Skip to main content
InstalasiTechnical

Mengatasi Gema pada Ruangan dengan Memasang Panel Fabrik

By 29 Maret, 2022No Comments

Hai sobat Akustik!

Nah, sebelum kita lanjut untuk membahas cara mengatasi gema, apakah sobat Akustik sudah familiar dengan gema? Mari kita bahas sedikit mengenai definisi gema.

Definisi Gema

Gema merupakan salah satu dari fenomena Akustika Arsitektur pada suatu ruangan. Gema atau yang biasa kita kenal dengan echo adalah pantulan suara yang terdengar satu sampai dengan beberapa kali, dengan jeda waktu tertentu dalam satu kurun waktu tertentu sampai suara tersebut akhirnya hilang. Ilustrasi fenomena echo dapat kita lihat pada gambar di bawah ini ya.

gema

Gema menyebabkan manusia mendengarkan suara langsung dan suara gema berulang kali dalam periode waktu tertentu. Hal ini menciptakan bunyi suara yang bertumpuk-tumpuk. Suara yang bertumpuk dapat terdengar teratur atau terdengar berantakan. Gema kadang dibutuhkan untuk memberikan persepsi suara tertentu yang diinginkan oleh pemilik suara, akan tetapi gema yang tidak terkendali merupakan gangguan suara yang memberikan pengalaman buruk kepada pendengar. Oleh karena itu pada beberapa kasus, gema memang perlu dikendalikan.

Sebenarnya apa sih penyebab gema itu sendiri? Nah, ini sudah pernah dibahas ya, silahkan cek di sini.

Selanjutnya mari kita bahas cara mengatasi gema. Mengatasi gema bisa dengan berbagai cara, misalnya dengan memasang material-material akustik seperti panel kayu berongga, panel fabrik, bahkan bisa juga dengan peredam suara semprot. Namun, kali ini kita hanya akan membahas cara mengatasi gema pada ruangan dengan memasang panel fabrik. Cara mengatasi gema dengan menggunakan panel kayu berongga sudah pernah kita bahas di sini.

Panel Fabrik sebagai Peredam Gema pada Ruangan

Secara mudahnya, panel fabrik merupakan panel yang terbuat dari material akustik yang dibungkus dengan kain fabrik dan dibingkai dengan kayu. Panel ini berfungsi untuk mengurangi adanya resonansi, pantulan awal, echo, dan reverberasi di sebuah ruangan yang dapat mengganggu kejernihan percakapan dan suara musik.

Adapun peredam suara panel fabrik yang ada di Acourete adalah Acourete Echobaffle. Acourete EchoBaffle adalah sebuah panel peredam suara yang memiliki redaman suara pada frekuensi treble. Redaman suara pada frekuensi tinggi berfungsi untuk meredam pantulan awal, echo, dan reverberasi.

Keunggulan, penggunaan, dan spesifikasi detail dari Acourete Echobaffle dapat dilihat di sini ya Sobat Akustik! Mari kita langsung saja pada cara membuat panel fabrik ini!

Tahapan Pembuatan Panel Fabrik

Berikut ini adalah tahapan pembuatan panel fabrik dengan tambahan velcro untuk memudahkan dalam pemasangan atau instalasi pada ruangan. Dengan penambahan velcro, maka pemasangan hanya perlu ditempel saja pada dinding, tidak perlu pengecoran dan lain-lain.

1. Isometri Panel Fabrik

Ini adalah ilustrasi isometrik panel fabrik dengan dilengkapi material yang digunakan.

Tahap 1

Pembuatan rangka multiplex 50mm dengan cara memotong papan multiplex berukuran 50mm dengan ketebalan 12mm sepanjang 1200mm dan 500mm.

Tahap 2

Memasang rangka multiplex  50mm di bagian dinding/dinding gypsum, kemudian disekrup 25mm.

Tahap 3

Setelah rangka multiplex terpasang, kemudian dilem di bagian sekeliling rangka multiplex untuk menempelkan velcro.

Tahap 4

Menyediakan 1 lembar papan multiplex ukuran 600×1200 dengan tebal 6mm.

Tahap 5

Menempelkan velcro di bagian belakang pada 1 lembar papan multiplex tadi.

Tahap 6

Menambahkan rangka multiplex 50mm pada  lembar papan 600 x 1200 mm menggunakan paku tembak di sekeliling rangka agar tidak lepas.

Detail Sambungan

Berikut detail sambungannya.

Tahap 7

Mengisi bagian lubang rangka multiplex 50mm dengan Acourete Fiber 1000.

Tahap 8

  1. Setelah terpasang Acourete Fiber 1000 terpasang, kemudian keseluruhan rangka dan Acourete Fiber 1000 dilapisi kain fabrik yang berpori hingga bagian belakang.
  2. Staples kain fabrik agar hasil lebih rapi.

Panel akustik fabrik Acourete Echobaffle yang telah jadi adalah seperti berikut ini.

acourete echobaffle

Begitulah pemasangan panel akustik berlubang, pengaplikasiannya bisa untuk dipasang pada dinding dan langit-langit ruangan sesuai kebutuhan.

Contoh Pemasangan Panel Fabrik Acourete Echobaffle pada Beberapa Ruangan

padded wall echobaffle

Acourete Echobaffle dengan Motif Batik Terpasang pada Dinding Ruangan

padded wall echobaffle

Acourete Echobaffle dengan Motif Batik Terpasang pada Dinding Ruangan

Panel Akustik Terpasang pada Dinding Listening Room

soundproofing dinding

Panel Akustik Terpasang pada Dinding Home Theater

Acourete Echobaffle Terpasang pada Dinding Auditorium

Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner.

Penulis: Ni’ma Rosyidah

29 Maret 2022

Up

Leave a Reply