Markas Besar TNI AU Halim Perdana Kusuma

Acourete mendapatkan kesempatan untuk suplai material akustik di Markas Besar TNI AU Halim Perdana Kusuma yang berlokasi di Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur. Pihak tim manajemen mereka ingin membangun studio musik di sana. Tantangan membangun studio musik adalah pada aspek akustiknya, sehingga sangat perlu tambahan material peredam suara terbaik studio musik. Seperti yang kita ketahui bahwa studio musik pastilah menghasilkan suara yang cukup kencang oleh aktivitasnya, oleh karena itu diperlukan sistem insulasi suara yang baik agar suara tidak bocor ke luar ruangan. Selain itu, pastinya kita tidak menginginkan suara yang bergema dan bergaung pada saat bernyanyi dan memainkan musik, sehingga perlu diberikan material penyerap suara. Dengan kondisi tersebut, kami membantu untuk merekomendasikan penggunaan insulasi suara dan panel akustik pada studio musik tersebut.

Peredam Suara (Insulasi Suara) Acourete Silent Wall dan Panel Akustik Acourete Board Terpasang pada Studio Musik 

Pemasangan peredam suara dilakukan pada dinding, langit-langit, dan pintu studio musik. Ada dua jenis peredam suara terbaik studio musik, yaitu jenis insulasi suara dan penyerap suara. Material akustik insulasi suara yang diaplikasikan pada dinding dan pintu studio adalah Acourete Silent Wall, salah satu material insulasi suara jagoan Acourete. Acourete Silent Wall merupakan bahan insulasi suara bernilai STC 19 dengan densitas yang besar (1.750 kg/m3), berfungsi untuk mengurangi kebisingan yang berpropagasi melalui udara. Terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC) daur ulang beserta beberapa material lain dan resin halus. Acourete Silent Wall memang terbukti dapat mengurangi kebocoran suara ke luar ruangan maupun sebaliknya.

Acourete Silent Wall peredam suara

Acourete Silent Wall terpasang pada pintu akustik ruang studio musik

Acourete Silent Wall terpasang pada dinding dan langit-langit ruang studio musik

Sedangkan untuk material peredam suara terbaik studio musik jenis penyerap suara adalah Acourete Board 230. Acourete Board adalah bahan peredam suara dinding berpori yang berbentuk softboard. Material ini terbuat dari serat polyester yang dipadatkan dengan densitas 230kg/m3. Material ini memiliki panjang 1,2m lebar 0,6m dan tebal 9mm. Acourete Board 230 telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, bebas bahan beracun, dan aman terhadap risiko kebakaran karena tidak menyerap uap air.

Acourete Board 230 juga telah menjawab tantangan para desainer interior. Selain berfungsi secara akustik, yaitu sebagai peredam gema, panel akustik softboard ini juga berfungsi untuk keperluan estetika interior ruangan. Acourete Board dapat dikustomisasi dengan mudah sesuai keperluan arsitek.

Baca Cara Pemasangan Acourete Board 230

Penambahan material penyerap suara panel akustik ruang maksimal 40% dari luas permukaan ruangan ya, Sobat Akustik! Kenapa? Karena agar suara di dalam ruangan tidak terserap semua sehingga mengakibatkan suara menjadi bersifat dead (mati) atau terlalu kering. Suara musik dan instrumen yang terlalu kering mengakibatkan irama yang dihasilkan kurang bagus (namun ini bergantung sesuai selera masing-masing ya). 

Acourete Board 230 terpasang pada dinding studio musik

Acourete Board 230 dilihat lebih dekat

Mengenal Ambien Ruang Akustik (Live dan Dead Room)

Uji coba menyanyi dan memainkan musik di studio musik

Setelah semua material terpasang dan konstruksi ruangan juga telah selesai, kemudian Acourete melakukan pengukuran kembali. Pihak TNI AU cukup puas dengan hasil pengukuran dan uji coba ruang studio musik ini. Kebocoran suara ke luar ruangan cukup teratasi dan gema pada ruangan cukup teredam tanpa mengurangi liveness suara musik dan vokal pada studio musik. Terima kasih telah mempercayakan material akustik ruangan Anda pada Acourete!

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Unduh Company Profile kami secara gratis disini