noiceimg src: dokumen pribadi

Pada tahun 2018, Noice resmi hadir sebagai penyedia audio terbesar di Indonesia, memproduksi beragam konten audio yang berkualitas. Kini, lebih dari 2 Juta pengguna telah menikmati Podcast, Audiobook, dan Original Series. Inovasi terus mereka lakukan agar para pendengar terus terhibur kapan saja dan dimana saja. Di tahun 2022 lalu, Noice membangun ruang podcast dan mixing room dalam rangka meningkatkan performa audio dan kontennya.

Terdapat 8 ruangan yang di-treatment menggunakan material peredam suara tipe insulasi suara. Ruangan tersebut adalah mixing room, 2 ruangan editing, 4 ruang podcast, dan 1 ruangan podcast mixing

Podcast adalah rekaman diskusi berbentuk audio yang membahas suatu topik tertentu, seperti bisnis atau perjalanan yang dapat didengarkan. Podcast banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita dan berbagi ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diputar ulang. Podcast menjadi salah satu konten yang cukup diminati, karena kontennya dapat didengarkan saat bepergian, seperti perjalanan ke kantor atau bahkan saat bekerja. Hal itu karena kita tidak harus melihat secara visual sesi podcast.

Jadi, ruang podcast adalah ruangan yang digunakan untuk membuat rekaman diskusi berbentuk audio yang membahas suatu topik tertentu. Tentunya saat proses perekaman podcast memerlukan ruangan yang kedap suara dan kualitas audio yang baik sehingga hasil suara podcast bersih (terhindar dari kebisingan) dan nyaman didengar. Di bawah ini adalah salah satu contoh ruang podcast.

img src: Pinterest

Bagaimana saja treatment-nya? Yuk simak!

Parameter akustik yang ingin dicapai dari ruangan-ruangan di atas adalah nilai STC (Sound Transmission Class), RT60 (Reverberation Time), dan Background Noise. Seperti pada artikel Acourete sebelumnya, peredam suara memiliki beberapa jenis, ada insulasi suara, peredam gema, dan peredam getaran yang memiliki fungsi berbeda-beda. Jangan sampai salah pilih ya! Ketahui dulu tujuan dan fungsi ruangan sebelum memasang peredam suara. 

Kali ini Acourete turut berperan untuk membantu mencapai parameter akustik tersebut dengan memanfaatkan material insulasi suara andalan, yaitu Acourete Silent Wall dan Acourete Fiber. Pemasangan insulasi suara ini berfungsi untuk mencegah (blocking) suara agar suara tidak dapat masuk maupun keluar dari dalam ruangan.

Acourete Silent Wall adalah bahan insulasi suara bernilai STC 19 dengan massa yang besar, berfungsi untuk mengurangi kebisingan yang berpropagasi melalui udara. Acourete Silent Wall terbuat dari Polyvinyl Chloride (PVC) daur ulang serta beberapa material lain dan resin halus. Produk ini memiliki densitas 1.750 kg/m3 dengan panjang 4.880 mm, lebar 810 mm dan tebal 2 mm, serta memiliki massa 15 kg.

pemasangan insulasi suara Acourete Silent Wall peredam suaraimg src: dokumen pribadi

Sedangkan Acourete Fiber adalah bahan peredam suara dengan ketebalan beragam mulai dari 3mm, 6mm, 8mm, dan 10mm dan densitas 100-150kg/m3. Acourete Fiber terbuat dari anyaman serabut Poly-Propylene halus. Acourete Fiber memiliki kekuatan serap suara yang sama atau lebih baik dibandingkan bahan peredam lain yang tebalnya 10 kali lebih tebal. Berwarna putih dengan lebar 1,5m dan tebal mulai dari 3mm. Acourete Fiber telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, bebas bahan beracun, dan aman terhadap risiko kebakaran karena tidak menyerap uap air.

pemasangan insulasi suaraimg src: dokumen pribadi

Baca juga Perbandingan Peredam Suara (Fiber, Rockwool, Greenwool), Mana yang Paling Bagus?

Acourete Silent Wall diaplikasikan pada pintu akustik di kedelapan ruangan dan juga pada beberapa dinding ruangan seperti pada ruangan podcast. Pada dinding ruang podcast, Acourete Silent Wall dikombinasikan dengan busa penyerap suara berkualitas nomor 1 yaitu Acourete Fiber. Kombinasi dari kedua material tersebut dapat dilihat pada gambar konfigurasi di bawah ini dengan catatan Acourete Noise Armour diganti dengan Acourete Silent Wall. Acourete Silent Wall dan Noise Armour memiliki kemampuan insulasi suara yang hampir sama, jadi bisa memilih salah satu.

konfigurasi pemasangan insulasi suara

Konfigurasi pemasangan insulasi suara Acourete pada dinding

img src: dokumen pribadi

Berikut beberapa galeri pemasangan insulasi suara Acourete pada ruangan Noice yang telah dipasang sistem insulasi suara.

img src: dokumen pribadi

Setelah dilakukan acoustics testing, hasil pemasangan insulasi suara Acourete Silent Wall dan Acourete Fiber pada pintu akustik dan dinding ruangan cukup memuaskan, hampir semua elemen parameter akustik yang ditetapkan telah terpenuhi dengan baik.

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Unduh Company Profile kami secara gratis disini