Apa Sajakah Alat Peredam Suara? Apa Contoh Peredam Suara?

Table of Contents

Peredam Suara Dibagi Menjadi Dua Jenis, Bahan Penyerap Suara dan Bahan Insulasi Suara.

Mari kita lihat perbedaan masing-masing istilah tersebut!

Bahan Peredam Suara: menurut KBBI, meredam berarti mengurangi atau menghilangkan. Jadi, bahan peredam suara adalah sebuah sistem atau alat yang berfungsi untuk mengurangi suara, baik dengan cara menyerap suara, menginsulasi suara, atau meredam getaran. Alat peredam suara banyak sekali macamnya dan akan kita bahas sedikit di bawah ini.

material berpori

Jenis-jenis Peredam Suara

Bahan Penyerap Suara: Penyerap suara secara umum dapat dibilang alat penyerap suara yang berfungsi untuk menyerap pantulan suara yang membentur sebuah permukaan. Bahan penyerap suara umumnya menggunakan material yang berpori. Bahan penyerap suara lebih tepat digunakan untuk mengurangi gema di dalam ruangan sehingga suara yang terdengar di ruangan tersebut lebih jelas. Ciri-ciri dari bahan penyerap suara yang lainnya adalah ringan, memiliki permukaan lunak, dan tidak dapat meredam getaran.

Contoh dari bahan penyerap suara adalah busa, wool, kain, karpet, gabus. Bahan penyerap suara yang dijual di pasaran misalnya Rockwool, Greenwool, busa telur, sedangkan dari Acourete sendiri juga menyediakan beberapa jenis bahan penyerap suara seperti Acourete Fiber dan Acourete Board 230.

bahan penyerap suara

Bahan Penyerap Suara

Bahan Insulasi Suara: Insulasi suara merupakan upaya dalam mencegah kebocoran suara baik dari dalam keluar ruangan maupun dari luar ke dalam ruangan. Karakteristik bahan yang digunakan untuk mengisolasi suara adalah padat dan memiliki densitas yang tinggi (berat). Selain itu, bahan insulasi suara juga memiliki karakteristik tidak berpori, viskoelastik, dan permukaannya keras.

Contoh dari bahan insulasi suara adalah bata merah, pelat besi, gipsum. Bahan insulasi suara dari Acourete, contohnya adalah Acourete Noise Armour, Acourete Paint EZ1, dan Acourete Silent Wall.

bahan insulasi suara

Bahan Insulasi Suara

Bahan Peredam Getaran: Salah satu karakteristik perambatan suara adalah mampu menggetarkan struktur bangunan. Untuk menangani kondisi seperti ini maka diperlukan material peredam getaran yang umumnya bersifat viskoelastis.

Contoh dari bahan peredam getaran dari Acourete adalah Acourete Regupol 4515, Acourete Regufoam 150, Acourete Regupol Sound 12.

regupol 4515

Acourete Regupol 4515

Nah, sudah jelas kan sekarang perbedaan dari istilah-istilah tersebut? Semoga bermanfaat

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini