Beberapa Kesalahan Saat Meredam Getaran Bangunan yang Harus Dihindari

Table of Contents

Meredam Getaran Bangunan: Menjaga Stabilitas dan Kenyamanan

Pada konstruksi bangunan, getaran yang disebabkan oleh berbagai faktor eksternal dapat menjadi masalah serius. Getaran yang berlebihan dapat merusak struktur bangunan, mengurangi kenyamanan penghuni, dan bahkan mengganggu fungsi bangunan itu sendiri. Oleh karena itu, penting untuk mengimplementasikan langkah-langkah yang tepat untuk meredam getaran bangunan.

Getaran merambat melalui struktur bangunan atau biasa dikenal dengan structure-borne noise. Structure-borne noise adalah suara yang merambat melalui udara, dan energi mekanik gelombang suara tersebut cukup kuat untuk dapat menggetarkan struktur bangunan. Suara menembus partikel material penghalangnya melalui udara bersama dengan getaran suara yang diradiasikan melalui struktur bangunan. Ciri sumber suara yang menyebabkan structure-borne noise adalah tingkat tekanan sumber suara di atas 90 dB dan mengandung frekuensi rendah di bawah 100 Hz. 

Sumber getaran yang mengganggu bangunan biasanya ditimbulkan dari luar bangunan seperti getaran akibat jalan kereta api, dentuman sub-woofer dari klub malam, atau dari dalam gedung itu sendiri yaitu peralatan mekanikal, elektrikal, dan plumbing, atau suara dentuman musik bertekanan besar.

Mengingat banyaknya dampak negatif dari getaran yang ada di bangunan, seperti:

  1. Merusak Struktur Bangunan: Perambatan getaran yang cukup besar pada bangunan dapat mengakibatkan bangunan mudah rusak. Hal ini dapat diantisipasi dengan melakukan strategi dekopling getaran dengan cara menambahkan material peredam getaran pada saat proses pembangunan. Jika bangunan sudah terlanjur terbangun, akan sulit untuk dilakukan strategi dekopling getaran. Struktur bangunan yang terpapar getaran terus menerus, akan membuat umur bangunan tidak akan panjang. 
  2. Merusak Peralatan di Dalam Bangunan: Bukan hanya bangunannya yang rusak, tetapi peralatan-peralatan di dalam bangunan juga bisa mengalami degradasi fungsi jika terpapar getaran secara terus menerus. Peralatanperalatan elektronik seperti TV, mesin cuci, AC, dan lain-lain ketika terpapar oleh getaran dari luar secara terus-menerus akan mengurangi masa pakai peralatan tersebut. 
  3. Mengganggu Kesehatan Penghuni: Dampak getaran/vibrasi kereta api terhadap masyarakat yang bermukim di sekitar rel kereta api terutama terjadi pada bagian organ-organ tertentu seperti dada, kepala, rahang, dan persendian lainnya. Di samping rasa ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh goyangan organ seperti ini, menurut beberapa penelitian, telah dilaporkan efek jangka lama yang menimbulkan osteoartritis tulang belakang. Getaran juga dapat menimbulkan efek vaskuler dan efek neurologik, meskipun belum ada penelitian atau pengujian yang cukup definitif getaran diduga dapat menyebabkan perubahan atau peningkatan tekanan darah yang pada tingkat tertentu dapat mengakibatkan hipertensi (Harrington dan Gill, 2005).

