+ cocok juga untuk merenovasi bangunan tua yang dindingnya sudah lembab karena material ini memiliki sifat breathable.

diathonite acoustix+

Secara keseluruhan, tren dalam desain panel akustik pada tahun 2023 dan kedepannya adalah menuju solusi yang inovatif, fungsional, serta berkelanjutan yang memperkuat sifat akustik bangunan dan juga mengurangi dampak terhadap lingkungan. Dengan menggabungkan teknologi dan desain terbaru, panel akustik diprediksi akan memainkan peran penting dalam membentuk masa depan arsitektur dan desain bangunan.

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini