Pada bulan November 2022, klien Acourete yang berlokasi di kawasan Pantai Mutiara, Jakarta Utara sedang ingin membuat lounge pribadi di lantai 4 rumahnya. Secara umum, lounge berfungsi sebagai tempat bersantai. Oleh sebagian besar pebisnis kelas atas, lounge digunakan untuk mengadakan pertemuan dan acara lainnya. Untuk mengurangi getaran yang diakibatkan oleh langkah kaki orang-orang yang berlalu lalang dan subwoofer yang nantinya akan dipasang di ruangan tersebut, maka perlu ditambahkan produk material peredam getaran pada lantai. Peredam getaran yang bisa digunakan adalah Acourete Regufoam 150. 

Acourete Regufoam Vibration 150 bekerja efektif untuk mengurangi rambatan getaran suara frekuensi rendah sampai dengan 7Hz. Untuk mengaplikasikan Regufoam Vibration 150, dibutuhkan informasi mengenai frekuensi suara yang ingin diredam dan beban pada elemen.

  • Regufoam Vibration 150 adalah elastomer dengan kandungan mixed-cell polyurethane foam dengan densitas 150.
  • Regufoam Vibration 150 dikemas dalam bentuk roll atau gulungan dengan ketebalan 12mm, lebar 1500mm, dan panjang 5000mm.
  • Regufoam Vibration 150 dibuat di Jerman dan telah lolos uji coba fire safety dan environment safety.

Acourete Regufoam 150

Gambar di bawah ini merupakan isometri pemasangan peredam getaran Acourete Regufoam 150 pada lantai. Perlu diperhatikan bahwa dalam konfigurasi ini, tekanan pada satu material insulasi dapat mencapai 12,5 ton per meter persegi apabila material dipasang satu per satuan meter persegi beton. Apabila hal ini tidak memungkinkan, maka beban harus disebarkan sehingga material insulasi dapat menyokong beban yang lebih ringan dan sistem insulasi suara dan getaran dapat bekerja dengan lebih efektif.

Isometri Konfigurasi Pemasangan Insulasi Lantai Akustik by Acourete

Pemasangan Acourete Regufoam 150 cukup mudah. Konfigurasi pemasangannya, kurang lebih seperti ilustrasi gambar di atas. Pertama, Acourete Regufoam dipotong-potong dan disebarkan pada lantai eksisting, seperti pada gambar di bawah ini. 

Kemudian, perlu dipasang perimeter di tepi lantai (menempel dinding) untuk memutus perambatan getaran. Perimeter harus dipasang penuh seperti gambar di bawah ini agar tidak sia-sia. 

Setelah itu, peredam getaran Acourete Regufoam yang telah disebarkan merata, ditutup dengan vinyl atau bisa juga dengan GRC 12mm (seperti gambar di bawah ini). Dan terakhir, sebagai finishing-nya yaitu menggunakan marmer yang cukup tebal.

Nah, begitulah pemasangan peredam getaran Acourete Regufoam 150. Semoga bermanfaat!

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

 

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Unduh Company Profile kami secara gratis disini