Peredam Suara Ruang Meeting di Kantor – Acourete Silent Wall

Dalam era tempat kerja yang dinamis seperti saat ini, ruang rapat di kantor menjadi pusat segala aktivitas kolaboratif. Namun, terkadang, suara bising dan gangguan akustik dapat merusak atmosfer lingkungan yang tenang dan produktif. Untuk meningkatkan kualitas meeting dan memastikan keberlanjutan produktivitas, pemasangan peredam suara di ruang meeting menjadi suatu langkah yang tidak hanya diperlukan, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup di tempat kerja. Artikel ini akan membahas pentingnya memasang peredam suara di ruang meeting kantor.

1. Penyebab dan Dampak Suara Bising di Ruang Meeting

Sebelum membahas langkah-langkah pemasangan peredam suara, mari kita memahami penyebab dan dampak dari suara bising di ruang meeting. Suara bising dapat berasal dari berbagai sumber seperti percakapan di koridor, peralatan kantor, atau bahkan bunyi luar gedung. Dampaknya dapat mencakup penurunan konsentrasi, ketidaknyamanan, hingga penurunan produktivitas. Inilah alasan mengapa peredam suara menjadi kunci untuk menciptakan ruang meeting yang nyaman.

2. Mengevaluasi Kebutuhan Akustik Ruang Meeting

Langkah pertama dalam memasang peredam suara adalah dengan mengidentifikasi kebutuhan akustik ruang meeting Anda. Setiap ruang memiliki karakteristik akustik yang berbeda, oleh karena itu, penting untuk melakukan evaluasi mendalam. Beberapa pertanyaan yang perlu dijawab termasuk seberapa sering ruang tersebut digunakan, sumber suara bising utama, dan jenis aktivitas apa yang biasanya terjadi di dalamnya. Pertanyaan tersebut perlu dijawab terlebih dahulu untuk selanjutnya agar mempermudah dalam pemilihan jenis peredam suara yang akan dipasang.

3. Memilih Peredam Suara yang Tepat

Setelah mengevaluasi kebutuhan akustik ruang meeting, langkah selanjutnya adalah memilih peredam suara yang tepat. Ada berbagai jenis peredam suara, mulai dari material insulasi suara, material peredam suara, penyerap suara seperti panel akustik, hingga tirai penyerap suara. Penting untuk memilih yang sesuai dengan gaya desain ruangan dan memberikan efek akustik yang diinginkan. Pastikan juga untuk memilih material yang ramah lingkungan dan tahan lama. Bagian ini penting, karena setiap jenis material peredam suara, beda juga fungsinya. Sering kami ceritakan bahwa cukup banyak terjadi kasus kesalahan pemilihan peredam suara. Misalnya, ingin mengurangi kebisingan suara yang masuk pada ruangan, alih-alih yang dipasang material insulasi suara, justru malah material peredam gema. Jika diperlukan, konsultasikan terlebih dahulu kepada profesional sebelum membeli peredam suara.

Baca juga Cara Memilih Jenis Peredam Suara yang Tepat pada Ruanganmu

4. Penempatan yang Strategis

Penempatan peredam suara sangat penting untuk mencapai efek yang maksimal. Beberapa area yang perlu diperhatikan termasuk dinding, langit-langit, dan bahkan lantai. Material akustik yang ditempatkan secara strategis sesuai sumber kebisingannya, dapat membantu meredam kebisingan. Begitu juga dengan letak pemasangan panel akustik yang sesuai dapat secara efektif mengurangi pantulan suara yang mengganggu. Penenpatan material akustik yang tidak sesuai kebutuhan akan cukup sia-sia dan hanya membuang-buang uang saja, sehingga langkah ini cukup penting untuk dipertimbangkan matang-matang.

5. Desain yang Estetis

Perhatikan juga desain estetis ruang meeting. Memilih peredam suara seperti panel akustik yang dapat diintegrasikan dengan desain interior kantor akan memberikan sentuhan estetika yang positif. Panel-panel akustik yang tersedia dalam berbagai warna dan desain dapat meningkatkan tampilan ruangan sambil tetap menjaga fungsionalitasnya. Sebagian besar produktivitas orang akan meningkat jika ruangan yang digunakan untuk bekerja nyaman, bersih, dan estetis. Dan untuk sebagian orang, merasa terganggu apabila ada ketidaksesuaian implementasi desain pada ruangan.

6. Kreativitas dengan Material Alternatif

Jangan takut untuk berpikir kreatif dan mencoba material alternatif. Misalnya, tanaman dapat menjadi peredam suara alami dan memberikan nuansa segar di ruang meeting. Pemanfaatan furnitur yang berfungsi ganda, seperti rak buku akustik, juga dapat meningkatkan efisiensi ruang. Namun jangan sampai salah, perlu digarisbawahi juga bahwa tanaman tidak sepenuhnya dapat mengurangi kebisingan suara yang datang dari luar ruangan. Biasanya, tanaman lebih efektif untuk membantu mengurangi pantulan suara berlebih pada ruangan.

