APA ITU STUDIO MUSIK?

Membangun studio musik bisa dikatakan tidak mudah, namun juga tidak dikatakan sulit. Studio musik merupakan ruang di mana musisi bermain musik, suara direkam, dan disunting. Agar lebih mudah membangun studio musik kita harus tahu studio musik jenis apa yang akan kita bangun. Terdapat beberapa tipologinya yang dapat kamu lihat di artikel kami sebelumnya di sini.

Bu IR adalah salah satu orang yang ingin membangun studio musik di rumah untuk latihan drum. Lokasi beliau di Kompleks Sun Garden, Jl. Panjang, Jakarta Barat. Studio musik sederhana untuk latihan drum ini memiliki keperluan agar suara tidak keluar mengganggu ruangan di sebelahnya dan agar getaran dari hentakan drum tidak menjalar ke seluruh struktur bangunan rumah.

 

PROSES DAN MATERIAL YANG DIGUNAKAN

Pada proyek pembangunan studio musik ini diperlukan partisi insulasi suara untuk dinding dan plafond, mengurangi gema, juga pemutusan getaran pada lantai. 

Partisi insulasi suara pada dinding dan plafond menggunakan material Acourete Fiber 600 yang dikombinasikan dengan Acourete Noise Armour. Video perbandingan daya redam suara beberapa material akustik dapat dilihat di sini.

Acourete Fiber Acourete Fiber adalah bahan peredam suara dengan densitas beragam mulai dari 300, 600, 800 dan 1000. Acourete Fiber terbuat dari anyaman serabut poly-propylene halus. Acourete Fiber memiliki kekuatan serap suara yang sama atau lebih baik dibandingkan bahan peredam lain yang tebalnya 10 kali lebih tebal. Berwarna putih dengan lebar 1,5m dan tebal mulai dari 3mm.

Acourete FiberAcourete Fiber

Acourete Noise Armour merupakan produk pengembangan dari material legendaris, Acourete Mat Resin 2A. Produk ini merupakan bahan insulasi suara premium viskoelastis massa besar yang dilengkapi dengan perekat. Massa besar terbukti efektif mengurangi kebisingan suara yang berpropagasi pada medium udara sehingga diperoleh performa insulasi suara yang sangat tinggi yaitu STC 24. Sifat viskoelastis efektif mereduksi kebisingan akibat getaran pada struktur dan dinding partisi dengan koefisien peredam getaran mencapai ƞ 0.14.

material insulasi suara tipis dan ampuh

Acourete Noise Armour

Sedangkan untuk pemutus getaran pada lantai menggunakan Acourete Regupol 4515. Regupol 4515 merupakan material peredam getaran yang cocok untuk mengatasi masalah kebisingan akibat getaran yang ditimbulkan oleh suara langkah kaki, suara subwoofer, bass drum, yang dapat memberikan dampak berupa benturan atau getaran pada struktur bangunan.

regupol 4515

Acourete Regupol 4515

Baik pada ruangan kecil maupun besar pastilah akan ada gema di dalamnya, untuk mengatasi hal tersebut ditambahkan Acourete Perfowood pada dinding.

panel akustik perfowood

Acourete Perfowood

Acourete Perfowood

Setelah semua material terpasang ternyata Bu Irene sangat puas dengan hasilnya, selain suara musik berkualitas, getaran yang dihasilkan juga terputus akibat Regupol 4515. Berikut galeri studio musiknya.

Jika Anda ingin membangun studio musik bisa langsung isi form di bawah ya. Kami akan siap membantu berdiskusi dengan solusi-solusi terbaik. Salam Akustik!

 

Penulis: Ni’ma Rosyidah

22 Juni 2021

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Unduh Company Profile kami secara gratis disini