Membuat Ruang Karaoke dan Home Theater Sendiri di Rumah

Table of Contents

karaoke room

Sumber Gambar: Envato

Siapa yang suka karaoke dan menonton film di waktu kosong?

Tahukah kamu tujuan orang berkaraoke dan menonton film berbeda-beda? Ada yang hanya sekadar mengisi waktu luang, ada juga yang melepas penat dan stres. Untuk kondisi ingin melepas penat dan stres, biasanya mereka yang berkaraoke meluapkan semua jenis emosinya dengan maksimal, sehingga terkadang tidak sadar suara tersebut cukup kencang.

Bagi yang memiliki finansial berlebih, dari pada mengeluarkan uang setiap minggu untuk menonton dan karaoke, mungkin lebih baik digunakan untuk membangun ruang karaoke dan home theater sendiri di rumah. Selain agar tidak perlu bermacet-macet di jalan, kita juga bisa memakainya kapan pun. Kita pun tidak perlu khawatir membuat berisik tetangga dan sekitar. Nah, bagi yang belum punya finansial berlebih, yuk bisa nabung dulu! 🙂

Di bawah ini contoh desain home theater yang pernah disuplai dengan material akustik Acourete.

Ruangan seperti gambar di atas, dapat digunakan untuk ruang karaoke dan home theater, loh!

Hal terpenting dalam membangun sebuah ruang karaoke dan home theater adalah sistem insulasi suaranya, karena kita tidak menginginkan suara dari dalam ruangan bocor keluar hingga membuat berisik ruangan lain. Bagian ruangan yang perlu diinsulasi adalah partisi dinding dan langit-langit. Lantai perlu diberikan sistem insulasi jika ruangan berada di atas lantai satu, namun jika ruangan berada di lantai satu atau lantai dasar, cukup menggunakan karpet saja sebagai insulasi suaranya.

Baca juga Perbedaan Ruang Kedap Suara dan Ruang Insulasi Suara

konfigurasi pemasangan sistem insulasi suara pada dinding

Contoh konfigurasi pemasangan insulasi suara pada dinding

konfigurasi pemasangan sistem insulasi suara pada ceiling

Contoh konfigurasi pemasangan insulasi suara pada langit-langit

Nah, Acourete memiliki beberapa macam material insulasi suara, di antaranya sebagai berikut:
Yang pertama, adalah Acourete Noise Armour yang merupakan produk unggulan Acourete dengan bahan insulasi suara premium viskoelastis massa besar yang dilengkapi dengan perekat. Nilai STC-nya cukup tinggi yaitu 24.

Acourete Noise Armour material peredam suara

Yang kedua, ada Acourete Silent Wall, terbuat dari Polyvinyl Chloride (PVC) daur ulang beserta beberapa material lain dan resin halus. Nilai STC-nya mencapai 19.

Acourete Silent Wall peredam suara

Biasanya untuk membuat ruangan terinsulasi dengan baik, salah satu material Acourete Noise Armour atau pun Acourete Silent Wall dikombinasikan dengan Acourete Fiber seperti pada gambar contoh konfigurasi di atas. Acourete Fiber terbuat dari anyaman serabut poly-propylene halus. Acourete Fiber memiliki kekuatan serap suara yang sama atau lebih baik dibandingkan bahan peredam lain yang tebalnya 10 kali lebih tebal.

Acourete Fiber material peredam suara

Acourete juga berkolaborasi dengan Pyrotek, nah produk unggulan Pyrotek yang sering dibutuhkan adalah Wavebar. Wavebar® adalah lembaran vinil insulasi suara massa tinggi (mass-loaded vinyl) dengan performa kehilangan transmisi suara yang superior pada rentang frekuensi yang lebar.

wavebar

Selain sistem insulasi suara, diperlukan juga panel akustik untuk menyerap gaung yang ada di dalam ruangan. Secara umum, bahan peredam gaung dapat dibilang alat penyerap suara yang berfungsi untuk menyerap pantulan suara yang membentur sebuah permukaan. Bahan penyerap suara umumnya menggunakan material yang berpori. Bahan penyerap suara lebih tepat digunakan untuk mengurangi gaung di dalam ruangan sehingga suara yang terdengar di ruangan tersebut lebih jelas. Ciri-ciri dari bahan penyerap suara yang lainnya adalah ringan, memiliki permukaan lunak, dan tidak dapat meredam getaran. Peredam gaung ini bersifat ekspos, karena biasanya selain untuk penyerap suara, juga digunakan untuk memperindah interior ruangan.

Baca juga Mengatasi Gema dengan Panel Akustik Berlubang.

Acourete juga menyediakan beberapa macam material peredam gaung (penyerap suara), yaitu sebagai berikut:

Yang pertama adalah Acourete Board, merupakan bahan peredam suara dinding berpori yang berbentuk softboard. Material ini terbuat dari serat polyester yang dipadatkan dengan densitas 230kg/m3. Acourete Board dikembangkan menjadi “Decorative Acoustic Panel” yang dapat dipesan dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. elain berfungsi sebagai peredam suara, panel ini juga difungsikan untuk membuat ruangan menjadi semakin estetik (Architectural Acoustics). Warna yang tersedia adalah White dan Beige.

Peredam gema

Yang kedua adalah Acourete Echobaffle, merupakan sebuah panel peredam suara yang memiliki redaman suara pada frekuensi treble. Redaman suara pada frekuensi tinggi berfungsi untuk meredam pantulan awal, echo, dan reverberasi. Warna dari Echobaffle bisa dipesan sesuai keinginan desain kamu juga loh!

acourete echobaffle

Yang ketiga adalah Acourete Perfowood, yang merupakan jenis panel akustik berlubang yang terbuat dari MDF. Acourete Perfowood cocok dipakai untuk mengatasi permasalahan akustik dan memperindah ruangan dengan nuansa kayu. Acourete Perfowood memiliki karakteristik peredam suara yang beragam sesuai dengan diameter lubang dan jarak antara lubang. Lubang dengan ukuran dan jarak tertentu berfungsi sebagai peredam suara dengan prinsip Helmholtz Resonator.

Jadi, kurang lebih begitulah hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat ingin membuat home theater atau ruang karaoke. Semoga bermanfaat!

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

 

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Bagikan Artikel :

Unduh Company Profile kami secara gratis disini