7. Pemeliharaan dan Evaluasi Berkelanjutan

Langkah terakhir adalah memastikan peredam suara tetap efektif dengan rutin melakukan pemeliharaan dan evaluasi berkelanjutan. Bersihkan dan perbarui panel akustik secara teratur untuk memastikan kualitasnya tetap optimal. Selain itu, lakukan evaluasi untuk memastikan bahwa tingkat kebisingan tetap terkendali dan sesuai dengan kebutuhan ruang meeting.

Berikut contoh pemasangan material akustik insulasi suara Acourete Silent Wall-20 pada ruang meeting di salah satu perusahaan multi nasional Indonesia. Bisa kita lihat desain dari ruang meeting ini simpel dan minimalis, namun tetap terkesan elegan dan nyaman. Acourete Silent Wall-20 dipasang di dalam lapisan dinding, guna untuk mengurangi kebisingan suara yang masuk dalam ruangan, pun sebaliknya, suara dari dalam ruangan tidak akan bocor ke luar ruangan.

ruang meeting kantor - peredam suara ruang meeting

peredam suara ruang meeting kantor

Acourete Silent Wall adalah bahan insulasi suara dengan massa yang besar, berfungsi untuk mengurangi kebisingan yang berpropagasi melalui udara. Acourete Silent Wall ramah lingkungan, karena terbuat dari Polyvinyl Chloride (PVC) yang telah didaur ulang sehingga membantu dalam reduksi carbon footprint . Selain itu juga terbuat dari campuran beberapa material lain dan resin halus. Acourete Silent Wall hadir menjawab tantangan bangunan hijau dan sehat dengan mengurangi carbon footprint  dalam proses produksinya. Acourete Silent Wall telah memenuhi standar bangunan hijau internasional masa kini.

Acourete Silent Wall
Acourete Silent Wall – Material Insulasi Suara

Karena Acourete Silent Wall dipasang di dalam lapisan dinding ruangan, maka perlu dikombinasikan dengan material lainnya seperti contoh konfigurasi pemasangan di bawah ini. Acourete Fiber1000 bisa digantikan dengan busa peredam suara lainnya. Namun, dengan menggunakan Acourete Fiber1000, space pemasangan akan lebih lega dan hanya sedikit memakan ruang karena Acourete Fiber1000 memiliki ketebalan hanya 1cm saja tidak seperti busa penyerap suara lainnya. Acourete Fiber telah diuji di laboratorium internasional dan telah mendapatkan sertifikat bebas alergi, tidak menyebabkan gatal-gatal, tidak rontok, bebas bahan beracun, dan aman terhadap risiko kebakaran karena tidak menyerap uap air.

Konfigurasi pemasangan Acourete Silent Wall pada dinding ruangan
Konfigurasi pemasangan Acourete Silent Wall pada dinding ruangan

Lihat cara pasang Acourete Silent Wall di sini.

Kesimpulan

Memasang peredam suara di ruang meeting kantor adalah investasi yang penting untuk meningkatkan kualitas pertemuan dan produktivitas. Dengan langkah-langkah praktis seperti mengevaluasi kebutuhan akustik, memilih peredam suara yang tepat, dan penempatan yang strategis, Anda dapat menciptakan ruang meeting yang nyaman dan fungsional. Jangan takut untuk berinovasi dengan material alternatif dan tetap melakukan pemeliharaan berkelanjutan untuk memastikan efektivitas peredam suara. Dengan demikian, ruang meeting Anda akan menjadi tempat harmoni di mana ide dan kolaborasi berkembang.

Terima kasih telah mempercayakan  dan memilih material insulasi suara ruang meeting kepada Acourete. Material-material Acourete aman dan ramah lingkungan, sehingga tidak menimbulkan alergi dan gatal-gatal, dan pastinya tetap menomorsatukan kualitas akustiknya.

Jadi, jangan sampai salah memilih material peredam suara, ya!

Ingat, beda permasalahan, beda juga solusinya!

Kami telah membuat buku yang membahas tentang kebisingan dan cara mengatasi kebisingan suara. Mulai dari kebisingan dari air hujan, lalu lintas, berisik langkah kaki, getaran dari rel kereta api, kebisingan pipa air dan mesin HVAC, serta kebisingan lainnya. Silakan unduh e-book “Teori & Aplikasi Akustika Bangunan” by Acourete secara GRATIS di sini.

Apabila ada permasalahan yang belum tercantum di buku ini, penjelasan yang belum cukup jelas, atau pertanyaan lain, silakan hubungi kami. Kami selalu hadir membantu sesuai landasan kami saat mendirikan perusahaan ini, yaitu selalu memberikan yang terbaik dengan semangat kerja revolusioner.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

Published: 22 Januari 2024

Bagikan Portofolio :

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
WhatsApp
Email

Unduh Company Profile kami secara gratis disini