Skip to main content
TechnicalWhitepaper

Membuat Ruang Gaming dan Live Streaming Kedap Suara

By 12 Mei, 2022Juni 2nd, 2022No Comments

Ruang Gaming dan Live Streaming

gaming room

Gaming Room (Sumber Gambar: Rupa Rupa)

Ruang gaming atau gaming room adalah ruangan yang digunakan oleh para gamers untuk bermain gim. Selain untuk melepas penat dan bersenang-senang, kebanyakan gamers ini memanfaatkan keahlian bermainnya untuk livestreaming di YouTube maupun di media sosial mereka.

Membuat Ruangan Kedap Suara

Kebutuhan ruangan yang digunakan untuk gamers profesional ini bermacam-macam. Mulai dari komponen PC (personal computer) yang mendukung, mikrofon dari headphone yang berkualitas untuk menyaring suara (noise filter/noise cancellation) serta menciptakan audio yang ciamik, juga ambience dari ruangan tersebut. Ambience ini meliputi pencahayaan, juga lingkungan sekitar. Dengan kata lain para gamer ini ingin merasakan “immersive sound gaming experience”- kondisi dimana ingin merasakan pengalaman audio yang spektakuler secara keseluruhan dari gim yang sedang dimainkan. Saat gamer sedang melakukan siaran langsung, biasanya dia tidak sadar betapa hebohnya dia bermain. Dia juga tidak sadar bahwa kehebohan dia saat bermain bisa jadi mengganggu aktivitas di ruangan sebelahnya. Oleh karena itu diharapkan suara dari ruangan gaming tidak bocor ke luar ruangan.

Pada kasus ini biasanya kebisingan yang diakibatkan hanya berasal dari airborne noise saja. Airborne-noise adalah suara yang merambat melalui udara namun energi mekanik gelombang suara  tersebut tidak cukup kuat untuk dapat menggetarkan struktur bangunan, jadi suara menembus partikel material penghalangnya melalui udara. Ciri sumber suara yang menyebabkan air-borne noise adalah tingkat tekanan sumber suara di bawah 90 dB dan tidak mengandung frekuensi rendah di bawah 100 Hertz.

Air-borne Noise

Ilustrasi Airborne Noise

Apabila kebocoran suara yang terjadi hanya air-borne, maka strategi desain best practice untuk mengatasi air-borne noise dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Desain Praktik Terbaik untuk Insulasi Airborne

Desain Praktis Terbaik untuk Insulasi Airborne

Nah, membuat ruang gaming kedap suara dapat dilakukan dengan memasang peredam suara, yaitu material insulasi suara agar suara tidak bocor ke luar ruangan. Insulasi suara merupakan upaya dalam mencegah kebocoran suara baik dari dalam keluar ruangan maupun dari luar ke dalam ruangan. Karakteristik bahan yang digunakan untuk menginsulasi suara adalah padat dan memiliki densitas yang tinggi.

Gambar di bawah ini adalah salah satu konfigurasi pemasangan material insulasi suara pada dinding ruangan. Terdapat kombinasi material Acourete Fiber 100 yang anti rontok serta anti gatal dan Acourete Noise Armour yang memiliki densitas tinggi.

Contoh Konfigurasi Pemasangan Material Insulasi Suara pada Dinding Ruangan

Nah, begitulah kira-kira cara membuat ruang gaming kedap suara. Jika ruang gaming berada di antara dua lantai, sebaiknya bagian langit-langit dan lantai juga diberikan material insulasi suara. Lihat juga Strategi Desain Mengurangi Kebocoran Suara pada Ruangan agar ruang gaming-mu semakin oke! Semoga bermanfaat!

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

 

Penulis: Ni’ma Rosyidah

Up

Leave a Reply