TREN RESTORAN DAN BAR DI MASA DEPAN

Dua tahun menghadapi pandemi COVID-19 memang cukup berat, dengan perjuangan bersama-sama akhirnya lambat laun kita dapat melewatinya. Berdasarkan data yang diperoleh, tren di masa depan terkait restoran adalah mengutamakan kenyamanan akustik juga. Hal ini pernah dibahas pada artikel sebelumnya di Tren Architectural Acoustics Tahun 2022. Saat ini memang kebanyakan restoran bukan hanya difungsikan sebagai tempat makan, beberapa restoran menambahkan fasilitas live acoustics sebagai pertunjukan saat pelanggan makan di sana. Tambahan fasilitas ini memberikan nilai tambah pada restoran, karena memang beberapa pelanggan pun datang ke tempat makan bukan hanya sekadar untuk makan tapi juga memerlukan hiburan.

PERMASALAHAN AKUSTIK GEMA PADA RESTORAN

Salah satu restoran di Jakarta, tepatnya di daerah Kebayoran Inn Tendean berencana untuk memberikan fasilitas live acoustics kepada para pelanggan restoran. Sayangnya terdapat sedikit permasalahan akustik pada ruangan tersebut, yaitu suara yang terlalu bergema. Pihak restoran meminta bantuan kepada Acourete Acoustics untuk melakukan survei dan perbaikan akustiknya (mengatasi gema).

Setelah dilakukan survei, nilai waktu dengung (reverberation time/RT) pada ruangan tersebut adalah 1,88 detik. Nilai ini memang cukup tinggi sehingga jika ruangan difungsikan untuk live acoustics juga maka suara kurang nyaman didengar.

MENGATASI GEMA DENGAN PANEL AKUSTIK

Tim Acourete mencoba membantu permasalahan akustik (mengatasi gema) tersebut dengan memasang panel akustik kayu berlubang Acourete Perfowood pada bagian dinding ruangan. Sketsa desain ruangan dengan penambahan panel akustik dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Lay out restoran dengan Acourete Perfowood

Sketsa Desain Ruangan Restoran dengan Penambahan Acourete Perfowood

Acourete Perfowood adalah interior akustik berlubang terbuat dari MDF. Acourete Perfowood cocok dipakai untuk mengatasi permasalahan akustik (mengatasi gema) dan memperindah ruangan dengan nuansa kayu. Permukaan depan Acourete Perfowood diproses finishing dengan melamine dan bagian belakang unfinish dilapisi dengan kain akustik hitam. Lubang dengan ukuran dan jarak tertentu berfungsi sebagai peredam suara dengan prinsip Helmholtz Resonator. Acourete Perfowood memiliki karakteristik peredam suara yang beragam sesuai dengan diameter lubang dan jarak antara lubang.

Acourete Perfowood

Acourete Perfowood dapat dipasang sebagai interior plafon dan interior dinding. Acourete Perfowood tersedia dalam dua dimensi panel, pertama: panjang 0.6m dan lebar 0.6m, kedua: panjang 1.2m dan lebar 0.6m. Pemasangan Acourete Perfowood dapat dilakukan cepat dan mudah dengan memasukan slot yang terdapat pada punggung panel pada tracking alumunium.

HASIL PERBAIKAN AKUSTIK (MENGATASI GEMA)

Setelah dilakukan perbaikan akustik dengan penambahan panel akustik kayu berlubang Acourete Perfowood pada dinding restoran, nilai waktu dengung berkurang dari 1,88 detik menjadi 1,23 detik. Pemilik restoran puas dengan hasil perbaikan akustik ini. Acourete Perfowood mampu mengatasi gema berlebih pada ruangan.

GALERI PEMASANGAN

Berikut galeri Acourete Perfowood terpasang pada dinding restoran untuk mengatasi gema.

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

 

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

One Response

  1. Terima kasih penulis atas artikel yang informatif ini. Saya merasa terinspirasi dan siap untuk memperindah dinding-dinding rumah saya. Saya akan mengikuti saran-saran yang diberikan dan berharap dapat menciptakan interior yang indah dan memikat. Saya sangat merekomendasikan artikel ini kepada semua orang yang ingin mengubah tampilan rumah mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Unduh Company Profile kami secara gratis disini