Dilansir dari Wikipedia, karaoke (dari bahasa Jepang カラオケ) adalah sebuah bentuk hiburan di mana seseorang menyanyi diiringi dengan musik dan teks lirik yang ditunjukkan pada sebuah layar televisi. Di Asia, karaoke sangat populer.

Secara etimologis kata karaoke merupakan kata majemuk: “kara” (空) yang berarti “kosong” (seperti dalam karate) dan “oke” yang merupakan bentuk pendek dari “orkestra”. Karena kata majemuk ini setengah asing (Inggris) dan setengah Jepang, maka ditulis dengan aksara katakana dan bukan kanji. Tempat karaoke yaitu gedung atau ruangan khusus untuk hiburan bernyanyi karaoke.

Sebelum membangun studio karaoke, aspek terpenting yang perlu kita pahami bersama adalah akustik. Akustik adalah faktor penting dalam menciptakan studio karaoke berkualitas tinggi. Berikut adalah beberapa persyaratan akustik yang perlu dipertimbangkan saat membangun studio karaoke:

  1. Peredam suara: Studio karaoke perlu diberikan peredam suara, khususnya tipe insulasi suara untuk mencegah suara dari dalam studio mengganggu tetangga atau bagian lain dari gedung. Oleh karena itu, perlu diberi penambahan bahan peredam suara (insulasi suara) ke dinding, lantai, dan langit-langit untuk mencegah suara keluar dari ruangan.
  2. Penyerap suara: Untuk meningkatkan kualitas suara di studio karaoke, Anda perlu menambahkan bahan penyerap suara ke dinding dan langit-langit. Ini bisa termasuk panel akustik, busa, atau isolasi. Bahan-bahan ini membantu menyerap gelombang suara dan mencegah suara memantul kembali sehingga dapat menciptakan gema.
  3. Penempatan speaker: Penempatan speaker yang tepat penting untuk mencapai kualitas suara yang baik. Speaker harus ditempatkan pada ketinggian yang sesuai dengan ukuran ruangan, dan harus diatur sudutnya untuk mengarahkan suara ke arah audiens.
  4. Penempatan mikrofon: Mikrofon harus ditempatkan pada ketinggian dan jarak yang tepat dari speaker untuk mencegah umpan balik dan distorsi.
  5. Bentuk ruangan: Bentuk ruangan juga dapat memengaruhi akustik. Ruangan dengan dinding yang sejajar dapat menciptakan gema yang tidak diinginkan, sehingga lebih baik memiliki ruangan dengan bentuk atau sudut yang tidak beraturan.

Dengan mempertimbangkan persyaratan akustik di atas, dapat dipastikan bahwa studio karaoke Anda menyediakan suara berkualitas tinggi dan lingkungan yang nyaman bagi tamu Anda untuk menyanyikan lagu favorit mereka.

Pada bulan Februari 2023 lalu, klien kami yang berada di daerah residen Pakubuwono, Jakarta Selatan sedang membangun sebuah home karaoke. Seperti yang telah dibahas pada poin di atas bahwa ruang karaoke memerlukan material peredam suara. Peredam suara home karaoke ada beberapa jenisnya, seperti untuk sistem insulasi suara, penyerap suara, dan peredam getaran, jangan sampai salah ya! Karena fungsi dari masing-masing material tersebut berbeda jauh.

Baca juga Sudah Pasang Peredam Suara, Tapi Kok Masih Bocor?

Aplikator dari klien kami menyarankan untuk menggunakan Acourete Silent Wall sebagai material insulasi suara. Acourete Silent Wall adalah bahan insulasi suara bernilai STC 19 dengan massa yang besar, berfungsi untuk mengurangi kebisingan yang berpropagasi melalui udara. Acourete Silent Wall terbuat dari Polyvinyl Chloride (PVC) daur ulang beserta beberapa material lain dan resin halus. Produk ini memiliki densitas 1.750 kg/m3 dengan panjang 4.880 mm, lebar 810 mm, dan tebal 2 mm, serta memiliki massa 15 kg, mudah dipotong dengan utility knife dan dipasang dengan stapler gun. Metode pemasangan yang termudah adalah dengan menempelkan Acourete Silent Wall pada gypsum dengan stapler gun lalu dipasang pada rangka.

Acourete Silent Wall peredam suara

Spesifikasi Acourete Silent Wall

Berikut salah satu contoh konfigurasi pemasangan Acourete Silent Wall. Acourete Noise Armour pada gambar di bawah ini bisa diganti dengan material mass loaded-vinyl (MLV) seperti Acourete Silent Wall, fungsinya sama yaitu untuk blocking suara. Material MLV sangat bagus untuk mengatasi kebocoran suara, jika dikombinasikan dengan busa penyerap suara seperti Acourete Fiber maupun Rockwool. 

Konfigurasi Sistem Insulasi Suara pada Dinding Ruangan

Dengan mengombinasikan material Acourete Silent Wall dengan busa penyerap suara, hasilnya memuaskan. Ruang karaoke dijamin tidak bocor ke luar ruangan atau sebaliknya.

Berikut galeri pemasangan peredam suara home karaoke klien di kawasan Pakubuwono Residence, Jakarta Selatan.

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Unduh Company Profile kami secara gratis disini