Sehingga diperlukan peredam getaran, bukan? 

meredam getaran bangunan

Hal-hal yang sering terjadi dan kesalahan umum yang harus dihindari saat ingin meredam getaran bangunan adalah sebagai berikut:

  1. Mengabaikan perencanaan struktural: Meredam getaran bangunan membutuhkan pemahaman yang baik tentang struktur bangunan dan sistem peredaman getaran. Mengabaikan perencanaan struktural yang tepat dapat mengakibatkan kerusakan bangunan atau kegagalan peredaman getaran.
  2. Menggunakan bahan yang tidak tepat: Pemilihan bahan peredam getaran yang tidak tepat dapat mengakibatkan hasil yang tidak memuaskan. Pastikan untuk menggunakan bahan peredam getaran yang sesuai dengan kebutuhan bangunan dan getaran yang ingin diredam.
  3. Tidak memperhatikan instalasi yang benar: Proses instalasi peredam getaran harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan panduan yang disediakan oleh produsen atau ahli. Kesalahan dalam instalasi dapat mengurangi efektivitas peredaman getaran.
  4. Tidak melakukan pemeliharaan yang tepat: Setelah sistem peredaman getaran dipasang, penting untuk melakukan pemeliharaan yang tepat. Periksa secara berkala sistem peredaman getaran untuk memastikan kinerjanya tetap optimal dan lakukan perbaikan jika diperlukan. Kebanyakan pihak manajemen lalai dalam melakukan pemeliharaan, takut mahal misalnya. Padahal hal ini sangat krusial.
  5. Mengabaikan sumber getaran utama: Meredam getaran bangunan tidak akan efektif jika tidak mengatasi sumber getaran utama. Identifikasi dan tindak lanjuti sumber getaran, misalnya mesin berat atau peralatan yang bergetar, agar peredaman getaran dapat berhasil.
  6. Mengabaikan kebutuhan lingkungan sekitar: Meredam getaran bangunan harus mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar. Jika bangunan berada di dekat jalan raya atau stasiun kereta api, misalnya, perlu mempertimbangkan getaran yang ditimbulkan oleh lalu lintas atau kereta api yang dapat mempengaruhi peredaman getaran.
  7. Tidak berkonsultasi dengan ahli: Meredam getaran bangunan bisa menjadi tugas yang kompleks dan teknis. Jika Anda tidak yakin atau tidak berpengalaman dalam peredaman getaran, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli terkait, seperti insinyur struktural atau ahli peredaman getaran, untuk mendapatkan bantuan dan saran yang tepat.

Baca juga 3 Tips Mudah Mendeteksi Adanya Structure Borne Noise pada Bangunan

Best practice dari Acourete untuk mengendalikan air-borne noise + low frequency structure-borne noise + impact noise dengan tiga langkah sebagai berikut:

  1. Menambahkan material penyerap suara dan insulasi suara untuk mencapai nilai rugi transmisi pada setiap frekuensi yang diperlukan.
  2. Menambahkan dekopling mekanik untuk meredam energi suara yang menggetarkan struktur.
  3. Menambahkan dekopling mekanik untuk memutus kontak mekanik

Desain pemutus air-borne, low frequency structure-borne noise dan impact noise dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

meredam getaran bangunan

Meredam getaran bangunan adalah upaya penting dalam menjaga stabilitas dan kenyamanan bangunan. Dengan perencanaan struktural yang tepat, pemilihan bahan peredam getaran yang sesuai, instalasi yang benar, pemeliharaan rutin, dan penanganan sumber getaran utama, Anda dapat mengurangi efek negatif getaran pada bangunan. Jangan lupakan pula untuk mempertimbangkan faktor lingkungan sekitar dan berkonsultasi dengan ahli ketika diperlukan. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda akan dapat menciptakan bangunan yang lebih stabil, nyaman, dan tahan terhadap getaran.

buku kebisingan dan getaran

Kami telah membuat e-book yang berisi strategi desain peredam kebisingan dan getaran. Silakan unduh e-book-nya secara GRATIS di sini.

Apabila ada permasalahan yang belum tercantum di buku ini, penjelasan yang belum cukup jelas, atau pertanyaan lain, silakan hubungi kami. Kami selalu hadir membantu sesuai landasan kami saat mendirikan perusahaan ini, yaitu selalu memberikan yang terbaik dengan semangat kerja revolusioner.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini