insulasi suara Treasury Tower

Sumber gambar: Flickr.com

Treasury Office Tower, SCBD, Jakarta Selatan

Treasury Tower adalah salah satu distrik perkantoran yang berada di daerah SCBD Sudirman, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Telah kita ketahui bersama bahwa kota-kota di Jakarta adalah pusat wilayah perkantoran baik negeri maupun swasta, oleh karena itu cukup banyak bangunan-bangunan tinggi yang dijadikan sebagai distrik perkantoran. Perlu diketahui untuk para owners perusahaan sebaiknya memperhatikan aspek akustik pada ruang kerja demi kesehatan dan keselamatan pekerjanya.

Akustik menjadi bagian penting dalam kehidupan kita, terkait adanya suara dan kebisingan. Permasalahan yang sering kita temui bersama dalam lingkup kehidupan sehari-hari termasuk saat bekerja adalah kebisingan. Kebisingan memiliki dampak positif maupun negatif yang sangat memengaruhi kehidupan mahkluk hidup. Terdapat 4 Fakta Tentang Kebisingan yang Harus Kita Tahu, salah satunya adalah bahwa kebisingan yang dirasakan secara kontinu oleh manusia, dapat merusak kesehatan mental, bahkan penyakit jantung. Tapi Jangan Salah, Kebisingan Bisa Menguntungkan Bagi Manusia Loh!

Pemasangan Peredam Suara Ruang Meeting Pegawai

Seperti yang telah disebutkan di awal paragraf, bahwa kebisingan adalah permasalahan yang umum terjadi dalam kehidupan ini. Kebisingan bisa terjadi saat kita tidur, pun saat kita sedang beraktivitas (contoh khusus adalah saat bekerja atau rapat). Nah, pada saat rapat, tentunya kita tidak menginginkan suara diskusi di dalam rapat bocor keluar ruangan, bukan?

Oleh karena itu, terkait akustik, ruang meeting (rapat) perlu dibuat agar suara tidak bocor keluar, maupun suara dari luar tidak masuk ke dalam ruangan sehingga tidak mengganggu keberlangsungan rapat itu sendiri dengan penambahan sistem peredam suara tipe insulasi suara pada dinding dan langit-langit ruangan. Selain itu, sebenarnya juga diperlukan aspek akustik lain yaitu agar suara jelas di dalam ruangan (tidak bergema dan bergaung) yaitu dengan penambahan sistem peredam suara tipe penyerap suara (panel akustik).

Di bulan-bulan awal tahun 2023 lalu, salah satu tim manajemen di Treasury Tower menghubungi Acourete. Mereka ingin memasang peredam suara ruang meeting tipe insulasi suara pada dinding dan langit-langit, yaitu Acourete Silent Wall. Acourete Silent Wall adalah bahan insulasi suara bernilai STC 19 dengan densitas sebesar 1.750 kg/m3, berfungsi untuk mengurangi kebisingan yang berpropagasi melalui udara. Acourete Silent Wall terbuat dari Polyvinyl Chloride (PVC) daur ulang beserta beberapa material lain dan resin halus. Acourete Silent Wall sudah sering digunakan pada berbagai jenis ruangan untuk sistem insulasi suara yang ampuh mengatasi kebocoran suara.

peredam suara ruang meeting acourete silent wall

Spesifikasi Acourete Silent Wall

Ruang meeting di sini menggunakan gypsum sebagai sekat antar ruangan. Jika hanya menggunakan gypsum, tentunya suara akan bocor ke ruangan lain, oleh karena itu perlu ditambahkan material insulasi suara, yaitu Acourete Silent Wall. Kurang lebih konfigurasi pemasangan peredam suara ruang meeting seperti ini. Acourete Noise Armour bisa diganti dengan material insulasi suara lainnya. Begitu juga dengan Acourete Fiber, bisa diganti juga dengan material penyerap suara sejenis.

Aplikasi penambahan insulasi suara pada dinding

Berikut galeri pemasangan peredam suara ruang meeting tipe insulasi suara dengan menggunakan Acourete Silent Wall.

Pemasangan material penyerap suara dan insulasi suara Acourete Silent Wall pada dinding (sumber gambar: dokumen pribadi)

Pemasangan material penyerap suara dan insulasi suara Acourete Silent Wall pada dinding (sumber gambar: dokumen pribadi)

Supervisi pemasangan material oleh tim Acourete di lokasi (sumber gambar: dokumen pribadi)

Sistem peredam suara Acourete Silent Wall terpasang di dalam dinding dan langit-langit ruangan (sumber gambar: dokumen pribadi)

Begitulah kira-kira proses pemasangan peredam suara ruang meeting di Treasury Tower. Tenang saja, kebisingan yang merugikan tentu saja bisa dikendalikan bersama, sehingga kualitas hidup dan kesehatan kita bisa semakin meningkat.

Ingin tahu cara mengatasi dan mengendalikan kebisingan yang merugikan? Unduh bukunya di sini.

Mari kita ciptakan lingkungan dengan suara yang nyaman untuk didengar, dengan semangat revolusioner. Jika Anda memiliki masalah seputar akustik baik lingkup rumahan, industri, kantor, studio, dan lain-lain bisa hubungi kami di form yang tersedia di bawah ini ya. Salam Akustik!

Penulis: Ni’ma Rosyidah

[social_buttons nectar_love=”true” facebook=”true” twitter=”true” linkedin=”true” pinterest=”true”]
Up

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Unduh Company Profile kami secara gratis disini