Cara Mengatasi Kebisingan Lalu Lintas

Table of Contents

kebisingan lalu lintas

Kebisingan Lalu Lintas

Kebisingan lalu lintas adalah salah satu suara kebisingan yang paling tidak disukai oleh orang, karena suara ini sangat mengganggu, bisa membuat orang stress. Untuk area perkantoran, kebisingan dari sumber suara lalu lintas perlu dikendalikan.

Kebisingan lalu lintas dapat merambat ke bangunan melalui ground floor, dinding partisi, jendela, dan bisa juga melalui pintu. Kendaraan-kendaraan yang melintas, terutama kendaraan besar seperti truk besar bermuatan banyak dapat menggetarkan tanah dan getarannya merambat melalui medium tanah (ground floor) hingga ke bangunan di sekitarnya. Getaran tersebut dapat menjadikan terganggunya kenyamanan penghuni bangunan.

Kebisingan lalu lintas juga merupakan salah satu sumber suara yang mengganggu di kota besar. Lalu lintas yang padat kendaraan tidak hanya menjadi sumber kebisingan suara, namun juga merupakan sumber getaran yang mengganggu.

Sumber dari suatu kendaraan yang menimbulkan kebisingan pada umumnya berasal dari getaran mesin kendaraan, saluran pemasukan udara ke mesin kendaraan, saluran pembuangan gas hasil pembakaran (exhaust) mesin kendaraan, transmisi, gesekan roda dengan permukaan jalan, rem, faktor aerodinamis, dan muatan. Kemudian getaran yang dihasilkan kendaraan merambat melalui tanah dan sampai pada struktur bangunan. Kebisingan akibat lalu lintas dapat merambat ke dalam bangunan melalui jendela, dinding, pintu, dan lantai dasar (ground floor).

Cara Mengatasi Kebisingan Lalu Lintas

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mengatasi kebisingan lalu lintas adalah tantangan yang umumnya dihadapi oleh banyak orang, terutama jika Anda tinggal di area perkotaan atau dekat jalan raya. Seperti yang telah disebutkan di atas, kebisingan lalu lintas dapat mengganggu tidur, meningkatkan stres, dan memiliki beberapa dampak negatif pada kesehatan. Berikut beberapa langkah lain yang dapat membantu mengatasi kebisingan lalu lintas:

  1. Pemakaian Benda Peredam Suara (Soundproofing): Sudah sedikit dibahas mengenai penggunaan peredam suara untuk mengatasi kebisingan lalu lintas pada bangunan. Cara ini memang terbilang paling efektif untuk mengurangi kebisingan. Selain yang telah disebutkan di atas, pemasangan jendela ganda dengan kaca khusus yang memiliki kemampuan peredam suara dapat membantu mengurangi suara lalu lintas yang masuk ke dalam ruangan. Selain itu, dengan meningkatkan nilai insulasi pada jendela, dinding, pintu, dan lantai dasar (ground floor) rambatan getaran dan gelombang suara akan teredam.
  2. Gunakan Tirai atau Gorden Berat: Tirai atau gorden tebal dengan lapisan peredam suara dapat membantu mengurangi masuknya suara lalu lintas melalui jendela. Pastikan tirai atau gorden menutupi jendela sepenuhnya.
  3. Penggunaan Karpet atau Lantai Peredam Suara: Pemasangan karpet tebal atau lantai peredam suara di dalam rumah dapat membantu mengurangi pantulan suara dan mengurangi kebisingan yang masuk dari luar.
  4. Pemanfaatan Tanaman: Tanaman, terutama tanaman yang tinggi dan berdaun lebat, dapat membantu meredam suara lalu lintas. Mereka bekerja sebagai penghalang alami yang menyerap dan menghambat suara.
  5. Penggunaan Alat Peredam Suara Pribadi: Penggunaan alat peredam suara pribadi seperti earplug atau headphone noise-cancelling dapat membantu Anda mendapatkan ketenangan saat tidur atau bekerja.
  6. Perencanaan Waktu Aktivitas: Cobalah untuk merencanakan aktivitas berisik di dalam rumah pada saat lalu lintas cenderung lebih sepi, seperti di malam hari atau saat akhir pekan.
  7. Komunikasi dengan Pemerintah atau Otoritas Terkait: Jika kebisingan lalu lintas dianggap ekstrem dan mengganggu, Anda bisa menghubungi pemerintah setempat atau otoritas terkait untuk melaporkan masalah tersebut. Mereka mungkin memiliki rencana atau tindakan untuk mengurangi kebisingan di wilayah Anda.
  8. Penggunaan Perangkat Elektronik Pemutus Suara: Gunakan perangkat elektronik seperti pemutar musik dengan suara alam yang menenangkan untuk mengalihkan perhatian dari kebisingan lalu lintas.
  9. Kondisi Mental dan Pengelolaan Stres: Manajemen stres dan relaksasi bisa membantu mengurangi dampak psikologis kebisingan. Terapi, meditasi, atau olahraga bisa membantu mengatasi stres yang disebabkan oleh kebisingan.

Selain langkah-langkah di atas, penting untuk mengingat bahwa setiap solusi yang Anda pilih harus disesuaikan dengan situasi Anda. Tidak semua solusi akan cocok untuk setiap situasi, jadi cobalah beberapa kombinasi dari langkah-langkah ini untuk mencapai tingkat kenyamanan yang diinginkan.

Baca juga Mewujudkan Suara yang Lebih Baik dengan 5 Langkah Layanan Acourete

Kami telah membuat buku yang membahas tentang kebisingan dan cara mengatasi kebisingan suara. Mulai dari kebisingan dari air hujan, lalu lintas, berisik langkah kaki, getaran dari rel kereta api, kebisingan pipa air dan mesin HVAC, serta kebisingan lainnya. Silakan unduh e-book “Teori & Aplikasi Akustika Bangunan” by Acourete secara GRATIS di sini.

Apabila ada permasalahan yang belum tercantum di buku ini, penjelasan yang belum cukup jelas, atau pertanyaan lain, silakan hubungi kami. Kami selalu hadir membantu sesuai landasan kami saat mendirikan perusahaan ini, yaitu selalu memberikan yang terbaik dengan semangat kerja revolusioner.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

Published: 23 Oktober 2023

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini