Skip to main content
Home Theater

Home Karaoke Panel Akustik – Bpk. Yanto – Bandar Lampung

By 15 Juli, 2020Agustus 6th, 2021No Comments

Perencanaan dan Desain Acoustics Panel Terbaik Pada Ruang Karaoke

Bapak Yanto seorang pengusaha alat-alat berat yang energik, beliau sangat sibuk dengan pekerjaannya, dan beliau selalu mengisi waktu luangnya dengan menonton atau berkaraoke di rumahnya, akan tetapi beliau datang dan berkonsultasi dengan kami, ternyata Bapak Yanto ini sudah memiliki ruang home theater dirumahnya yang juga digunakan sebagai home karaoke. Beliau berkeluh kesah”Kok kenapa pada saat saya nonton film bukannya enjoy tapi kepala saya malah jadi pusing, apalagi pada saat berkaraoke?”.

Akhirnya kami datang ke Lampung meninjau lokasi, melihat kondisi ruangan,mendata seluruh equipment baik home theater maupun karaoke. Ternyata setelah kami tinjau, terlalu banyak faktor kesalahan yang terjadi diruang home theater Bapak Yanto ini. Faktor kesalahan yang terjadi: Ukuran dimensi ruang, terlalu banyak bunyi pantul dan gaung, sehingga pada saat menonton atau berkaraoke suara yang dihasilkan bercampur dengan bunyi pantulan. Akhir dari peninjauan lokasi,

Kami berikan solusi akustik karaoke berupa :

1. Isolasi ruang akustik, dengan menggunakan bahan Acourete Noise Armour diseluruh bagian, sehingga pada saat berkaraoke atau menonton film suara teredam dan tidak terjadi kebocoran antar ruang di home karaoke tersebut.

2. Treatment ruang akustik, Pada bagian atap kami menggunakan bahan Acourete Board yang didesign sedemikian rupa menjadi modul akustik (Poly-Cylinder) yang berfungsi memperbaiki pantulan suara dan menyebarkan frekuensi secara merata ke seluruh ruang, begitupun juga pada bagian dinding kiri dan kanan. Pada bagian depan kami menggunakan Diffuser yang baru selesai kami design dengan konsep dan perhitungan baru, fungsinya untuk menyebarkan frekuensi dan membentuk dimensi suara. Dan untuk menghilangkan gaung pada sudut kami menempatkan Corner Correction.

acourete-corner-correction-bass-trap

 

Acourete CornerBass Treatment

ruang home karaoke1

Pada bagian belakang, kami menggunakan bahan acourete board untuk penyerapan suara pantulan atas bagian belakang, sedangkan pada bagian dinding tengah belakang kami menggunakan Diffuser small untuk penyebaran suaranya.
Proses pengerjaan berlangsung selama 1,5 bulan hingga finishing, tersirat kegembiraan Bapak Yanto ketika melihat hasil design yang kami curahkan untuk beliau, apalagi setelah beliau mendengarkan audio home theater yang diinstallkan oleh kami pada ruangan yang sudah jadi tersebut. Bapak Yanto berkata,”koq speakernya kaya ga bunyi”(sambil ketawa).

ruang home karaoke2

Kami pun senang karena Bapak Yanto puas dan berikut ini kami tampilkan gambar hasil design home theater Bapak Yanto dalam kondisi 90 persen.

Up

Leave a Reply

Butuh Bantuan ?